Comscore Tracker

5 Fakta Tentang Burung Toco Toucan, Burung Dengan Paruh Paling Unik

Salah satu burung paling populer di dunia

Toco Toucan atau yang sering disebut dengan Burung Tukan merupakan burung endemik dari negara Brazil. Burung ini memiliki nama latin Ramphastos toco. Karakteristik yang paling mudah diketahui ada pada bagian paruhnya yang sangat besar.

Burung ini menjadi salah satu burung paling populer di dunia, karena keindahannya. Burung Toco Toucan memiliki beberapa fakta yang perlu diketahui. Simak beberapa fakta mengenai Burung Toco Toucan ini, yuk!

1. Habitat asal dan peta persebaran

5 Fakta Tentang Burung Toco Toucan, Burung Dengan Paruh Paling UnikBurung Toco Toucan (pexels.com/Lucas Pezeta)

Burung Toco Toucan banyak ditemukan di wilayah hutan tropis Amerika Selatan bagian tengah dan timur. Peta persebarannya meliputi sebagian besar negara Brazil, Paraguay, Argentina, Uruguay, Bolivia, hingga Suriname. 

Dilansir laman animalia.bio habitat asli burung ini berada di hutan hujan tropis, sabana tropis, hingga semak belukar. Burung ini biasanya juga banyak ditemukan di tempat yang terbuka lainnya seperti, pepohonan tepi hutan dan perkebunan.

2. Ciri fisik Burung Toco Toucan

5 Fakta Tentang Burung Toco Toucan, Burung Dengan Paruh Paling UnikBurung Toco Toucan (pexels.com/Tiago L BR)

Burung Toco Toucan menjadi spesies terbesar dalam keluarga Toucan. Burung ini memiliki warna tubuh hitam, tengggorokan putih, dan paruh oranye yang memiliki panjang sekitar 19 cm, sehingga sangat mudah dikenali.

Burung ini memiliki berat antara 590 hingga 760 gram dengan panjang tubuh mencapai 63,5 cm. Untuk Burung Toco Toucan jantan memiliki badan yang relatif lebih besar dibandingkan dengan yang betina.  

3. Makanan kesukaan

5 Fakta Tentang Burung Toco Toucan, Burung Dengan Paruh Paling UnikBurung Toco Toucan (pexels.com/Mateus Rauber)

Toco Toucan merupakan burung berjenis omnivora. Biasanya burung ini sering memakan buah-buahan dan kacang-kacangan, terkadang pula burung ini memakan serangga, katak, reptil kecil, hingga telur burung lain. Makanan favorit burung ini adalah buah kanopi. Dengan paruh yang panjang burung ini bisa mengambil makanannya dengan mudah. 

4. Memiliki paruh yang besar

5 Fakta Tentang Burung Toco Toucan, Burung Dengan Paruh Paling UnikBurung Toco Toucan (pixabay.com/zeedoo)

Keunikan Burung Toco Toucan adalah paruhnya yang sangat besar. Paruh burung ini berasal dari keratin, sama halnya dengan kuku dan rambut manusia. 

Paruh yang besar ini memiliki beragam fungsi, seperti melemparkan serta menangkap buah dari pasangannya, mempermudah untuk mengambil buah di cabang pohon dan mengupasnya, selain itu fungsi lainnya adalah untuk menarik perhatian dari pasangannya.

5. Spesies serupa

5 Fakta Tentang Burung Toco Toucan, Burung Dengan Paruh Paling UnikBurung Toco Toucan (unsplash.com/TBS 44)

Burung Toco Toucan atau yang memiliki nama latin Ramphastos toco ini ternyata masih satu kerabat dengan burung pelatuk yang termasuk dalam ordo Piciformes. Dilansir laman animalcorner, burung ini memiliki sekitar 37 spesies serupa yang tersebar di wilayah Amerika Selatan, mulai dari negara Mexico hingga Argentina. 

Nah, itulah tadi fakta unik dari Burung Toco Toucan. Dari kelima fakta tersebut, fakta nomor berapa nih yang baru kamu ketahui?

Baca Juga: 9 Fakta Unik Burung Kolibri, Si Mungil dengan Daya Ingat Kuat

Zaffy Febryan Photo Verified Writer Zaffy Febryan

Juga menjadi penulis artikel di febsroom.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya