Comscore Tracker

Penjara Bisa Mengubah Perilaku Orang, Ini Fakta Ilmiahnya

Sepadan lah ya hukuman dengan perbuatan jahatnya...

Di mana ada penjara, di situlah tempat orang-orang yang melakukan kejahatan berada. Sebelum masuk ke penjara, biasanya para napi ini menjalani proses hukum terlebih dahulu, barulah kemudian divonis masuk penjara selama bertahun-tahun dengan harapan bisa memberikan mereka efek yang jera.

Penjara Bisa Mengubah Perilaku Orang, Ini Fakta Ilmiahnyagiphy.com

Kejahatan yang dilakukan pun bermacam-macam, mulai dari pembunuhan, pencurian, hingga korupsi. Akan tetapi, benarkah penjara bisa membuat para penjahat pencuri nyawa dan pencuri duit rakyat ini benar-benar membuat mereka kapok? Baca informasi selengkapnya untuk mengetahui jawabannya.

1. Mayoritas orang berubah setelah keluar dari penjara

Penjara Bisa Mengubah Perilaku Orang, Ini Fakta Ilmiahnyathyblackman.com

Melansir BBC, kebanyakan orang berubah setelah keluar dari penjara, terutama secara psikologisnya. Bahkan, seorang psikolog sosial bernama Craig Haney memperkuat pernyataan tersebut.

Penjara Bisa Mengubah Perilaku Orang, Ini Fakta Ilmiahnyagiphy.com

Dalam eksperimennya, Haney menemukan kalau hanya sedikit orang yang benar-benar tidak berubah. Jadi, pengalaman selama berada di dalam penjara membuat mereka tidak kapok.

2. Penjara membuat seseorang sulit merasakan cinta

Penjara Bisa Mengubah Perilaku Orang, Ini Fakta Ilmiahnyagettyimages.com

Setiap orang pasti membutuhkan cinta, tentu saja. Maka dari itu, coba bayangkan para napi itu berada di dalam penjara yang notabene merupakan tempat asing dan menyeramkan bagi mereka. Di sana, mereka tidak bisa menemukan cinta, atau bahkan sentuhan manusia yang lembut saja tidak bisa mereka temukan.

Bagaimana tidak, kamu terpisah dari teman dan keluarga. Padahal, merekalah yang bisa memberikan kamu cinta. Selain itu, di dalam penjara, para napi selalu merasakan ancaman dan kecurigaan.

3. Menyerang kepribadian, perilaku, dan emosi

Penjara Bisa Mengubah Perilaku Orang, Ini Fakta IlmiahnyaIlustrasi penjara. rawstory.com

Menurut para peneliti dari Institute of Criminology di University of Cambridge, ratusan tahanan mengaku merasa terserang kepribadiannya dengan hukuman penjara jangka panjang. Ketika keluar dari penjara, mereka merasakan bahwa mereka bukan lah orang yang sama seperti saat melakukan kejahatan.

Usut punya usut, penelitian baru-baru ini menemukan bahwa penjara memang mengubah perilaku dan emosi napi secara signifikan dan konsekuen. Bayangkan, kamu harus berada di dalam lingkungan yang sangat mengancam sehingga hal tersebut efektif untuk membuat kepribadian seseorang berubah.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 7 Perilaku Psikologi Ini Memiliki Istilah yang Unik

4. Masih bersikap seperti di penjara setelah keluar dari sana

Penjara Bisa Mengubah Perilaku Orang, Ini Fakta Ilmiahnya4.bp.blogspot.com

Seorang pria berusia 43 tahun yang merupakan mantan tahanan mengungkapkan bahwa dia masih bersikap seperti di dalam penjara, meskipun kini sudah bebas. Contohnya adalah ketika ia ragu saat hendak mematikan keran air atau saklar lampu. Di penjara, hal tersebut tidak bisa dilakukan begitu saja, sehingga kebiasaan itu masih terbawa hingga ke dalam rumah sekalipun.

5. Film Shawshank Redemption benar-benar nyata

Penjara Bisa Mengubah Perilaku Orang, Ini Fakta Ilmiahnyascreenplayhowto.com

Masih ingatkah kamu dengan film terbaik sepanjang masa, Shawshank Redemption? Jika iya, maka tokoh Ellis Boyd Redding atau Red masih terbayang dong di benak kamu. Nah, film ini juga bisa menjadi salah satu gambaran tentang perilaku seseorang yang berubah ketika bebas dari penjara.

Salah satu scene yang membuktikannya adalah ketika Red bekerja di sebuah toko setelah keluar dari penjara. Ada satu momen di mana Red selalu meminta izin kepada bosnya ketika ingin pergi ke kamar mandi untuk pipis.

Bosnya pun agak sedikit muak dan kasihan sehingga memperingatkan Red untuk tidak perlu izin apa-apa ketika hendak pergi ke kamar mandi. Benar-benar memberikan dampak ya penjara itu!

6. Perlu membentuk karakter napi alih-alih memberikan trauma

Penjara Bisa Mengubah Perilaku Orang, Ini Fakta Ilmiahnyahuffingtonpost.com

Dengan banyaknya pengalaman buruk para mantan napi setelah keluar dari penjara, muncul lah pertimbangan agar tiap penjara bisa membentuk karakter napi. Jadi, petugas penjara harus bisa membuat lingkungan penjara yang bisa membentuk karakter napi. Pasalnya, ini bisa memengaruhi sifat mereka ketika sudah kembali ke masyarakat.

7. Penjara memang jadi pembalasan atas apa yang mereka telah perbuat

Penjara Bisa Mengubah Perilaku Orang, Ini Fakta IlmiahnyaIlustrasi penjara. acufoundation.conservative.org

Pada akhirnya, orang-orang yang dipenjara memang harus menerima konsekuensi jangka panjang tersebut, demikian dilansir dari Assistant Secretary For Planning And Evaluation. Sebab, perlu diingat bahwa sebelum masuk ke penjara mereka juga memberikan sesuatu yang menyakitkan pada korbannya. Praktis, hukuman yang sepadan memang dibutuhkan untuk para napi.

Penjara Bisa Mengubah Perilaku Orang, Ini Fakta Ilmiahnyagiphy.com

Itulah beberapa hal yang membuktikan kalau penjara bisa memberikan efek jera pada para pelaku kejahatan. Tapi, kalau di Indonesia kok bisa gak seseram itu ya penjaranya? Beberapa narapidana korupsi saja penjaranya udah kayak apartemen tuh, ya kan?

Baca Juga: Waspada Ya, 7 Perilaku Ini Ternyata Bisa Ditularkan ke Orang Lain!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya