Comscore Tracker

Menurut Riset, Ini Efek Mencoba Rokok walau Cuma Sekali

Hati-hati dengan dampaknya

Merokok merupakan aktivitas "hiburan" yang sudah dilakukan sejak jauh di masa lalu. Seiring berkembangnya zaman, bukan hanya soal rasa, rokok menjadi bervariasi dalam bentuknya bahkan sudah tersedia yang elektrik.

Penelitian terbaru menunjukkan dampak mencoba merokok walau hanya sekali. Memangnya seberapa besar pengaruhnya? Dilansir dari iflscience, baca selengkapnya di sini ya!

1. Rata-rata 60 persen orang dari 216.000 individu yang diuji menyatakan pernah mencoba merokok minimal sekali

Menurut Riset, Ini Efek Mencoba Rokok walau Cuma Sekalithedailyjapan.com

Para peneliti dari Queen Mary University, London, menganalisis hasil 8 survei mengenai kebiasaan merokok di negara-negara berbahasa Inggris dan menemukan bahwa satu batang rokok cukup untuk memicu kebiasaan merokok setiap hari. Survei gabungan ini dikumpulkan 3 dari AS, 3 dari Inggris, satu dari Australia dan satu dari Selandia Baru.

2. Dari hasil penelitian, rata-rata 69 persen orang yang mencoba rokok sekali menjadi kebiasaan yang berkelanjutan

Menurut Riset, Ini Efek Mencoba Rokok walau Cuma Sekalihngn.com

Tingkat konversi (dari satu percobaan merokok sampai menjadi kebiasaan merokok) cukup bervariasi tergantung pada survei, yang terendah adalah 50 persen (survei AS) dan yang tertinggi adalah 82 persen (survei di Inggris). Meskipun bervariasi, setidaknya menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen orang menjadi "kecanduan" setelah percobaan rokok pertamanya. Hasilnya dipublikasikan di jurnal Nicotine and Research akhir tahun 2017.

Baca juga: Tangan Pria Ini Menyentuh Logam Panas & Gak Terluka, Kok Bisa?

3. Namun ada kemungkinan seseorang pernah mencoba merokok saat masih kecil dan tetap tidak menjadi perokok seumur hidup

Menurut Riset, Ini Efek Mencoba Rokok walau Cuma Sekaliwonderopolis.org

Pernyataan ini diberikan oleh Peter Hajek, profesor psikologi dan Direktur Unit Penelitian Ketergantungan Rokok di Queen Marys, saat ia sampaikan kepada Guardian. Presentase perokok seumur hidup memang tinggi, tapi penggunaan rokok seluruh dunia menurun dari sebelumnya, terutama dari kalangan muda yang saat ini cenderung lebih memilih rokok elektrik atau vape dibandingkan rokok tradisional.

4. Indonesia memiliki persentase perokok tertinggi, yaitu sebanyak 40 persen orang dewasa

Menurut Riset, Ini Efek Mencoba Rokok walau Cuma Sekalimypregnancybaby.com

Sebagai perbandingan, jumlah perokok AS 11,4 persen populasi orang dewasa dan jumlah perokok Inggris 16,1 persen populasi orang dewasanya. Para peneliti dunia menyatakannya wajar, karena Indonesia merupakan negara penghasil tembakau tertinggi di dunia, sehingga rokok mudah didapat dan relatif terjangkau oleh berbagai kalangan.

Menurut Riset, Ini Efek Mencoba Rokok walau Cuma Sekaliadvancehypno.com

Jadi sudah tahu kan betapa tinggi persentase risikonya kamu kecanduan jika mencoba rokok walau sekali saja? Bukan berarti dari kamu gak suka rasanya maka kamu gak akan kecanduan oleh efek reaksi tubuh yang ditimbulkannya.

Jadi pertimbangkan baik-baik sebelum kamu mencoba. Jangan lantas hanya untuk menyenangkan teman sesaat, kamu rela menjadi kecanduan sesuatu yang bisa berdampak buruk bagimu.

Baca juga: 5 Manfaat Silica Gel yang Bisa Langsung Kelihatan Efeknya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya