Comscore Tracker

Sedang Mengalami Writer Block? Ini Lho Penyebabnya Menurut Psikolog

#SainSeru Ada trik mengatasinya juga, lho!

Pernah merasa tiba-tiba kesulitan untuk menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan? Pikiran menjadi buntu, seolah-olah ada yang menghalangi keluarnya gagasan. Dalam dunia kepenulisan hal itu dinamakan dengan writer block.

Writer block sendiri gak hanya dialami oleh para penulis tapi juga setiap orang saat akan menulis sesuatu. Berdasarkan sebuah penelitian dari Yale psychologists pada tahun 1970 dan 80-an yang akhir-akhir ini kembali ditinjau New Yorker, writer block merupakan hal yang konkrit dan fenomena yang bisa diatasi.

Untuk memahami fenomena ini, dua orang psikolog yang bernama Jerome Singer and Michael Barrios pun mengadakan sebuah penelitian terhadap para penulis dengan latar belakang berbeda, seperti penulis puisi dan screen writer.

Dari hasil penemuannya tersebut, mereka menemukan bahwa semua yang mengalami writer block itu merasa tidak bahagia sebagai sebabnya. Ada empat hal yang menjadi dasar sebagai sebab ketidakbahagiaan tersebut yang kemudian melahirkan writer block.

1. Apatis

Sedang Mengalami Writer Block? Ini Lho Penyebabnya Menurut Psikologimdb.com

Sifat apatis ini ditandai dengan mereka yang kesulitan untuk melamun atau tidak merasakan kreativitas. Mereka sering merasa bahwa tulisannya harus cocok dengan aturan-aturan kepenulisan yang ketat.

Jika kamu sedang berada dalam fase ini, cobalah untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuhmu. Karena hal ini bisa saja disebabkan karena kelelahan sehingga pikiranmu merasa buntu. Keluarlah untuk sekedar jalan-jalan mencari angin segar, ataupun hanya dengan mandi. Hal-hal sederhana ini dijamin bakalan membuat pikiranmu kembali fresh dan siap kembali menemukan ide-ide menarik untuk dituliskan.

Kamu juga bisa melakukan treatment dengan melakukan free writing alias menulis bebas tanpa harus memperhatikan aturan-aturan yang berlaku. Dijamin deh tulisanmu akan lancar kembali.

Baca Juga: 5 Manfaat Terapi Menulis yang Bisa Kamu Terapkan Setiap Hari!

2. Amarah

Sedang Mengalami Writer Block? Ini Lho Penyebabnya Menurut Psikologimdb.com

Orang-orang ini memiliki kecendrungan narsistik, di mana mereka juga sering merasa kesal saat mengalami writer block. Mereka tak ingin membuat ataupun menerbitkan tulisannya kecuali jika dirinya mendapatkan popularitas, uang ataupun penghargaan lainnya.

Ekspektasi yang terlalu tinggi atas tulisan kita justru adalah rintangan dalam kreativitas menulis, lho. Jika kamu ingin lepas dari hal yang satu ini, cobain deh menulis saat waktu terbaikmu ketika mood-mu dalam keadaan terbaik entah pagi hari maupun malam hari. Dan satu hal yang penting, menulislah dengan perasaan bahagia seolah-olah tanpa berharap sesuatu kecuali hanya untuk kesenanganmu saja.

3. Kegelisahan

Sedang Mengalami Writer Block? Ini Lho Penyebabnya Menurut Psikologimdb.com

Kamu sering merasa jika tulisanmu gak cukup bagus, meskipun kamu sudah berusaha sebaik mungkin? Kamu harus segera berhenti, karena hal inilah yang justru menjadi sebab writer block.

Alih-alih khawatir dengan tulisanmu, kamu mendingan mengasah kemampuan menulismu agar lebih baik lagi. Menulis bukan hanya tentang merangkai kata, tetapi merupakan seni yang juga didukung oleh teknik, seperti memahami struktur kalimat yang efektif dan pemilihan diksi kata.

4. Bermasalah dengan orang lain

Sedang Mengalami Writer Block? Ini Lho Penyebabnya Menurut Psikologimdb.com

Hal ini merupakan yang terakhir menjadi sebab writer block berdasarkan penelitian Jerome Singer and Michael Barrios. Mereka tak ingin tulisannya dibanding-bandingkan dengan orang lain.

Perasaan ini akan melahirkan jalan buntu saat menulis, karena melahirkan tekanan dalam diri mereka. Orang-orang yang mengalami writer block dalam penelitian tersebut memiliki kecenderungan untuk terlalu mengkritik diri mereka sendiri. Bahkan hingga depresi.

Untungnya, selain menemukan sebab writer block sendiri. Para peneliti ini juga menemukan fakta bahwa semuanya bisa diobati. Tapi itu semua harus dimulai dari diri kamu sendiri!

Baca Juga: Bukan Introvert, 5 Bukti Profesi Penulis Gak Bisa Dilakukan Sendiri

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya