Comscore Tracker

Perusahaan Rusia Tawarkan Jasa 'Menghidupkan Kembali' di Masa Depan

Tertarik mendaftar?

Manusia memang sudah ditakdirkan untuk meninggal. Setiap orang yang sudah pergi dari dunia ini hampir mustahil untuk "dihidupkan kembali". Namun, siapa tahu kalau suatu saat akan ada teknologi untuk menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal?

Pernah menonton drama Korea berjudul Melting Me Softly di mana terdapat eksperimen pembekuan tubuh supaya bisa hidup di masa depan? Sepertinya eksperimen dalam drama tersebut akan menjadi kenyataan karena terdapat sebuah perusahaan yang berupaya melakukannya. Penasaran bagaimana caranya? Simak terus ya!

1. Dilakukan perusahaan KrioRus asal Rusia

Perusahaan Rusia Tawarkan Jasa 'Menghidupkan Kembali' di Masa Depanwikimedia.org

KrioRus adalah perusahaan krionika asal Rusia yang cukup terkemuka di Eurasia. Krionika atau cryonics adalah teknologi berbasis ilmiah untuk menjaga manusia dan hewan dalam keadaan sangat dingin dengan harapan bahwa di masa depan mereka akan dapat dibangkitkan kembali.

2. Menjanjikan "penghidupan kembali"

Perusahaan Rusia Tawarkan Jasa 'Menghidupkan Kembali' di Masa Depanextremetech.com

Dilansir dailymail.co.uk, perusahaan asal Rusia, KrioRus, mengklaim mereka bisa menghidupkan kembali para peserta metode krionika mereka. Kamu bisa mendaftarkan dirimu untuk dihidupkan kembali di masa depan dengan membayar sejumlah uang.

3. Mengenal krionika

Perusahaan Rusia Tawarkan Jasa 'Menghidupkan Kembali' di Masa Depanabc.net.au

Jika kamu pernah menonton film sci-fi berjudul Interstellar, maka kamu pernah melihat adegan di mana para astronaut tidur dengan cara "dibekukan" dengan tujuan mengawetkan tubuh agar bisa hidup lebih lama. Krionika mungkin menginspirasi teknologi dalam film tersebut.

Krionika pertama kali digagas oleh Profesor Robert Ettinger melalui bukunya yang berjudul The Prospect of Immortality. Orang yang pertama kali menjalani metode ini adalah James Bedford. Namun sayang, tidak berhasil karena meskipun tubuhnya dibekukan, otaknya telah rusak total.

Baca Juga: Gak Banyak Diketahui, Organ Tubuh Manusia Bisa Melakukan 7 Hal Ini loh

4. Dibekukan -196 °C

Perusahaan Rusia Tawarkan Jasa 'Menghidupkan Kembali' di Masa Depandailymail.co.uk

KrioRus memaparkan mereka akan menaruh jasad atau otak pasien mereka ke dalam tong berisi nitrogen cair, dilansir dari Reuters. Jasad atau otak dari pasien akan dibekukan dalam suhu -320.8°F atau sekitar -196 °C. Metode pembekuan ini digunakan untuk mengawetkan dan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan.

5. Biayanya hingga Rp498 juta

Perusahaan Rusia Tawarkan Jasa 'Menghidupkan Kembali' di Masa Depankriorus.ru

Buat kamu yang tertarik untuk "dihidupkan kembali", mungkin kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam. Menurut dailymail.co.uk, biaya yang dibutuhkan dalam metode pembekuan otak ini adalah Rp196 juta, sedangkan untuk pembekuan jasad penuh mencapai Rp498 juta.

6. Sekitar 70 orang telah mendaftar

Perusahaan Rusia Tawarkan Jasa 'Menghidupkan Kembali' di Masa Depanzdrowie.radiozet.pl

KrioRus telah mengklaim sebanyak 70 orang telah mendaftar dan menunggu untuk "dibangkitkan kembali" di masa depan. Salah satu pasiennya adalah ibu dari Alexei Voronenkov yang meninggal pada usia 70 tahun. Ia pun juga berminat untuk melakukan prosedur ini ketika nanti meninggal.

"Saya melakukan ini karena kami sangat dekat dan saya pikir itu adalah satu-satunya kesempatan bagi kami untuk bertemu di masa depan," kata Voronenkov yang dikutip dari Reuters.

7. Belum ada dasar ilmiahnya

Perusahaan Rusia Tawarkan Jasa 'Menghidupkan Kembali' di Masa Depanmedium.com

Kepala Komisi Pseudoscience Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Evgeny Alexandrov, menggambarkan krionika sebagai usaha komersial yang eksklusif yang tidak memiliki dasar ilmiah, dilansir dari Reuters.

"Ini adalah sebuah fantasi berspekulasi tentang harapan orang-orang akan bangkit dari kematian dan mimpi dalam kehidupan abadi", kata Alexandrov.

Direktur KrioRus Valeriya Udalova yang membuat anjingnya beku ketika meninggal pada tahun 2008 itu pun belum menjamin keberhasilan metode ini. Ia mengatakan kemungkinan manusia akan mengembangkan teknologi untuk menghidupkan kembali orang mati di masa depan, tetapi tidak ada jaminan teknologi tersebut.

Jadi gimana, Guys? Punya minat untuk hidup kembali di masa depan gak nih? Tulis pendapat kamu tentang metode krionika ini di kolom komentar ya!

Baca Juga: Kenapa Manusia Bisa Merasa Jijik dan Itu Penting? Ini Fakta Ilmiahnya!

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya