Comscore Tracker

12 Ekspresi Wajah Anjing dan Artinya, Kenali Perbedaannya

Ekspresi anjing memiliki makna yang berbeda-beda

Hewan memiliki cara yang unik dalam berkomunikasi, khususnya hewan peliharaan. Karena hidup berdampingan dengan manusia selama ribuan tahun, anjing memiliki bahasa tubuh tertentu untuk berkomunikasi dengan manusia. 

Mulai dari tatapan mata hingga gerakan kepala, ekspresi wajah anjing memiliki makna-makna tertentu, lo! Dilansir Reader's Digest, berikut ini beberapa ekspresi wajah anjing beserta artinya. Yuk, kenali perbedaannya!

1. Melakukan kontak mata

Sebagaimana dilansir Wag, kontak mata merupakan bagian penting dalam komunikasi anjing dan manusia. Kontak mata anjing bisa menandakan mereka ingin merasa diterima dan menunjukkan cinta kepada manusia. 

2. Memutuskan kontak mata

12 Ekspresi Wajah Anjing dan Artinya, Kenali Perbedaannyailustrasi anjing memutuskan kontak mata (unsplash.com/Erda Estremera)

Saat anjing melakukan kontak mata dengan anjing lainnya, mereka sedang berusaha untuk mempertahankan kekuasaan dan tidak akan memutuskan kontak mata. Akan tetapi, saat anjing memutuskan kontak mata dengan manusia, ini berarti ia merasa nyaman dengan orang tersebut. 

3. Berkedip atau menyipitkan mata saat melakukan kontak mata

Apabila anjing berkedip saat melakukan kontak mata dengan manusia, ia sedang merenungkan apa yang sedang kamu pikirkan. Ekspresi anjing ini biasanya muncul saat baru saja diberi perintah. Makna yang sama juga ditunjukkan saat anjing menyipitkan mata selama melakukan kontak mata. 

4. Berkedip atau menyipitkan mata secara umum

12 Ekspresi Wajah Anjing dan Artinya, Kenali Perbedaannyailustrasi anjing menyipitkan mata (unsplash.com/Henry & Co.)

Menyipitkan mata dan berkedip mempunyai arti yang berbeda saat anjing tidak melakukan kontak mata dengan manusia. Menyipitkan mata bisa menandakan rasa sakit atau penyakit, sedangkan berkedip dengan cepat secara berulang bisa berarti stres dan atau ketakutan.

5. Mengangkat alis

Saat anjing mengangkat satu alis atau keduanya ketika melakukan kontak mata, ini berarti ia sedang waspada dan tertarik. Ini bisa jadi saat yang tepat untuk mengajarkan trik baru kepada anjing.

6. Menghindari kontak mata

12 Ekspresi Wajah Anjing dan Artinya, Kenali Perbedaannyailustrasi anjing menghindari kontak mata (unsplash.com/Ayla Verschueren)

Anjing yang menghindari kontak mata bisa menandakan ia memiliki masalah kepercayaan dengan orang tersebut. Saat anjing menghindari kontak mata, itu artinya ia sedang menghindari segala jenis interaksi dengan manusia, baik itu negatif maupun positif. 

Baca Juga: Kenapa Anjing Sering Memiringkan Kepala? Ini Penjelasannya

7. Memiringkan kepala

Anjing yang memiringkan kepalanya berarti ia merasa penasaran. Tidak hanya itu, dilansir VCA Animal Hospital, ini juga bisa berarti ia sedang fokus mendengarkan apa yang kamu ucapkan kepadanya. 

8. Menurunkan kepala

12 Ekspresi Wajah Anjing dan Artinya, Kenali Perbedaannyailustrasi anjing menurunkan kepala (unsplash.com/Jamie Street)

Ketika anjing menurunkan atau menundukkan kepala sambil menatap kamu, ini menunjukkan bahwa ia adalah anjing yang penurut. Ini adalah tanda hubungan yang sehat antara anjing dan manusia.

9. Meratakan telinga

Ini termasuk tanda yang kurang baik. Jika kamu melihat anjing merapatkan kedua telinganya ke belakang, bisa jadi itu tanda agresi atau ketakutan. Ini juga bisa menjadi pertanda anjing tersebut mengalami infeksi telinga.

10. Menguap

12 Ekspresi Wajah Anjing dan Artinya, Kenali Perbedaannyailustrasi anjing menguap (unsplash.com/Akshay Madan)

Sama seperti manusia, ini bisa menjadi pertanda anjing sedang lelah. Akan tetapi, anjing yang menguap bisa menjadi pertanda stres. Jadi, pahami konteks situasi anjing yang sedang menguap.

11. Menjilat mulut

Anjing yang menjilat bibirnya bisa menjadi tanda ia ingin patuh pada manusia. Selain itu, ekspresi ini juga menunjukkan kecemasan atau dehidrasi, tergantung konteks situasi anjing tersebut. Jika tidak ada pemicu kecemasan untuk terjadi, kamu bisa menganggap itu adalah ekspresi yang positif.

12. Tersenyum atau menyeringai

12 Ekspresi Wajah Anjing dan Artinya, Kenali Perbedaannyailustrasi anjing tersenyum (unsplash.com/Marliese Streefland)

Saat anjing mengangkat bibirnya untuk menunjukkan gigi taring dan gigi serinya, itu adalah tanda kebahagiaan. Wajah anjing yang menyeringai juga bisa menjadi tanda kepatuhan untuk anjing lain, bukan untuk manusia.

Memahami ekspresi wajah anjing bisa menjadi cara ideal untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan anjing peliharaan. Pastikan kamu memberikan perawatan yang dibutuhkan anjing peliharaanmu agar ia tetap sehat dan bahagia.

Baca Juga: 10 Jenis Anjing Paling Loyal, Bisa Jadi Teman Hidup

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya