Comscore Tracker

Daftar Turnamen Bulu Tangkis di Bulan April 2019

Salah satunya jadi awal perhitungan poin Olimpiade Tokyo

Bulan Maret yang padat dengan turnamen bulu tangkis akan segera usai dengan digelarnya India Open Super 500 pekan ini. Namun, di bulan April pun, para atlet bulu tangkis dunia kembali akan berjibaku di sejumlah turnamen.

Tercatat ada empat turnamen bulu tangkis besar di bulan April yang satu di antaranya menjadi turnamen pertama di mana perhitungan poin menuju Olimpiade Tokyo 2020 dimulai. Apa saja turnamen bulu tangkis di bulan April? Berikut laporannya.

1. Malaysia Open 2019

Daftar Turnamen Bulu Tangkis di Bulan April 2019bwfbadminton.com

Turnamen Malaysia Open 2019 yang akan digelar pada 2-7 April 2019 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia ini merupakan turnamen HSBC BWF World Tour Super 750 pertama yang digelar tahun ini. Tidak seperti India Open 2019 yang sepi peminat, turnamen berhadiah total 700.000 US Dollar ini ramai diikuti oleh para pebulu tangkis top dunia yang diwajibkan oleh BWF untuk mengikuti turnamen Super 750.

Indonesia sendiri mengirimkan pemain-pemain terbaiknya di turnamen ini, seperti Anthony Sinisuka Ginting, Kevin/Gideon, Greysia/Apri, serta Hafiz/Gloria. Selain itu, para pemain top dunia yang juga merupakan juara bertahan turut meramaikan turnamen ini, seperti Tai Tzu Ying, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, serta Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

2. Singapore Open 2019

Daftar Turnamen Bulu Tangkis di Bulan April 2019twitter.com/INABadminton

Singapore Open 2019 menjadi turnamen besar kedua di bulan April. Turnamen HSBC BWF Wolrd Tour Super 500 akan digelar pada 9-14 April di Singapore Indoor Stadium, Singapura ini memberikan hadiah total sebesar 355.000 US Dollar.

Hampir sama seperti Malaysia Open, turnamen ini pun juga diramaikan oleh para pemain top dunia. Skuad Indonesia yang dikirimkan ke Malaysia Open sebagian besar juga diikutsertakan di Singapore Open, seperti Jonatan Christie, Fajar/Rian, serta Praveen/Melati. Para pebulu tangkis papan atas dunia seperti Chou Tien Chen serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang merupakan juara juga tentunya antusias untuk mempertahankan gelar mereka di turnamen Super 500 terakhir ini sebelum Thailand Open pada bulan Juli mendatang.

Baca Juga: Inilah Perolehan Gelar Indonesia Sementara di BWF World Tour 2019

3. Badminton Asia Championships 2019

Daftar Turnamen Bulu Tangkis di Bulan April 2019twitter.com/INABadminton

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Asia Badminton Championships (BAC) adalah kejuaraan individu level kontinental yang diperuntukkan bagi para pebulu tangkis di kawasan Benua Asia. Untuk kelima kalinya secara beruntun, Badminton Asia Championships 2019 juga akan kembali digelar di Wuhan Sports Center Gymnasium, Wuhan, Tiongkok, pada 23-38 April 2019.

Meskipun tidak termasuk turnamen resmi BWF, tetapi poin ranking yang ditawarkan oleh BAC ini sama dengan poin di turnamen Super 500. Karenanya, sejumlah atlet antusias mengikuti turnamen ini. Sama seperti di Malaysia Open dan Singapore Open, Indonesia mengirimkan skuad terbaiknya ke turnamen ini. Anthony Ginting, Minions, dan serta Della/Rizki yang menjadi semifinalis tahun lalu juga ikut serta di turnamen berhadiah total 400.000 US Dollar ini.

4. New Zealand Open 2019

Daftar Turnamen Bulu Tangkis di Bulan April 2019bwfbadminton.com

Turnamen HBSC BWF World Tour Super 300 ini menjadi salah satu turnamen paling ditunggu di tahun 2019. Meskipun bukan termasuk turnamen Super 500 ke atas, tetapi kemungkinan besar banyak atlet papan atas dunia yang ikut serta di turnamen ini karena perhitungan poin untuk Olimpiade Tokyo 2020 dimulai dari turnamen berhadiah total 150.000 US Dollar ini.

Tim Indonesia sendiri mengirimkan hampir semua skuad utamanya ke turnamen yang digelar pada 30 April - 5 Mei 2019 mendatang ini. Hanya sektor ganda putra di mana Indonesia tidak mengirimkan satu dari tiga ganda utamanya, yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Sementara di keempat sektor lain, Indonesia turun dengan kekuatan penuh.

Itulah empat turnamen bulu tangkis besar di bulan April. Ada yang berencana menonton salah satunya?

Baca Juga: Inilah Jadwal Turnamen Penting BWF World Tour di Bulan Maret 2019

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya