5 Fakta Menarik Kemenangan Man United atas Real Sociedad di MD6 UEL

Setan Merah gagal jadi juara grup meski meraih kemenangan 

Manchester United mampu meraih hasil positif pada matchday terakhir Grup E Liga Europa (UEL) 2022/2023. Melawan Real Sociedad di Reale Arena, Jumat (4/11/2022) dini hari, Cristiano Ronaldo dan kolega berhasil menang dengan skor 1-0.

Gol semata wayang Setan Merah diciptakan Alejandro Garnacho pada babak pertama. Meski meraih kemenangan, Manchester United tetap tidak mampu menggusur Real Sociedad dari puncak klasemen.

Pertandingan Liga Europa bertajuk big match ini tentu menghasilkan sejumlah catatan menarik. Berikut lima fakta menarik laga Real Sociedad kontra Manchester United pada matchday keenam UEL 2022/2023.

1. Alejandro Garnacho jadi pencetak gol termuda non-Inggris bagi Man United

5 Fakta Menarik Kemenangan Man United atas Real Sociedad di MD6 UELAlejandro Garnacho (twitter.com/EuropaLeague)

Manchester United berhasil membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui Alejandro Garnacho. Ia mampu menjebol gawang Real Sociedad setelah menerima umpan dari Cristiano Ronaldo. Gol tersebut sangat spesial bagi Garnacho. Pasalnya, itu merupakan gol perdana sang pemain bagi Setan Merah.

Di sisi lain, Garnacho jadi pencetak gol termuda non-Inggris untuk Manchester United di kompetisi Eropa. Pemain asal Argentina itu saat ini berusia 18 tahun 125 hari. Garnacho memecahkan rekor dari George Best yang berumur 18 tahun 158 hari ketika mencetak gol melawan Djurgardens IF pada 1964.

2. Manchester United belum terkalahkan dalam sembilan laga terakhir 

5 Fakta Menarik Kemenangan Man United atas Real Sociedad di MD6 UELDiogo Dalot dan Erik ten Hag (twitter.com/ManUtd)

Kemenangan atas Real Sociedad membuat Manchester United berhasil melanjutkan tren positifnya. Kini, anak asuh Erik ten Hag tersebut belum terkalahkan dalam sembilan pertandingan berturut-turut di semua kompetisi. Dari seluruh laga itu, Setan Merah sukses meraih 7 kemenangan dan 2 imbang.

Manchester United sendiri masih membutuhkan lima pertandingan lagi tanpa kekalahan untuk bisa menyamai catatan tahun lalu. Ketika itu, dari Januari hingga Maret 2021, Manchester United tidak terkalahkan dalam empat belas laga secara beruntun.

Baca Juga: 5 Klub Premier League yang Paling Sering Dikalahkan Manchester United

3. Kekalahan perdana Real Sociedad di Liga Europa musim ini 

5 Fakta Menarik Kemenangan Man United atas Real Sociedad di MD6 UELAksi Diogo Dalot (kanan) dalam pertandingan Real Sociedad melawan Manchester United pada matchday keenam UEL 2022/2023. (twitter.com/DalotDiogo)

Kekalahan dari Manchester United membuat tren impresif Real Sociedad terhenti di kompetisi Liga Europa. Sebelumnya, tim asuhan Imanol Alguacil itu selalu meraih kemenangan dalam lima laga beruntun di Grup E.

Di samping itu, hasil pertandingan ini jadi kekalahan ketiga Real Sociedad dalam empat pertandingan terakhir di semua kompetisi. Selain kalah dari Manchester United, Txuri-urdin juga kalah dari Real Valladolid (0-1) dan Real Betis (0-2). Satu-satunya kemenangan diraih Real Sociedad ketika melawan Omonia Nikosia yang berakhir dengan skor 2-0.

4. David de Gea mencatatkan empat penyelamatan krusial 

5 Fakta Menarik Kemenangan Man United atas Real Sociedad di MD6 UELAksi David de Gea dalam pertandingan Real Sociedad melawan Manchester United pada matchday keenam UEL 2022/2023. (twitter.com/ManUtd)

David de Gea layak dinobatkan sebagai Man of the Match dalam pertandingan ini. Pasalnya, penjaga gawang asal Spanyol itu mampu menggagalkan sejumlah peluang penting Real Sociedad. Tercatat, ia melakukan empat penyelamatan krusial.

Penampilan ciamik itu membuat de Gea mendapatkan nilai tertinggi dari Whoscored. Kiper berusia 31 tahun ini mendapatkan rating 7,8.

5. Manchester United gagal jadi juara grup meski raih kemenangan 

5 Fakta Menarik Kemenangan Man United atas Real Sociedad di MD6 UELPara pemain Manchester United setelah pertandingan melawan Real Sociedad pada matchday keenam UEL 2022/2023. (twitter.com/ManUtd)

Meski meraih kemenangan pada laga pamungkas, Manchester United tetap gagal jadi juara Grup E. Bruno Fernandes dkk pun harus puas finis sebagai runner-up­ dengan koleksi 15 poin dari 6 laga, kalah head to head dari Real Sociedad.

Artinya, Setan Merah harus melakoni babak playoff melawan klub yang turun dari kompetisi Liga Champions (UCL). Manchester United berpotensi bertemu tim-tim kuat seperti Juventus, Barcelona, hingga Sevilla.

Drawing babak playoff Liga Europa (UEL) 2022/2023 akan berlangsung di Nyon, Swiss, pada Senin (7/11/2022). Siapa yang bakal jadi lawan Manchester United selanjutnya?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Manchester United dan West Ham

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya