5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023

Juancho Hernangomez salah satunya

Timnas Spanyol salah satu tim unggulan di FIBA World Cup 2023. Meski tidak diperkuat nama beken seperti Ricky Rubio, Marc Gasol, dan Pau Gasol, mereka tetap tidak bisa diremehkan. Sayang, Timnas Spanyol gagal melangkah jauh di FIBA World Cup tahun ini.

Mereka harus puas menduduki peringkat ke-9. Jika melihat komposisi skuad, maka Timnas Spanyol sendiri memang membawa beberapa pemain muda yang minim pengalaman. Berikut lima pemain termuda yang membela Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023.

1. Juan Nunez menjadi pemain termuda yang dibawa Timnas Spanyol

5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023Juan Nunez (fiba.basketball)

Juan Nunez menjadi pemain termuda yang dibawa Timnas Spanyol ke FIBA World Cup 2023. Pemain berusia 19 tahun ini biasa tampil sebagai point guard. Nunez sendiri kini bermain untuk Ratiopharm Ulm yang mentas di BBL, kasta teratas Liga Bola Basket Jerman. Nunez berhasil menjuarai BBL pada 2022/2023 bersama Ratiopharm Ulm.

Di Timnas Spanyol, Nunez beberapa kali dipercaya turun sebagai starter di FIBA World Cup 2023. Dengan usia yang masih muda dan potensi besar yang ia miliki, bukan tidak mungkin Nunez bisa menembus NBA pada masa depan. Apalagi dengan pamor pemain Eropa yang melonjak belakangan ini.

2. Usman Garuba berkarier di NBA bersama Houston Rockets

5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023Usman Garuba (fiba.basketball)

Berikutnya, ada pemain berusia 21 tahun bernama Usman Garuba. Dia biasa tampil sebagai power forward dan center. Garuba sendiri kini berkarier di NBA bersama Houston Rockets.

Sejauh ini, performa Garuba bersama Houston Rockets bisa dibilang tidak menonjol. Pada musim reguler 2022/2023, dia hanya mengukir rata-rata 3 poin, 4,1 rebound, dan 0,9  assist. Meski kurang bersinar di NBA, Garuba mampu menjadi salah satu tumpuan Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023. Dia beberapa kali menyumbang poin berdigit ganda.

Baca Juga: Rekap Perjalanan Dennis Schroeder di FIBA World Cup 2023, MVP!

3. Santi Aldama bermain di posisi yang sama dengan Usman Garuba

5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023Santi Aldama (fiba.basketball)

Santi Aldama kebetulan menempati posisi yang sama dengan Usman Garuba, yakni power forward dan center. Pemain berusia 22 tahun ini bermain di NBA bersama Memphis Grizzlies. Saat ini, Aldama lebih sering turun sebagai pemain cadangan di Grizzlies.

Pada musim reguler 2022/2023, dia mengukir rataan 9 poin, 4,8 rebound, dan 1,3 assist  bersama tim asal Memphis itu. Aldama hampir bermain semusim penuh dengan turun dalam 77 pertandingan bersama Grizzlies. Di FIBA World Cup 2023, Aldama juga termasuk salah satu pemain kunci Timnas Spanyol.

4. Joel Parra minim menit bermain saat membela Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023

5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023Joel Parra (fiba.basketball)

Selanjutnya, ada pemain berusia 23 tahun bernama Joel Parra. Pemain kelahiran Barcelona, Spanyol, ini biasa bermain sebagai small forward. Saat ini, Parra bermain di Liga ACB, kasta teratas Liga Bola Basket Spanyol, bersama Barcelona.

Sayangnya, Parra tidak mendapat banyak menit bermain saat membela Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023. Bahkan, dia tidak dimainkan sama sekali dalam beberapa pertandingan. Hal itu tampaknya menjadi salah satu alasan di balik minimnya kontribusi Parra bagi Timnas Spanyol di FIBA World Cup tahun ini.

5. Juancho Hernangomez berkarier di Liga Yunani

5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di FIBA World Cup 2023Juancho Hernangomez (fiba.basketball)

Terakhir, ada pemain yang kini berkarier di Liga Yunani bersama Panathinaikos. Pemain yang dimaksud adalah Juancho Hernangomez. Pemain berusia 27 tahun ini biasa bermain di posisi power forward.

Hernangomez sendiri memiliki pengalaman bermain di NBA. Dia pernah bertualang ke sejumlah klub, seperti Toronto Raptors, Utah Jazz, San Antonio Spurs, dan beberapa lainnya. Di FIBA World Cup 2023, Hernangomez termasuk pemain pilar bagi Timnas Spanyol.

Lima nama di atas adalah para pemain termuda yang dibawa Timnas Spanyol ke FIBA World Cup 2023. Ada beberapa yang menjadi pemain pilar Negeri Matador. Kendati demikian, ada juga pemain seperti Joel Parra yang tidak mendapat banyak menit bermain di FIBA World Cup tahun ini.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Kanada di FIBA World Cup 2023, Ada RJ Barrett

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya