Performa 3 Pemain yang Mewakili AEK Athens di FIBA World Cup 2023

Alexander Madsen bermain untuk Finlandia

AEK Athens adalah tim basket yang berkompetisi di Liga Yunani. Mereka termasuk tim papan atas lantaran rutin menghuni peringkat enam besar. Jika melihat roster, AEK Athens memang diperkuat sejumlah pemain berkualitas.

Mereka memegang peran penting dalam membawa AEK Athens menjadi salah satu tim tangguh di Liga Yunani. Beberapa pemain dikirim AEK Athens untuk membela negaranya di FIBA World Cup 2023. Secara total, ada tiga perwakilan AEK Athens yang mentas di FIBA World Cup 2023.

1. Manos Chatzidakis minim menit bermain di  Timnas Yunani

Performa 3 Pemain yang Mewakili AEK Athens di FIBA World Cup 2023Manos Chatzidakis (fiba.basketball)

Manos Chatzidakis adalah pemain yang biasa berposisi center. Posturnya yang mencapai 208 sentimeter cukup memadai untuk posisi tersebut. Chatzidakis sendiri bermain di AEK Athens selama 2 periode, yakni 2016--2019 dan 2023--sekarang.

Di FIBA World Cup 2023, Chatzidakis bisa dibilang kurang menonjol. Dia minim menit bermain dan kerap memulai laga dari bangku cadangan. Secara statistik, Chatzidakis bermain selama 32 menit dalam 5 pertandingan yang dilakoni Timnas Yunani di FIBA World Cup 2023.

Chatzidakis tampaknya kesulitan bersaing dengan Georgios Papagiannis yang diplot sebagai center utama Timnas Yunani. Dengan menit bermain yang minim, tak ayal Chatzidakis juga tidak berkontribusi signifikan bagi Timnas Yunani. Dia hanya mencatatkan total 5 poin, 5 rebound, dan 1 assist di FIBA World Cup 2023. 

Baca Juga: Performa 4 Pemain Real Madrid di FIBA World Cup 2023

2. Mindaugas Kuzminskas tampil cukup apik bersama Timnas Lithuania

Performa 3 Pemain yang Mewakili AEK Athens di FIBA World Cup 2023Mindaugas Kuzminskas (fiba.basketball)

Berikutnya, ada pemain asal Lithuania bernama Mindaugas Kuzminskas. Mantan pemain New York Knicks ini biasa tampil sebagai small forward atau power forward. Sepak terjang Kuzminskas di AEK Athens dimulai pada 2023.

Sebelum bergabung ke AEK Athens, pemain berusia 33 tahun ini pernah berkarier di berbagai liga berbeda. Di antaranya Liga Turki, Liga Rusia, hingga Liga Italia. Sejauh ini, Kuzminskas belum memainkan satu pertandingan pun bersama AEK Athens lantaran baru bergabung.

Di FIBA World Cup 2023, Kuzminskas tampil cukup apik bersama Timnas Lithuania. Dia bermain selama total 141 menit. Secara statistik, Kuzminskas mengemas total 77 poin, 30  rebound, dan 14 assist di FIBA World Cup 2023. Meski selalu turun dari bangku cadangan, dia beberapa kali sukses menyumbang poin berdigit ganda bagi Timnas Lithuania.

3. Alexander Madsen hanya menjadi center pelapis di Timnas Finlandia

Performa 3 Pemain yang Mewakili AEK Athens di FIBA World Cup 2023Alexander Madsen (fiba.basketball)

Terakhir, ada pemain yang biasa tampil sebagai center. Namanya adalah Alexander Madsen. Pemain setinggi 208 sentimeter ini bermain untuk Timnas Finlandia di FIBA World Cup 2023. Saat memperkuat Timnas Finlandia, Madsen masih berstatus pemain dari AEK Athens.

Sayang, dia kini sudah dilepas ke VEF Rīga yang berlaga di liga basket Latvia/Estonia. Madsen sendiri sejatinya sudah tidak asing dengan VEF Riga. Pasalnya, dia pernah bermain di sana selama 3 musim (2019--2022) sebelum bergabung ke AEK Athens.

Madsen justru tidak bertahan lama di AEK Athens, yakni hanya semusim (2022--2023). Di FIBA World Cup 2023, performa Madsen bisa dibilang tidak terlalu menonjol. Dalam 5 pertandingan yang dijalaninya bersama Timnas Finlandia, Madsen mengemas total 33 poin, 12 rebound, serta 6 assist.

Torehan itu dicatatkan Madsen dalam 70 menit yang ia mainkan bersama Timnas Finlandia. Menit bermain Madsen tidak bisa terlalu banyak lantaran ia kalah saing dari Lauri Markkanen. Markkanen sendiri lebih dipercaya menjadi center nomor satu Timnas Finlandia di FIBA World Cup 2023. Alhasil, Madsen hanya berstatus center pelapis yang selalu memulai laga dari bangku cadangan.

Tiga pemain di atas dikirim AEK Athens untuk memperkuat timnas masing-masing di FIBA World Cup 2023. Sayang, salah satu pemain di atas, Alexander Madsen, sudah tidak membela AEK Athens pada 2023/2024. Dia telah balik kucing ke tim lamanya, VEF Riga, yang mentas di liga basket Latvia-Estonia.

Baca Juga: Performa 5 Pemain Bayern Munich di FIBA World Cup 2023

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya