Alex Marquez Gagal Naik Podium di GP Inggris Akibat Masalah Teknis

Alex Marquez harus keluar main race lebih awal

Alex Marquez harus gigit jari saat main race GP Inggris yang digelar pada Minggu (6/8/2023) malam WIB. Pembalap Gresini Racing itu gagal meraih poin karena harus keluar balapan pada lap-lap awal. Padahal, Alex Marquez berhasil finis terdepan ketika sprint race di Sirkuit Silverstone.

Marquez tak bisa menyembunyikan rasa kecewa setelah menyudahi main race lebih dini. Bukan karena kecelakaan, Marquez gagal merampungkan balapan MotoGP 2023 pekan lalu akibat masalah teknis pada motornya. Lantas, pada bagian mana dari motor Desmosedici GP22 miliknya yang bermasalah?

1. Start dari posisi ketiga, Alex Marquez sukses finis sebagai pemenang di sprint race GP Inggris

Alex Marquez Gagal Naik Podium di GP Inggris Akibat Masalah TeknisMarco Bezzecchi bersama dengan Alex Marquez dan Maverick Vinales selepas sprint race GP Inggris 2023. (motogp.com)

Alex Marquez sebetulnya tampil bagus sepanjang pekan balap GP Inggris. Adik kandung Marc Marquez itu sukses mengamankan posisi start ketiga lewat catatan waktu 2 menit 15,771 detik. Berada di barisan pertama tentu menambah peluang Alex Marquez untuk meraih kemenangan saat sprint maupun main race.

Hasilnya, Alex Marquez berhasil menyelesaikan sepuluh lap sprint race sebagai pemenang. Ia finis di depan Marco Bezzecchi dengan keunggulan 0,366 detik. Itu menjadi kemenangan perdananya pada gelaran sprint race MotoGP 2023. Atas pencapaian itu, Alex Marquez berhak memperoleh 12 poin.

Baca Juga: Alex Marquez Keluhkan Ban Belakang saat Balapan MotoGP Spanyol

2. Alex Marquez gagal finis saat main race karena masalah teknis pada motornya

Alex Marquez Gagal Naik Podium di GP Inggris Akibat Masalah Teknispembalap Gresini Racing Alex Marquez (gresiniracing.com)

Capaian cemerlang saat sprint race melecut semangat Alex Marquez untuk meneruskan tren positif ketika main race. Pada lap pertama, ia melorot ke posisi keempat usai disalip Francesco Bagnaia. Akan tetapi, Marquez mampu kembali ke posisi ketiga usai menyalip Jack Miller pada lap tiga.

Nasib kurang beruntung hadir pada penghujung lap kelima. Motor yang ditunggangi juara Moto2 2019 itu melambat sehingga harus masuk ke pit. Alex Marquez terlihat memegang shifter motor dalam perjalanan menuju garasi tim dan berujung tidak meneruskan balapan.

Ini menjadi keempat kalinya Marquez gagal merampungkan main race MotoGP musim ini. Sebelumnya, pembalap berkebangsaan Spanyol itu gagal finis di GP Amerika, Prancis, dan Italia. Prestasi terbaik Alex Marquez ketika main race MotoGP 2023 adalah finis ketiga di GP Argentina.

3. Alex Marquez tak menjelaskan detail masalah motornya, tetapi ada kaitan dengan shifter

Alex Marquez kecewa usai gagal mendulang poin saat main race. Pembalap bernomor motor 73 itu merasa punya peluang bersaing dengan para pembalap lain di barisan depan. Sayangnya, masalah teknis pada motornya membuyarkan kesempatan yang ada di depan matanya.

Marquez tak ingin menjelaskan secara rinci masalah apa yang menimpa motornya. Akan tetapi, ia memastikan masalah tersebut tak berkaitan dengan sayap motor yang sedikit mengalami kerusakan akibat bersenggolan dengan Francesco Bagnaia. Bahkan, Alex Marquez mengaku performa motornya sangat baik sebelum masalah pada bagian shifter terjadi.

“Ada masalah teknis. Aku tak bisa memberi tahu Anda lebih banyak. Anda melihat bahasa tubuhku, jadi Anda tahu kurang lebih di mana masalah itu terjadi. Itu hal yang mengecewakan karena kami kehilangan lagi sebuah kesempatan bagus. Apalagi, terlihat titik hujan pada lap-lap terakhir yang biasanya aku cukup bagus dalam kondisi tersebut,” jelas Alex Marquez dilansir Crash.

Tambahan 12 poin dari finis pertama di sprint race GP Inggris membuat Alex Marquez naik satu posisi ke peringkat 9 klasemen pembalap. Ia sudah mengoleksi 75 poin dari 9 seri balap yang sudah digelar. Alex Marquez unggul satu poin dari Maverick Vinales yang bertengger di posisi ke-10.

Baca Juga: Alex Marquez Ingin Bertahan di Gresini Racing karena Nyaman

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya