Massimo Rivola Terbuka untuk Diskusikan Masalah Konsesi di MotoGP

Ada rencana Dorna memberi konsesi terhadap Honda dan Yamaha

MotoGP bersiap kembali menggelar balapan setelah jeda musim panas. GP Inggris bakal menjadi seri pembuka putaran kedua MotoGP 2023. Pekan balap tersebut akan berlangsung pada 4–6 Agustus 2023 di Sirkuit Silverstone.

Di tengah hiruk pikuk menyambut GP Inggris, pembahasan soal hak konsesi masih jadi sorotan sejumlah pihak. Pasalnya, Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP ingin memberikan hak tersebut kepada Honda dan Yamaha yang masih terseok-seok selama beberapa waktu terakhir. Wacana tersebut rupanya sampai ke telinga Massimo Rivola selaku CEO Aprilia Racing. Ia mengaku terbuka untuk mendiskusikan perihal konsesi terhadap dua pabrikan asal Jepang tersebut.

1. Performa Honda dan Yamaha kurang oke selama dua musim terakhir di MotoGP

Massimo Rivola Terbuka untuk Diskusikan Masalah Konsesi di MotoGPMarco Bezzecchi berada di depan Marc Marquez dan Franco Morbidelli dalam sebuah balapan MotoGP 2023. (motogp.com)

Performa Honda dan Yamaha selama beberapa musim terakhir mengalami kemunduran. Kedua pabrikan kesulitan membendung perlawanan dari pabrikan Eropa, seperti KTM, Aprilia, dan Ducati. Jumlah kemenangan mereka dalam dua tahun berturut-turut juga tak terlalu banyak.

Yamaha meraih tiga kemenangan musim 2022 lewat Fabio Quartararo. Juara dunia MotoGP 2021 itu berhasil finis terdepan di GP Portugal, Catalunya, dan Jerman. Capaian tersebut berbanding terbalik dengan yang terjadi dalam 8 seri balap musim ini. Yamaha belum pernah menang dengan hasil terbaik adalah Fabio Quartararo finis ketiga saat main race GP Amerika.

Di lain pihak, Honda bahkan mengakhiri musim 2022 tanpa kemenangan. Pabrikan berlambang sayap itu kemudian meraih kemenangan saat Alex Rins finis terdepan di main race GP Amerika. Itu menjadi kemenangan perdana Honda setelah terakhir kali finis sebagai pemenang dalam sebuah balapan pada GP Emilia Romagna 2021 lewat Marc Marquez.

Baca Juga: Penonton MotoGP 2023 Diupayakan Tembus 100 Ribu 

2. Dorna Sports berencana mengubah aturan hak konsesi untuk membantu Honda dan Yamaha

Massimo Rivola Terbuka untuk Diskusikan Masalah Konsesi di MotoGPFabio Quartararo dan Marc Marquez (twitter.com/everythingmrace)

Kemerosotan performa Honda dan Yamaha mendapat perhatian dari Dorna Sports. Pemilik hak komersial kejuaraan itu berencana untuk mengubah aturan hak konsesi untuk membantu Yamaha dan Honda yang sedang kesulitan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Carlos Ezpeleta selaku Direktur Olahraga MotoGP dalam sebuah wawancara.

“Kami sedang bekerja untuk membantu tidak hanya Honda, tetapi juga Yamaha, sehingga mereka bisa menjadi kompetitif lagi dengan cara yang lebih cepat. Honda dan Yamaha sangat perhatian dengan regulasi konsesi pada waktu lalu. Itu sangat penting bagi Ducati untuk menjadi kompetitif.

Itu juga penting bagi Suzuki untuk kompetitif dengan sangat cepat serta bagi KTM dan Aprilia untuk memasuki kejuaraan dunia secara resmi dan juga menjadi kompetitif. Pabrikan lain juga akan memahami ini,” kata Carlos dilansir Reuters.

3. Tanggapan KTM dan Ducati soal rencana perubahan hak konsesi

Massimo Rivola Terbuka untuk Diskusikan Masalah Konsesi di MotoGPsalah satu momen balapan MotoGP 2023 (twitter.com/everythingmrace)

Perubahan konsesi guna membantu Honda dan Yamaha ini tentunya menuai tanggapan dari pabrikan Eropa. Stefan Pierer selaku CEO Pierer Mobility AG yang memiliki brand KTM ingin memberikan izin kepada dua pabrikan Jepang untuk menggelar hari tes tambahan. Sementara itu, Gigi Dall’Igna selaku kepada Ducati menyatakan bahwa Dorna harus menerapkan cara-cara yang benar jika ingin membuat kejuaraan menjadi lebih seimbang.

“Aku sepakat bahwa kejuaraan seharunya menjadi seimbang mungkin. Sebuah kompromi perlu ditemukan bersama guna memastikan bahwa semua orang bisa bertarung untuk posisi penting. Akan tetapi, jelas bahwa yang terbaik harus selalu menang karena ini adalah sebuah olahraga dan olahraga bekerja seperti itu,” kata Gigi.

4. Massimo Rivola mengaku siap berdiskusi untuk perubahan hak konsesi MotoGP

Massimo Rivola Terbuka untuk Diskusikan Masalah Konsesi di MotoGPCEO Aprilia Racing Massimo Rivola (twitter.com/MotoGP)

Di sisi lain, Massimo Rivola mengaku sedikit aneh dengan kondisi pabrikan Jepang saat ini berbanding terbalik dengan performa pabrikan Eropa. Sebab, Yamaha dan Honda tampil dominan di MotoGP pada musim-musim terdahulu mengungguli deretan pabrikan Eropa. Walau begitu, Rivola menegaskan terbuka untuk berdiskusi demi mencari jalan tengah dari situasi yang saat ini sedang terjadi di kejuaraan. Apalagi, tak ada yang berniat kehilangan Yamaha dan Honda setelah Suzuki memutuskan undur diri pada akhir 2022 lalu.

“Sedikit aneh bahwa pabrikan kecil sekarang seharusnya membantu raksasa Jepang. Pada waktu yang sama, ini adalah sebuah pengakuan dari kerja bagus yang mereka telah lakukan. Aku terbuka untuk perbincangan sepanjang kondisi grid secara keseluruhan tetap kompak dan seimbang.

Ketika diminta membantu pabrikan yang kesulitan, aku terbuka untuk bernegosiasi. Sebab, itu bisa terjadi bahwa suatu hari Aprilia akan menjadi pabrikan berikutnya yang mengalami masalah. Namun, kami harus melihat semua sudut pandang dan tidak hanya berdasarkan pada pabrikan yang mengalami kesulitan ,” jelas Rivola dikutip Speedweek.

Saat ini, hak konsesi diberikan kepada tim yang gagal naik podium dalam satu musim balap MotoGP. Hak tersebut akan didapat oleh tim pada musim berikutnya. Adapun keuntungan yang didapat oleh tim yang mendapat konsesi antara lain mendapat jatah mesin dan wildcard yang lebih banyak serta memperoleh hari tes lebih banyak di luar jadwal tes resmi.

Baca Juga: Paruh Kedua MotoGP 2023 Pakai Format dan Aturan Baru

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya