Comscore Tracker

Masih Cedera, Morbidelli Bakal Absen di Empat Seri Balap MotoGP 2021

Diharapkan bakal kembali pada GP San Marino

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, masih dibekap cedera. Meski saat ini sedang menjalani proses pemulihan, Morbidelli diperkirakan tak akan turun pada beberapa seri MotoGP 2021 seusai jeda musim panas.

Rekan setim Valentino Rossi itu bakal melewatkan empat seri balap yang dimulai dari GP Styria pada 6--8 Agustus mendatang. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh pihak tim.

1. Morbidelli absen sejak GP Belanda, digantikan Garrett Gerloff

Masih Cedera, Morbidelli Bakal Absen di Empat Seri Balap MotoGP 2021Garrett Gerloff saat gantikan Morbidelli pada GP Belanda (motogp.com)

Sebelumnya, Morbidelli harus absen pada GP Belanda lantaran mengalami cedera lutut saat latihan. Ia pun memilih menjalani operasi untuk memulihkan cedera yang diderita.

Posisinya pada GP Belanda digantikan oleh pembalap WorldSBK, Garrett Gerloff. Pada balapan di sirkuit Assen, Gerloff berhasil menuntaskan balapan di posisi ke-17.

2. Petronas konfirmasi Morbidelli tak akan turun balapan dalam waktu dekat

Masih Cedera, Morbidelli Bakal Absen di Empat Seri Balap MotoGP 2021Morbidelli saat di garasi tim pada GP Jerman (motogp.com)

Meski kini masuk masa jeda kejuaraan, ada keraguan Morbidelli bisa kembali lintasan tepat setelah libur musim panas usai. Pihak Petronas pun mengonfirmasi bahwa pembalap berkebangsaan Italia itu tak akan turun dalam waktu dekat setidaknya dalam empat seri balap.

“Morbidelli menjalani proses pemulihan dengan baik pasca operasi lutut. Namun, kami ingin memastikan dia dalam kondisi 100 persen sebelum ia kembali.

Jadi, aku pikir kami tak berharap dia turun balapan hingga GP San Marino meski aku berharap proses pemulihan yang lebih cepat,” kata Razlan Razali selaku Team Principal Petronas SRT Team dilansir The Race.

Baca Juga: MotoGP: Performa Belum Oke, Rossi Masih Dapat Dukungan Petronas SRT

3. Petronas targetkan Morbidelli turun pada GP San Marino

Masih Cedera, Morbidelli Bakal Absen di Empat Seri Balap MotoGP 2021Morbidelli pada GP Jerman (motogp.com)

Pihak tim menargetkan Morbidelli bakal turun di GP San Marino. Balapan di sirkuit Misano begitu dinanti sebab Morbidelli begitu mencintai sirkuit ini. Petronas SRT berharap Morbidelli dapat pulih dan mengaspal di Misano.

“Trek itu adalah yang dia sukai. Dia tahu betul treknya dan seharusnya akan menjadi hal bagus melihatnya kembali balapan di sana. Kami semua senantiasa mendoakan yang terbaik untuknya dalam proses pemulihan dan kembali saat kondisinya benar-benar prima,” lanjut Razali.

4. Jadwal Gerloff bentrok, Cal Crutchlow kandidat terkuat isi posisi Morbidelli

Masih Cedera, Morbidelli Bakal Absen di Empat Seri Balap MotoGP 2021Cal Crutchlow saat sesi tes pramusim di Qatar (motogp.com)

Hingga beberapa seri mendatang, kursi balap Morbidelli di Petronas SRT Yamaha bakal kosong. Gerloff yang mengisi kekosongan pada GP Belanda tak bisa ikut pada GP Styria sebab jadwal yang bentrok dengan seri Ceko di ajang WorldSBK.

Untuk itulah Petronas perlu mencari pengganti Franky, sapaan akrab Morbidelli, selama ia absen. Dikutip Crash, test rider Yamaha, Cal Crutchlow, menjadi kandidat terkuat untuk turun pada balapan di sirkuit Red Bull Ring.

5. Performa Morbidelli di musim 2021 dan catatan manis pada GP San Marino 

Masih Cedera, Morbidelli Bakal Absen di Empat Seri Balap MotoGP 2021Morbidelli saat naik podium di GP Spanyol (motogp.com)

Franco Morbidelli saat ini berada di posisi ke-13 klasemen sementara. Ia baru mengumpulkan 40 poin dari delapan balapan yang diikuti. Ini tidak termasuk seri kesembilan di Assen, Belanda, karena dirinya absen akibat cedera.

Morbidelli baru satu kali naik podium musim ini. Ia mendapatkannya kala finis ketiga pada GP Spanyol di sirkuit Jerez.

Terkait balapan GP San Marino di Misano, Morbidelli punya catatan manis. Ia berhasil meraih kemenangan perdana di MotoGP musim lalu saat balapan di sana. Semoga lekas pulih, Franky!

Baca Juga: Petronas Yamaha Terancam Ditinggal Rossi dan Morbidelli

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya