Tekad Jorge Martin Raih Juara MotoGP 2024 Bersama Pramac Racing

Ingin ulang sejarah yang diciptakan Valentino Rossi

MotoGP 2023 menjadi musim tak terlupakan untuk Jorge Martin. Ia sukses bertengger di posisi runner-up setelah mengumpulkan 428 poin. Meski begitu, Martin tak cepat berpuas diri. Ia kini sedang mempersiapkan diri menyongsong MotoGP 2024 yang akan menggelar seri perdana di Lusail, Qatar, pada 8--10 Maret 2024.

Semangat yang dimiliki Martin saat ini tidak muncul tanpa sebab. Pembalap asal Spanyol tersebut ingin mencatatkan sejarah bersama Pramac Racing. Sebab, belum ada pembalap pada era MotoGP yang merengkuh gelar juara bersama tim satelit. Martin ingin merealisasikan hal tersebut pada tahun ini.

1. Kiprah Jorge Martin sepanjang MotoGP 2023 yang menghasilkan torehan positif

Tekad Jorge Martin Raih Juara MotoGP 2024 Bersama Pramac RacingJorge Martin berselebrasi usai finis pertama di sprint race GP India 2023. (pramacracing.com)

Jorge Martin menampilkan performa mengesankan sepanjang MotoGP 2023. Ia sukses mengemas empat kemenangan saat main race. Selain itu, Martin juga berhasil finis sebagai pemenang sprint race sebanyak 9 kali dan menjadikannya sebagai raja dari sesi balap Sabtu.

Performa mengesankan Martin membuat persaingan perebutan gelar juara MotoGP 2023 kian seru. Bahkan, Martin sempat mengakuisisi posisi puncak klasemen pembalap dari tangan Francesco Bagnaia selepas finis terdepan di sprint race GP Indonesia. Sayangnya, Martin gagal mempertahankan kedudukan setelah terjatuh saat main race di Sirkuit Mandalika.

Martin terus memberikan perlawanan terhadap Bagnaia hingga seri terakhir di Valencia, Spanyol. Akan tetapi, ia kembali terjatuh saat main race di Sirkuit Ricardo Tormo setelah mengalami insiden dengan Marc Marquez pada lap keenam. Alhasil, gelar juara mampu direngkuh Bagnaia dengan keunggulan 39 poin dari Martin.

Baca Juga: Optimisme Fabio Di Giannantonio di MotoGP 2024

2. Jorge Martin berambisi merengkuh gelar juara MotoGP bersama Pramac Racing

Tekad Jorge Martin Raih Juara MotoGP 2024 Bersama Pramac RacingJorge Martin melambaikan tangan selepas sprint race GP Catalunya 2023. (pramacracing.com)

Kegagalan merengkuh gelar juara di MotoGP 2023 tak lantas menyurutkan semangat Jorge Martin. Ia justru menyambut MotoGP 2024 dengan semangat tinggi. Martin bertekad menciptakan sejarah dengan menjadi juara bersama Pramac Racing. Apalagi, pembalap berusia 25 tahun itu dipersenjatai motor Desmosedici GP24 yang juga dipakai oleh pembalap tim pabrikan Ducati.

"Satu-satunya cara mengukir sejarah adalah memenangkan gelar juara dunia bersama tim satelit. Sekarang, aku punya kesempatan itu. Ducati juga telah memberikannya kepadaku motor pabrikan dan meninggalkanku di tim ini (Pramac Racing) yang membuatku senang dan puas.

Aku selalu berpikir bahwa berada di atas motor pabrikan membuat Anda memiliki sesuatu yang ekstra. Aku menunjukkan bahwa itu bisa dilakukan. Jadi, aku akan memperjuangkannya hingga akhir," kata Martin dilansir Crash.

3. Jorge Martin berharap bisa mempersiapkan diri dengan baik menyongsong MotoGP 2024

Tekad Jorge Martin Raih Juara MotoGP 2024 Bersama Pramac Racingpembalap Pramac Racing, Jorge Martin (motogp.com)

Selain performa motor, pengalaman saat MotoGP 2023 menjadi modal penting untuk Jorge Martin menghadapi persaingan pada musim ini. Untuk itu, ia berharap bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk kontestasi titel juara. Terlebih, Martin sudah berjanji kepada Pramac Racing akan memboyong gelar juara.

"Tak banyak orang yang bisa mengatakan bahwa mereka telah bertarung demi gelar juara dunia hingga GP Valencia. Kami telah melakukannya sebagai sebuah tim satelit. Aku rasa diriku berada dalam tempat terbaik untuk memenangkan gelar juara.

Aku harap dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik. Sebab, aku telah berjanji kepada timku bahwa kami akan menjadi juara dunia. Aku tak punya pilihan lain," pungkas Martin dikutip Crash.

Sepanjang era MotoGP, belum ada pembalap tim satelit yang merengkuh gelar juara dunia. Terakhir kali ada pembalap tim satelit yang mengamankan mahkota juara adalah pada 2001. Saat itu, Valentino Rossi sukses menorehkan gelar juara bersama Nastro Azzurro Honda ketika kelas utama masih memakai nama GP500. 

Jorge Martin tentu ingin menorehkan sejarah tersebut. Akankah ia dapat melakukannya pada MotoGP 2024 ini? Menarik untuk mengamatinya bersama!

Baca Juga: Prediksi Livio Suppo Soal Masa Depan Marc Marquez Selepas MotoGP 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya