10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kuasai semuanya agar makin mahir

Berenang diketahui bisa memberikan manfaat besar untuk kesehatan, yaitu membantu memperbaiki postur tubuh dan juga menyehatkan jantung. Hal tersebut yang menjadikan renang menjadi salah satu olahraga yang populer.

Jika kalian termasuk orang yang belum bisa berenang atau merasa masih pemula, sudah waktunya mencoba mempelajari cara berenang dan mempraktikkannya. Ada macam-macam gaya renang yang penting untuk diketahui agar terhindar dari cedera.

Berikut ini penjelasan macam-macam gaya renang dan manfaatnya.

1. Gaya dada

10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk Tubuhilustrasi renang gaya dada (pixabay.com/leoleobobeo)

Renang gaya dada atau breaststroke adalah teknik renang yang paling mudah untuk dipelajari. Teknik yang biasa disebut dengan renang gaya katak ini memungkinkan kepala perenang tetap berada di atas permukaan air.

Gaya renang ini memungkinkan yang baru belajar berenang santai tanpa harus takut tenggelam. Sebab, gaya renang lain mewajibkan kepala kalian untuk keluar dan masuk di dalam air dengan bergantian untuk mengambil napas.

Manfaat renang gaya dada

 ●     Membakar kalori tubuh

Jika berenang gaya dada selama 1 jam dapat membakar kalori sampai 350 kalori (tergantung berat badan).

●      Mengurangi stres

Gaya ini menjadi pilihan tepat untuk menenangkan pikiran dan penat akibat stres. Gerakannya yang lambat dan santai, efektif membantu pernapasan lebih tenang. Badan pun terasa rileks selama berada di dalam air.

●      Membantu kebugaran jantung dan paru-paru

Berenang secara umum membantu menguatkan otot jantung. Renang melancarkan aliran darah dan oksigen ke jantung dan paru-paru sehingga membantu meningkatkan kinerja jantung saat memompa darah. Di paru-paru, aliran darah dan oksigen bisa membantu stabilnya pernapasan.

●      Menjaga kadar gula darah

Walaupun terkesan santai, berenang dengan gaya dada juga membantu menjadikan kadar gula darah normal. Hal ini terjadi karena lancarnya sirkulasi darah akibat berenang dan meningkatkan metabolisme tubuh. Hasilnya cadangan lemak maupun karbohidrat di tubuh dapat diubah menjadi energi.

●      Menguatkan tulang dan otot

Jika kalian rutin berenang dengan gaya ini, bagian tulang serta otot akan makin kuat. Terutama di bagian otot dada dan kedua kaki.

2. Gaya punggung

10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk TubuhIlustrasi Renang Gaya Punggung (pixabay.com/leoleobobeo)

Renang gaya punggung biasa disebut backstroke adalah jenis gaya renang dalam posisi menghadap permukaan air dengan punggung sebagai tumpuannya.

Teknik renang ini cocok untuk semua perenang, mulai dari pemula sampai ahli. Sebab, renang gaya punggung mempunyai gerakan yang santai, kecepatan rendah, dan pernapasan yang lebih mudah. Kepala dan pinggul adalah bagian tubuh yang paling harus diperhatikan dalam teknik tersebut.

Manfaat renang gaya punggung

●     Menurunkan berat badan

Berenang dengan memakai gaya punggung selama 1 jam bisa menghabiskan kurang lebih 300 kalori, sehingga dapat menurunkan berat badan.

●      Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Berenang gaya punggung membantu mengatasi masalah sendi. Tubuh pun lebih fleksibel dan tak mudah lelah. Terutama bagi kalian yang sering duduk terlalu lama atau sering mengalami nyeri di sekitar punggung atau panggul.

●      Mengencangkan otot  dan tubuh

Gaya punggung lebih efektif membuat bagian tubuh kencang dan kuat, yaitu di bagian otot inti punggung, perut, bahu, lengan, panggul, dan kaki.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik tentang Olahraga Scuba Diving, Seru dan Menantang!

3. Gaya Bebas

10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk TubuhIlustrasi Renang Gaya Bebas (pexels.com/Jim De Ramos)

Renang gaya bebas yang biasa disebut freestyle stroke atau front crawl adalah teknik dasar dalam berenang dengan posisi badan telungkup, menggerakkan kaki bergantian, dan gerakan lengan seperti kincir angin.

Renang gaya bebas membiasakan kalian untuk berenang jarak jauh tanpa merasa kelelahan. Hal berikut yang membuat gaya renang berikut biasanya dianjurkan sebagai teknik yang paling pertama yang sebaiknya dikuasai oleh pemula.

Manfaat renang gaya bebas

●      Membakar kalori

Ingin berat badan stabil? Lakukan olahraga berikut secara rutin. Dengan seringnya berenang gaya bebas dapat menghabiskan kurang lebih 500 kalori dalam 1 jam.

●      Melatih napas lebih panjang

Saat berenang, proses pengambilan napas wajib dilakukan menggunakan waktu yang tepat supaya air tak tertelan. Dalam prosesnya, makin lama berlatih kalian pun semakin kuat menahan napas.

●      Meninggikan badan

Gerakan kaki tangan yang terus berulang melibatkan semua otot tubuh bergerak dan tertarik. Hal berikut dapat membantu tubuhmu lebih tinggi.

●      Melatih kekuatan otot

Gaya bebas menolong otot tubuh jadi terlatih dapat memudahkan kegiatan sehari-hari dan tak cepat lelah. Sangat pas untuk kalian yang melakukan pekerjaan atau rutinitas harian super padat.

4. Gaya kupu-kupu

10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk TubuhIlustrasi Renang Gaya Kupu-kupu (pixabay.com/KeithJJ)

Renang gaya kupu-kupu atau butterfly stroke merupakan salah satu yang paling sulit dikuasai di antara macam-macam gaya renang. Renang gaya kupu-kupu ini memiliki teknik yang akurat dan juga ritme gerakan tubuh, lengan, dan kaki yang bagus agar dapat dilakukan dengan benar.

Gaya renang kupu-kupu dilakukan dengan kedua lengan yang mengayuh bergerak ke depan dengan berbarengan. Kedua tangan tersebut membentang dan mengepak untuk mengayuh maju ke arah depan.

Tak hanya itu, kaki juga akan selalu bergerak memakai teknik yang disebut tendangan lumba-lumba atau dolphin kick. Meskipun terlihat sulit, tapi bukan berarti berenang gaya kupu-kupu tak dapat kalian kuasai sama sekali.

Manfaat renang gaya kupu-kupu

●      Membakar lemak dan kalori 900 Kalori per jam

Rata-rata lemak dan kalori yang terbakar setelah berenang dengan gaya berikut mencapai 900 kalori setiap 1 jam berenang.

●      Melatih hampir semua otot tubuh

Berenang dengan gaya kupu-kupu begitu menguras tenaga. Sehingga nyari seluruh bagian tubuh terlibat aktif bergerak, yaitu di bagian otot inti (otot dada, perut, punggung, otot di area panggul), lengan, bahu, punggung bawah, sampai betis.

●      Membantu menurunkan berat badan

Kalori yang terbakar selama berenang gaya kupu-kupu cukup besar, sehingga efektif mencegah obesitas dan menstabilkan berat badan.

●      Membentuk postur tubuh

Gerakan berulang di area dada dan bahu membantu menguatkan massa otot, sehingga badan terlihat tegap dan postur tubuh lebih tegak.

●      Menjadi alternatif olahraga kardiovaskular yang aman

Gaya kupu-kupu yang intens meningkatkan ritme jantung lebih kencang. Renang relatif lebih aman dari cedera.

Baca Juga: 11 Macam Cabang Olahraga Atletik dan Pengertiannya, Sudah Tahu?

5. Gaya ganti (Individual Medley)

10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk TubuhPexels.com/Emily Rose

Jenis gaya renang selanjutnya adalah gaya ganti. Gaya ganti merupakan perpaduan dari empat gaya renang yaitu gaya dada, punggung, kupu-kupu, dan bebas. Perenang melakukan satu lap untuk setiap gaya dalam urutan tertentu.

Gaya ganti menantang keterampilan teknik dan daya tahan secara keseluruhan, dan sering menjadi pilihan bagi perenang yang menyukai variasi dalam latihan mereka.

Manfaat renang gaya ganti

  • Koordinasi dan keseimbangan

Berenang gaya ganti membutuhkan koordinasi dan keseimbangan yang baik dalam berpindah dari satu gaya ke gaya lain. Perenang bakal terlatih mengatur transisi dengan mulus untuk menghindari pemborosan energi dan waktu.

  • Perkembangan otot

Gaya renang yang melibatkan banyak kombinasi ini berpengaruh pada otot. Gaya renang ganti melibatkan berbagai kelompok otot, termasuk otot lengan, dada, punggung, kaki, dan inti tubuh. Latihan rutin dalam gaya ini dapat membantu mengembangkan dan memperkuat otot-otot tubuh secara keseluruhan.

6. Gaya trudgen

10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk TubuhIlustrasi Gaya Trudgen (Pinterest.com)

Macam-macam gaya renang selanjutnya adalah gaya trudgen. Gaya renang ini merupakan pengembangan dari renang gaya bebas. Gaya tersebut memposisikan posisi kaki berada di dalam air dan bergerak secara bergantian ke atas dan ke bawah.

Sementara pada posisi tangan lurus ke depan dan gerakan lengan mirip seperti seperti kincir angin. Selanjutnya tangan satunya berada di bagian paha.

Teknik pernafasan saat melakukan gaya ini adalah menyesuaikan dengan kekuatan nafas perenang dan bebas mengambil oksigen. Sementara untuk teknik pernapasan dalam gaya trudgen ini bisa diambil sesuai dengan kekuatan napas perenang dan bebas kapan saja untuk mengambil oksigen.

Manfaat renang gaya trudgen

  • Kecepatan dan efisiensi

Gaya renang trudgen memadukan gerakan lengan gaya bebas yang efisien dengan gerakan kaki dada yang kuat. Hal ini memungkinkan perenang untuk mencapai kecepatan tinggi dengan lebih efisiensi dalam air. 

Baca Juga: 10 Ide Desain Kolam Renang Bertema Tropical, Sejuk dan Nyaman!

7. Gaya renang sculling

10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk TubuhBerbeda jenis olahraga bisa berbeda menu yang dibutuhkan (pexels.com/Guduru Ajay Bhargav)

Selanjutnya ada gaya renang tergelincir (sculling). Gaya renang sculling merupakan teknik latihan yang membantu perenang meningkatkan kemampuan berenang dengan lebih efisien.

Gaya renang ini menggunakan gerakan tangan yang cepat dan konstan untuk tetap berada di permukaan air tanpa menggerakkan kaki. Gaya ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan koordinasi dan kekuatan lengan.

Manfaat gaya reang tergelincir (sculling)

  • Mengasah keterampilan teknik

Gaya renang tergelincir melibatkan gerakan tangan yang cepat dan konstan untuk tetap berada di permukaan air tanpa menggerakkan kaki. Teknik ini membantu perenang untuk lebih fokus pada gerakan tangan dan meningkatkan keterampilan teknik renang mereka.

  • Meningkatkan kekuatan lengan

Gerakan tangan yang konstan dan cepat pastinya memerlukan otot lengan yang kuat. Melakukan latihan ini secara teratur akan membantu memperkuat otot lengan, khususnya otot bahu dan lengan atas.

8. Gaya renang meluncur

10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk TubuhGerakan meluncur pada renang (unsplash.com/richardrschunemann)

Gaya renang meluncur adalah teknik gerakan kaki mirip lumba-lumba yang digunakan untuk bergerak maju di dalam air. Gerakan ini menciptakan daya dorong kuat dan memungkinkan perenang bergerak cepat dan efisien di bawah air.

Gaya renang tersebut juga sering digunakan dalam olahraga selam dan renang indah. Dengan latihan rutin, perenang dapat menguasai teknik ini dan meningkatkan keterampilan berenang secara menyeluruh.

Manfaat gaya renang meluncur

  • Dapat meningkatkan kemampuan dalam berenang, misalnya kecepatan dan kelincahan.
  • Melatih dan memperkuat otot.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain Air bagi Bayi, Perlu Diajarkan Renang?

9. Gaya renang mata tertutup (blindfolded swimming)

10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk TubuhMenyehatkan jantung sebagai manfaat berenang malam hari (pexels.com/serjosoza)

Gaya renang mata tertutup adalah latihan yang menantang keterampilan navigasi dan pernafasan. Perenang memakai penutup mata dan berusaha berenang sejauh mungkin dengan hanya mengandalkan gerakan tangan dan kaki.

Manfaat renang mata tertutup

  • Latihan sensorik

Renang gaya ini sangat berguna untuk meningkatkan kepekaan tubuh dan mengembangkan indra perasaan dalam air. Perenang perlu merasa sentuhan air pada kulit mereka untuk tetap berada di jalur yang benar dan di permukaan air.

  • Meningkatkan konsentrasi

Berenang dengan mata tertutup mengharuskan kita berkonsentrasi tinggi karena harus fokus penuh pada gerakan tangan dan kaki serta memastikan agar tetap berada di jalur yang benar. Hal tersebut pastinya dapat meningkatkan konsentrasi secara keseluruhan yang bermanfaat untuk latihan renang dan kegiatan lainnya.

10. Gaya renang kelompok (synchronized swimming)

10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk Tubuhilustrasi atlet renang sinkronisasi (pexels.com/cottonbro studio)

Gaya renang terakhir adalah gaya renang kelompok. Gaya ini termasuk seni olahraga air yang memadukan gerakan renang, seni, dan tarian dengan indah dan harmonis. Biasanya, renang kelompok melibatkan tim perenang yang terdiri dari beberapa anggota yang melakukan rutinitas gerakan yang terkoordinasi dengan musik.

Manfaat gaya renang kelompok

  • Melatih fleksibilitas dan keseimbangan

Para perenang dalam gaya renang kelompok dituntut memiliki fleksibilitas yang baik untuk melakukan gerakan yang rumit dengan tetap terlihat anggun. Latihan rutin dalam gaya ini membantu meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. 

  • Melatih kreatifitas

Gaya renang ini memberikan kesempatan bagi perenang atau atlet untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam seni dan tarian di air. Ini membantu meningkatkan rasa percaya diri dan rasa bangga dalam prestasi seni.

Demikianlah macam-macam gaya renang yang biasa ditemui di sekitar kita. Semoga bisa menjadi referensimu untuk memilih gaya renang yang bisa dicoba nantinya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Les Renang di Jogja untuk Anak-Anak dan Dewasa

Papi Eyic Photo Writer Papi Eyic

https://www.linkedin.com/in/erickranes/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina
  • Rihanna Bunga
  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya