Daftar Juara Bertahan Swiss Open 2024, Didominasi Pemain Jepang

Banyak juara bertahan yang absen di Swiss Open 2024

Swiss Open 2024 sudah mulai dilaksanakan sejak kemarin, Selasa (19/3/2024). Turnamen ini merupakan turnamen kategori World Tour keempat yang dihelat pada Maret 2024 setelah French Open 2024, Orleans Masters 2024, dan All England 2024 yang baru berakhir beberapa waktu lalu.

Swiss Open edisi sebelumnya berakhir dengan berhasilnya Jepang menjadi juara umum setelah dua wakilnya berakhir sebagai juara. Sementara itu, tiga gelar juara lainnya diraih wakil Thailand, India, dan China. Siapa saja pemain yang berhasil memenangkan Swiss Open 2023? Berikut daftar lengkapnya.

1. Koki Watanabe (Jepang) juara bertahan sektor tunggal putra

Daftar Juara Bertahan Swiss Open 2024, Didominasi Pemain JepangKoki Watanabe (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Koki Watanabe adalah pemegang gelar juara bertahan Swiss Open sektor tunggal putra. Pemain Jepang ini berhasil merengkuh gelar juara Swiss Open 2023 meski tak termasuk pemain unggulan. Dalam perjalanannya meraih gelar juara, beberapa pemain unggulan berhasil ia singkirkan. Salah satunya adalah unggulan ketiga asal Taiwan, Chou Tien Chen, yang ia kalahkan pada partai final. Ia menang setelah bertarung tiga set dalam waktu 74 menit dengan skor 22-20, 18-21, dan 21-12.

Baca Juga: Jadwal 12 Wakil Indonesia di Swiss Open 2024 Hari Ini

2. Pornpawee Chochuwong (Thailand) pemegang gelar juara bertahan sektor tunggal putri

Daftar Juara Bertahan Swiss Open 2024, Didominasi Pemain Jepangselebrasi pemain Thailand setelah mengalahkan Indonesia di Sudirman Cup 2023 (bwfsudirmancup.bwfbadminton.com)

Juara bertahan Swiss Open dari sektor tunggal putri adalah Pornpawee Chochuwong dari Thailand. Meski saat itu hanya diunggulkan di posisi keenam, Chochuwong tetap berhasil menaiki podium tertinggi. Sektor tunggal putri ia kuasai usai memenangi laga final menghadapi Mia Blichfeldt dari Denmark. Ia menang cukup mudah dalam laga dua set yang berlangsung selama 48 menit dengan skor 21-16 dan 21-18.

3. Gelar juara bertahan sektor ganda putra disandang Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India)

Daftar Juara Bertahan Swiss Open 2024, Didominasi Pemain JepangSatwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Beralih ke sektor ganda putra, gelar juara bertahan Swiss Open disandang wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Meski saat itu mereka diunggulkan di posisi kedua, perjuangan mereka merebut gelar juara tidaklah mudah. Mereka banyak melalui laga tiga set yang sulit hingga nyaris tumbang pada babak kedua. Beruntung mereka terus bertahan hingga berhasil memenangi gelar juara. Pada partai final, mereka menundukkan ganda putra China, Ren Xiang Yu/Tan Qiang, dua set langsung dengan skor 21-19 dan 24-22 dalam waktu 54 menit.

4. Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto (Jepang) penyandang gelar juara bertahan sektor ganda putri

Daftar Juara Bertahan Swiss Open 2024, Didominasi Pemain JepangRena Miyaura/Ayako Sakuramoto (bwfbadminton.com)

Di sektor ganda putri, penyandang gelar juara bertahan Swiss Open berasal dari Jepang, yakni Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto. Mereka termasuk pemain nonunggulan saat berlaga di Swiss Open 2023. Pada laga final, mereka memastikan gelar juara tanpa mengeluarkan keringat. Hal ini disebabkan lawan mereka pada partai final yang merupakan rekan senegara mereka sendiri, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, memutuskan mundur karena cedera bahu kanan yang menimpa Fukushima. 

5. Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China) juara bertahan sektor ganda campuran

Daftar Juara Bertahan Swiss Open 2024, Didominasi Pemain JepangJiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com)

Dari sektor ganda campuran, juara bertahan Swiss Open adalah Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin dari China. Mereka juga menjadi kampiun Swiss Open 2023 ketika menyandang status sebagai nonunggulan selain Koki Watanabe dan Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto. Gelar juara mereka pastikan saat itu setelah memenangkan duel final kontra Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie dari Malaysia yang diunggulkan di posisi keenam. Mereka memenangi laga tersebut dalam tiga set dengan skor 21-17, 19-21, dan 21-17 dalam waktu tepat 1 jam.

Sayangnya, banyak dari juara bertahan di atas memutuskan absen di Swiss Open 2024. Hanya ada dua juara bertahan yang kembali berpartisipasi di Swiss Open 2024. Mereka adalah juara bertahan dari sektor tunggal putra, Koki Watanabe, dan sektor tunggal putri, Pornpawee Chochuwong. Selain berstatus sebagai juara bertahan, keduanya juga sama-sama diunggulkan di posisi kedelapan.

Baca Juga: 9 Update Peringkat Tunggal Putra Dunia setelah All England 2024

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

write, wrote, written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya