Road to Final Choi Sol Gyu/Kim Won Ho di Asian Games 2022, Kuda Hitam!

Jadi satu-satunya pemain nonunggulan di laga puncak

Ganda putra Korea Selatan, Choi Sol Gyu/Kim Won Ho, memastikan diri menjadi satu-satunya pemain nonunggulan yang berhasil menembus laga puncak cabang olahraga bulu tangkis individu Asian Games 2022. Choi/Kim melangkah ke babak final usai mengalahkan wakil Taiwan pada babak semifinal yang berlangsung, Jumat (6/10/2023), di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China.

Final ini merupakan final kedua Choi/Kim pada 2023 setelah sebelumnya mereka berhasil menangi laga final German Open 2023. Bermain memukau sejak babak pertama, simak perjuangan road to final Choi Sol Gyu/Kim Won Ho di Asian Games 2022 lewat ulasan berikut!

1. Taklukkan pemain Singapura pada babak pertama

Road to Final Choi Sol Gyu/Kim Won Ho di Asian Games 2022, Kuda Hitam!Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (instagram.com/official_bka)

Cho/Kim berhadapan dengan wakil Singapura, Jun Liang Andy Kwek/Loh Kean Hean, pada babak pertama. Laga perdana mereka di Asian Games 2022 ini merupakan pertemuan pertama bagi Choi/Kim dan Jun/Loh. Praktis, rekor pertemuan kedua pasangan ini masih 0-0.

Pada laga ini, Choi/Kim mampu mengalahkan Jun/Loh lewat pertandingan yang cukup mudah. Mereka berhasil menaklukkan andalan Singapura tersebut untuk melenggang ke babak selanjutnya. Jun/Loh tumbang dalam dua gim langsung dengan skor 14-21 dan 16-21.

Baca Juga: 5 Gelar Juara Rankireddy/Shetty pada 2023, Terbaru Asian Games!

2. Menangi rubber game sengit dari unggulan ketiga tuan rumah

Road to Final Choi Sol Gyu/Kim Won Ho di Asian Games 2022, Kuda Hitam!Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (instagram.com/official_bka)

Ganda putra selanjutnya yang dihadapi Choi/Kim adalah wakil tuan rumah. Liang Wei Keng/Wang Chang yang merupakan unggulan ketiga adalah lawan Choi/Kim pada babak kedua Asian Games 2022. Ini merupakan pertemuan keempat bagi kedua pasangan. Dalam tiga pertemuan sebelumnya, Liang/Wang selalu berhasil mengalahkan Choi/Kim.

Pada babak 16 besar Asian Games 2022, Choi/Kim mampu membalikkan keadaan. Dalam waktu pertandingan lebih dari 1 jam, Choi/Kim menyingkirkan ganda putra tuan rumah tersebut. Liang/Wang menelan kekalahan atas Choi/Kim dengan skor akhir 10-21, 21-18, dan 21-23. Dengan hasil ini, head-to-head mereka menjadi 3-1.

3. Melaju mulus di babak perempat final

Road to Final Choi Sol Gyu/Kim Won Ho di Asian Games 2022, Kuda Hitam!Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (instagram.com/official_bka)

Setelah melewati laga ketat di babak sebelumnya, pada babak ini Choi/Kim tidak terlalu menemukan kesulitan berarti. Kala itu mereka berkesempatan untuk bertemu wakil dari Hong Kong, Law Cheuk Him/Yeung Shing Choi. Tanpa banyak hambatan, Choi/Kim melaju ke semifinal lewat pertandingan dua set langsung.

Mereka menumbangkan Law/Yeung dengan skor 21-7 dan 21-11. Durasi permainan antara kedua ganda putra tersebut hanya 29 menit. Mereka juga membuat rekor pertemuan dengan wakil Hong Kong tersebut menjadi 1-0 untuk keunggulan sang pasangan Korea Selatan.

4. Pulangkan wakil Taiwan di semifinal

Road to Final Choi Sol Gyu/Kim Won Ho di Asian Games 2022, Kuda Hitam!Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (instagram.com/official_bka)

Pertarungan cukup mudah kembali terjadi pada babak semifinal Asian Games 2022. Choi/Kim berhadapan dengan ganda putra andalan Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin. Laga ini merupakan pertemuan pertama bagi Choi/Kim dan Lee/Wang.

Bermain menekan sejak awal gim dimulai, Choi/Kim akhirnya mengunci kemenangan lewat pertandingan straight game. Duel antara keduanya berlangsung selama 34 menit. Choi/Kim melaju ke partai final usai menang dengan skor 21-12 dan 21-10.

5. Tantang unggulan kedua di laga pamungkas

Road to Final Choi Sol Gyu/Kim Won Ho di Asian Games 2022, Kuda Hitam!Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (instagram.com/bwf.official)

Pada partai puncak, Choi/Kim berhadapan dengan pemain unggulan. Mereka bersua lawan yang cukup sulit, yaitu Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Ganda putra andalan India ini menempati unggulan kedua pada Asian Games 2022.

Laga final ini menjadi pertemuan ketiga bagi Choi/Kim dan Rankireddy/Shetty. Rekor pertemuan keduanya adalah 2-0 untuk keunggulan pasangan India tersebut. Sayangnya, pada final Asian Games 2022, Choi/Kim harus kembali takluk di tangan Rankireddy/Shetty. Mereka menelan kekalahan dengan skor 18-21 dan 16-21. Hasil ini juga memperpanjang rekor kekalahan Choi/Kim menjadi 0-3 atas Rankireddy/Shetty.

Hasil akhir sektor ganda putra di Asian Games 2022 adalah medali emas untuk Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India), perak untuk Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Korea Selatan). Kemudian, dua medali perunggu berhak dibawa pulang oleh Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dan Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan).

Baca Juga: Noda Bulu Tangkis Indonesia di Asian Games, PBSI Harus Sadar Diri

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya