Flandy Limpele Bikin Rehan/Lisa Keok di Hylo Open 2023

Permainan terbaca lawan

Jakarta, IDN Times - Rehan Naufal Kusharjanto angkat bicara soal kekalahannya dan Lisa Ayu Kusumawati di final Hylo Open 2023 pekan lalu. Menurut Rehan, faktor keberadaan pelatih asal Indonesia, Flandy Limpele, yang menjadi pelatih pasangan Hong Kong ikut memberi andil.

Sempat memimpin di game pertama, Rehan/Lisa malah kedodoran pada periode selanjutnya. Game kedua, mereka malah kalah dengan skor 15-21. Sial, pada game pamungkas, mereka kembali keok dengan skor 14-21.

1. Permainan bisa dibaca lawan karena faktor pelatih

Flandy Limpele Bikin Rehan/Lisa Keok di Hylo Open 2023Flandy Limpele dampingi skuad garuda muda di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) Bulu Tangkis 2022 (dok. PP PBSI)

Keberadaan Flandy sebagai pelatih Tang/Tse saat ini dianggap Rehan punya andil pada kekalahan di final. Rehan mengakui permainannya terbaca dengan mudah.

Maklum, Rehan/Lisa sempat dilatih oleh Flandy saat masih menjadi pelatih di Pelatnas PBSI sebelum memutuskan hengkang pada akhir Februari 2023 lalu. Jadi, bisa dibilang, Flandy bisa menguliti dengan mudah karakter Rehan/Lisa.

"Bisa jadi (karena pelatih). Itu pasti jadi faktor. Walaupun kak Flandy melatih saya cuma sebentar, tapi kan dia di sini (PBSI) juga mengamati semua, kelemahannya apa," kata Rehan ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung pada Rabu (8/11/2023).

Baca Juga: Cedera Apriyani di Final Hylo Open 2023 Bukan Kambuhan

2. Tak mudah bagi Rehan/Lisa mencapai final

Flandy Limpele Bikin Rehan/Lisa Keok di Hylo Open 2023Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 (dok. PP PBSI)

Runner-up Hylo Open 2023 bermakna besar bagi Rehan/Lisa. Maklum, dari 13 turnamen terakhir yang diikuti, capaian di Hylo Open jadi yang terbaik setelah mereka menembus perempat final French Open pekan sebelumnya.

Sejak Malaysia Masters pada Mei 2023 lalu, Rehan/Lisa selalu tumbang di putaran pertama atau putaran kedua di 11 turnamen yang diikutinya.

"Sebagai ajang pembuktian juga untuk saya sama Lisa, bahwa kami bisa. Asal kami mau, pasti bisa," ujar Rehan.

3. Head to head Rehan/Lisa lawan Tang/Tse

Flandy Limpele Bikin Rehan/Lisa Keok di Hylo Open 2023Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 (dok. PP PBSI)

Melansir laman resmi BWF, Rehan/Lisa sudah lima kali bersua dengan Tang/Tse. Namun, belum sekali pun Rehan/Lisa berhasil memetik kemenangan.

Seluruh pertemuan Rehan/Lisa dengan Tang/Tse berlangsung sepanjang 2023. Selain di Hylo Open, Rehan/Lisa selalu bersua dengan Tang/Tse di babak pertama atau kedua turnamen.

Sebelumnya, Rehan/Lisa dan Tang/Tse bersua di babak 16 besar Hong Kong Open 2023. Saat itu, Tang/Tse menang 20-22, 21-14, 21-10.

Baca Juga: Tumbang dari Wakil Hong Kong, Rehan/Lisa Runner-Up Hylo Open 2023

Baca Juga: Catatan Merah Rehan/Lisa di 6 Turnamen Terakhir

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya