Profil Saptoyogo Purnomo, Peraih Emas Pertama di APG 2022

Andalan Indonesia di para-atletik

Jakarta, IDN Times - Saptoyogo Purnomo menjadi salah satu atlet yang membuktikan keterbatasan fisik tak jadi penghalang untuk meraih prestasi. Tampil di Asian Para Games 2022 Hangzhou, Saptoyogo menjadi penyumbang emas pertama untuk Merah-Putih.

Ini bukan prestasi pertama Saptoyogo untuk Merah-Putih. Andalan para-atletik Indonesia ini bahkan sudah menyumbang medali dari panggung Paralimpiade untuk Tanah Air.

1. Jadikan kekurangan sebagai kekuatan, Saptoyogo penuh prestasi

Profil Saptoyogo Purnomo, Peraih Emas Pertama di APG 2022Atlet para-atletik Indonesia, Saptoyogo Purnomo di nomor 400 meter T47 putra dalam ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok.NPC Indonesia)

Melansir dari ANTARA, Saptoyogo pertama kali berlatih sprint ketika usianya 16 tahun. Tekun berlatih, Saptoyogo memastikan diri menjadi bagian dari pelatnas Indonesia.

Keterbatasan yang dimilikinya mampu dijadikannya sebagai kekuatannya. Deretan prestasi diraihnya mulai dari ajang nasional hingga internasional.

Salah satu prestasi paling membanggakan Saptoyogo adalah saat dia meraih lime emas di ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2016 lalu di Bandung. Kala itu, Saptoyogo mengunci lima emas dari lima nomor yang diikutinya yakni lari 100 meter, lari 200 meter, lari estafet 4x100 meter, lari estafet 4x400 meter, dan lompat jauh.

2. Sempat jadi bahan olokan

Profil Saptoyogo Purnomo, Peraih Emas Pertama di APG 2022Atlet para-atletik Indonesia, Saptoyogo Purnomo di Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok. NPC Indonesia)

Saptoyogo merupakan salah satu atlet para-atletik Indonesia yang mengidap cerebral palsy yang mengganggu gerakan, otot, atau pun postur tubuhnya. Kondisi ini membuat tangan dan kaki kanan Saptoyogo menjadi lemah dan tak luwes bergerak.

Sempat diolok-olok kawan sebayanya ketika masih kecil, Saptoyogo pernah kecil hati. Namun, Saptoyogo memilih bangkit dari cibiran teman-temannya dan menolak diremehkan.

3. Sudah sumbang medali dari Paralimpiade

Profil Saptoyogo Purnomo, Peraih Emas Pertama di APG 2022Atlet para-atletik Indonesia, Saptoyogo Purnomo di nomor 400 meter T47 putra dalam ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok.NPC Indonesia)

Saptoyogo terus mewakili Merah-Putih di sederet ajang multi-event lainnya. Mulai dari ASEAN Para Games 2017, Asian Youth Para Games 2017, hingga Asian Para Games 2018 lalu. Kala itu, Saptoyogo menyabet dua emas dari nomor 100 meter T37 putra dan 200 meter T37 putra.

Saptoyogo sudah mewakili Indonesia di panggung olahraga terakbar dunia, Paralimpiade. Turun di edisi Tokyo 2020 pada musim panas 2021 lalu, Saptoyogo pulang dengan medali perunggu dari nomor andalannya, 100 meter T37 putra.

Baca Juga: Indonesia Raih Emas Pertama di Asian Para Games 2022!

Baca Juga: Para Atletik Incar 4 Emas di Asian Para Games 2022 Hangzhou

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya