Rankireddy/Shetty Gusur Fajar/Rian dari Posisi Ranking Satu Dunia

Rankireddy/Shetty jadi raja ganda putra dunia

Jakarta, IDN Times - Indonesia kini tak lagi mempunyai pemain ranking satu dunia di cabang olahraga bulu tangkis. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang semula menempati puncak klasemen ganda putra dunia tergusur pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Performa Rankireddy/Shetty memang terbilang sedang menanjak sepanjang musim 2023. Sementara, Fajar/Rian malah kewalahan mempertahankan performa baik setelah memenangkan All England 2023 lalu.

Baca Juga: Fajar/Rian Minta Maaf Pulang Tanpa Medali dari Asian Games 2022

1. Rankireddy/Shetty gusur dua pasangan sekaligus

Rankireddy/Shetty Gusur Fajar/Rian dari Posisi Ranking Satu DuniaSatwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (sumber: https://bwfworldtour.bwfbadminton.com/)

Usai memenangkan medali emas untuk India di Asian Games 2022 Hangzhou pekan lalu, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty tancap gas menuju puncak klasemen ganda putra dunia.

Tak hanya satu, Rankireddy/Shetty menggusur dua pasangan sekaligus. Dari peringkat ketiga, Rankireddy/Shetty kini menjadi nomor satu dunia menggeser pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan pasangan China, Liang Wei Keng/Wang Chang.

Rankireddy/Shetty nyaman di peringkat pertama dengan total poin 92.411 pekan ini.

Baca Juga: Rankireddy/Shetty: Juara di Indonesia Adalah Mimpi Kami

2. Performa Rankireddy/Shetty kian menanjak

Rankireddy/Shetty Gusur Fajar/Rian dari Posisi Ranking Satu DuniaSatwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (instagram.com/chiragshetty)

Performa Rankireddy/Shetty kian menanjak. Dari empat final yang dijalani sepanjang 2023, tak sekali pun Rankireddy/Shetty gagal membawa pulang gelar juara.

Kemenangan dari Swiss Open 2023 menjadi gelar juara pertama Rankireddy/Shetty musim 2023. Performa mereka sempat tak stabil dan gugur di babak-babak awal.

Rankireddy/Shetty mengunci gelar Super 1000 pertama mereka di Indonesia Open 2023. Sebulan setelahnya, Rankireddy/Shetty kembali keluar sebagai juara di Korea Open 2023.

Rankireddy/Shetty sempat terhenti di perempat final Japan Open 2023 dan Kejuaraan Dunia 2023. Keduanya pun terhenti di babak awal saat melakoni China Open 2023.

Sebulan berselang, Rankireddy/Shetty kembali lebih kuat di China dengan memenangkan medali emas di nomor perorangan ganda putra Asian Games 2022 Hangzhou. Ini menjadi emas pertama untuk India di cabang olahraga bulu tangkis Asian Games.

Baca Juga: Evaluasi Bulu Tangkis Indonesia di Asian Games, Pengurus PBSI ke Mana?

3. Indonesia tak punya nomor satu dunia

Rankireddy/Shetty Gusur Fajar/Rian dari Posisi Ranking Satu DuniaFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di China Open 2023 (dok. PP PBSI)

Kali ini, ranking tertinggi wakil Merah Putih adalah nomor dua dunia yang diraih tunggal putra dan ganda putra.

Anthony Sinisuka Ginting masih berada di ranking dua dunia tunggal putra. Juara Kejuaraan Asia 2023 ini mengumpulkan total 86.611 poin dan berada satu peringkat di bawah raja tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen yang mengunci total 107.455 poin.

Sementara, Fajar/Rian yang tergusur ke peringkat kedua ganda putra dunia mengunci 90.129 poin. Selisih tipis dengan wakil China, Liang Wei Keing/Wang Chang yang mengoleksi total 89.991 poin.

Baca Juga: 5 Gelar Juara Rankireddy/Shetty pada 2023, Terbaru Asian Games!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya