Tembus World Tour Finals, Fajar/Rian Masih Menanti Kawan

Bagas/Fikri dan Leo/Daniel masih saling sikut

Jakarta, IDN Times - Indonesia baru punya satu wakil yang dinyatakan lolos berlaga di BWF World Tour Finals 2023 pada Desember mendatang di Hangzhou, China. Wakil Indonesia tersebut adalah ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Fajar/Rian kini menunggu rekan senegaranya untuk berlaga di BWF World Tour Finals 2023. Ada dua pasangan muda lainnya yang potensial menyusul lolos kualifikasi yakni, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

1. Wakil Indonesia pertama yang lolos kualifikasi

Tembus World Tour Finals, Fajar/Rian Masih Menanti KawanFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di babak 32 besar French Open 2023 (dok. PP PBSI)

Hingga pekan ini, Fajar/Rian jadi satu-satunya wakil Indonesia yang sudah berhasil mengunci tempat lolos kualifikasi World Tour Finals 2023.

Saat ini, keduanya masih menduduki posisi pertama klasemen road to world tour finals dengan catatan 90.740 poin. Poin tersebut diraih Fajar/Rian dari kurang lebih 14 turnamen yang sudah dilakoni musim ini.

Tahun lalu, Fajar/Rian juga lolos kualifikasi, tetapi terhenti di babak semifinal melawan pasangan China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi.

Baca Juga: 5 Pebulu Tangkis yang Puncaki Peringkat Race to World Tour Finals 2023

2. Baru ada dua wakil ganda putra yang lolos kualifikasi

Tembus World Tour Finals, Fajar/Rian Masih Menanti KawanKang Min Hyuk/Seo Seung Jae (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Hingga saat ini, tercatat baru ada dua wakil ganda putra dunia yang lolos kualifikasi untuk berlaga di BWF World Tour Finals 2023.

Selain Fajar/Rian, pasangan asal Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, juga mengunci tiket kualifikasi.

Satu slot diamankan Kang/Seo setelah memastikan diri menjadi juara dunia 2023. Ya, setiap pemain yang berstatus juara dunia akan secara otomatis lolos ke ajang World Tour Finals.

3. Menanti rekan ke World Tour Finals

Tembus World Tour Finals, Fajar/Rian Masih Menanti KawanBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di French Open 2023 (dok. PP PBSI)

Fajar/Rian kini tinggal menunggu rekan senegara untuk berlaga di World Tour Finals 2023. Tiap negara memang diperkenankan mengirimkan dua wakil tiap sektornya.

Pasangan muda Bagas Maulana/Muhammad Shihibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin saling sikut untuk mendapat slot itu. Keduanya menduduki posisi ketujuh dan kedelapan dalam klasemen dari 14 turnamen yang sudah diikuti.

Menyusul di posisi kesembilan, pasangan senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga masih berlomba mengamankan tempat di turnamen tutup tahun ini.

Baca Juga: Ranking Fajar/Rian Merosot, Ini Kata PBSI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya