Menilik Kekuatan 3 Negara Pecahan Yugoslavia di FIBA World Cup 2023

Yugoslavia adalah jagoan bola basket masa lalu

Yugoslavia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam berbagai bidang. Akan tetapi, hal itu telah terjadi pada masa lalu. Pasalnya, negara Yugoslavia telah menjadi kenangan dan telah terpecah menjadi tujuh negara. Serbia, Montenegro, Makedonia Utara, Kroasia, Slovenia, Bosnia & Herzegovina, dan Kosovo merupakan deretan negara yang dulunya menjadi bagian dari Yugoslavia.

Dalam urusan bola basket, Yugoslavia pun cukup unggul. Dari 32 tim yang lolos ke putaran final FIBA World Cup 2023, 3 di antaranya merupakan negara pecahan Yugoslavia. Mereka terbukti hebat sehingga bisa lolos ke Piala Dunia bola basket ini. Untuk melihat peta kekuatan dari tiga negara tersebut di FIBA World Cup 2023, yuk simak ulasan berikut ini! 

1. Slovenia akan mengandalkan kekuatan Luka Doncic

Menilik Kekuatan 3 Negara Pecahan Yugoslavia di FIBA World Cup 2023Timnas Basket Slovenia (fiba.basketball)

Kehadiran Luka Doncic di skuad Slovenia membuat tim ini dianggap sebagai unggulan. Doncic yang terbiasa memimpin di Dallas Mavericks dinilai bisa melakukan hal yang sama bersama negaranya. Kendati demikian, Doncic tetap seorang pemain yang membutuhkan bantuan.

Oleh karena itu, Jaka Blazic, Zoran Dragic, dan Mike Tobey telah siap membantunya. Mereka akan berjuang bersama untuk melewati grup F yang dihuni Georgia, Cape Verde, dan Venezuela. Setelah itu, mereka baru bisa lolos ke playoff dan kembali berjuang untuk berhadapan dengan lawan yang lebih berat.

Sebetulnya, Slovenia bisa dihuni oleh beberapa pemain lain yang berkualitas. Sayangnya, Vlatko Cancar harus absen karena mengalami cedera menjelang FIBA World Cup 2023. Sementara itu, Goran Dragic memilih untuk beristirahat sembari mendukung para rekan setimnya dari sisi penonton.

2. Nikola Vucevic siap memimpin Montenegro

Menilik Kekuatan 3 Negara Pecahan Yugoslavia di FIBA World Cup 2023Nikola Vucevic saat berseragam Timnas Montenegro. (fiba.basketball)

Nikola Vucevic tampaknya telah siap untuk memimpin Timnas Montenegro di FIBA World Cup 2023. Center yang bermain untuk Chicago Bulls ini akan disokong oleh sejumlah pemain terbaik dari Montenegro, seperti Bojan Dubljevic, Kendrick Perry, dan Nikola Ivanovic. Namun, jika melihat dari materi pemain dan saingan yang ada, Montenegro sebetulnya tak terlalu diunggulkan.

Tim yang minim pemain bintang.dan minim prestasi di kancah internasional menjadi alasannya. Bahkan, pada FIBA World Cup 2019 lalu, Montenegro hanya menduduki posisi ke-25 dari 32 peserta. Itu merupakan satu-satunya keikut sertaan mereka di FIBA World Cup sebelumnya.

Jika dilihat dari sudut pandang lain, status tim kuda hitam yang disandang Montenegro sebetulnya cukup menguntungkan. Pasalnya, ekspektasi publik membuat Montenegro bisa bermain lebih lepas tanpa beban. Montenegro sendiri tergabung di grup D bersama Lithuania, Meksiko, dan Mesir.

3. Kualitas pemain yang merata menjadi senjata Serbia

Menilik Kekuatan 3 Negara Pecahan Yugoslavia di FIBA World Cup 2023Timnas bola basket Serbia. (fiba.basketball)

Sebagai pusat pemerintahan Yugoslavia pada masa lalu, Serbia memiliki berbagai macam sumber daya manusia yang hebat. Di dunia bola basket, Serbia pun cukup unggul dan memiliki berbagai macam prestasi. Sayangnya, mereka tak pernah menjadi juara di ajang FIBA World Cup. Prestasi terbaiknya adalah menjadi runner-up pada FIBA World Cup 2014.

Untuk gelaran tahun ini, Svetislav Pesic telah memilih 12 nama terbaik dengan kualitas yang relatif merata. Sayangnya, mereka tak akan diperkuat oleh beberapa pemain bintang. Sebut saja, Nikola Jokic, Nikola Kalinic, Nemanja Bjelica, Boban Marjanovic, dan Vasilije Micic.

Kendati demikian, Bogdan Bogdanovic, Nikola Milutinov, serta Stefan Jovic telah siap memimpin tim ini. Serbia sendiri tergabung di grup B bersama Sudan Selatan, Cina, dan Puerto Rico. Serbia menjadi salah satu tim unggulan juara yang patut diwaspadai tim lawan.

Tiga negara pecahan Yugoslavia ini tercatat memiliki materi pemain yang hebat. Bahkan, mereka akan sulit dikalahkan jika berada dalam satu tim. Namun, kini mereka telah berpisah dan menjadi negara merdeka masing-masing.

Baca Juga: 5 Pebasket Serbia di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Bermain di NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya