3 Pemain Rep Dominika di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBA

Karl-Anthony Towns jadi pemimpin tim

Republik Dominika berhasil lolos ke putaran final FIBA World Cup 2023 melalui proses yang menegangkan. Mereka harus melawan Argentina yang dikenal sebagai tim dengan prestasi paling mentereng di cabang bola basket Amerika Latin. Namun, melalui perjuangan keras, Republik Dominika akhirnya lolos ke FIBA World Cup 2023 setelah menang dengan skor 79-75.

Pada FIBA World Cup 2023 nanti, Republik Dominika akan berada di Grup A. Mereka satu grup dengan Angola, Italia, dan Filipina yang berstatus sebagai tuan rumah. Untuk lolos ke babak playoff, Republik Dominika tentu perlu mengusahakan untuk mendatangkan pemain terbaik.

Dari 12 pemain yang telah dipilih pelatih Nestor Garcia, 3 di antaranya merupakan pemain hebat yang pernah memiliki pengalaman bermain di NBA. Bahkan, salah satu dari mereka berstatus sebagai pemain bintang. Lantas, siapa sajakah pemain Rep Dominika di FIBA World Cup 2023 yang pernah main di NBA?

1. Lester Quinones memilih membela Republik Dominika ketimbang tiga negara lain

3 Pemain Rep Dominika di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBALester Quinones (nba.com)

Lester Quinones merupakan pemain basket yang lahir di New York, Amerika Serikat. Namun, keluarganya tak berasal dari Amerika Serikat. Ia memiliki keturunan dari tiga negara berbeda, yakni El Salvador, Puerto Rico, dan Republik Dominika. Dari ketiga negara tersebut, Quinones lebih memilih untuk membela Republik Dominika.

Pemain berposisi shooting guard ini tercatat sebagai bagian dari Golden State Warriors di NBA. Pada 2022/2023 lalu, Quinones hanya mencatat empat pertandingan untuk tim asal San Fransisco tersebut. Pasalnya, ia lebih sering bermain di G League untuk membela Santa Cruz Warriors.

Baca Juga: 10 Fakta Karl-Anthony Towns, Pemenang NBA Three Point Contest 2022

2. Angel Delgado hanya mencatat dua pertandingan bersama Los Angeles Clippers di NBA

3 Pemain Rep Dominika di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBAAngel Delgado (nba.com)

Angel Delgado memiliki karier yang sangat buruk kala berlaga di NBA. Pasalnya, Delgado hanya mencatatkan 2 pertandingan dengan rata-rata 7,5 menit bermain selama berseragam Los Angeles Clippers pada 2018/2019. Dari 2 pertandingan yang ia jalani, Delgado mencatat rata-rata 1,5 poin dan 2 rebound per laga sebagai seorang center.

Saat ini, Delgado bermain bersama Besiktas di Liga Turki. Penampilannya yang mencuri perhatian membuat Nestor Garcia membawanya ke FIBA World Cup 2023. Ia diprediksi akan menjadi power forward yang menemani Karl-Anthony Towns di sekitar rim. Namun, bukan tak mungkin Delgado hanya akan menjadi pemain cadangan untuk Karl-Anthony Towns di posisi center.

3. Karl-Anthony Towns kembali membela Republik Dominika sejak terakhir kali bermain pada 2012

3 Pemain Rep Dominika di FIBA World Cup 2023 yang Pernah Main di NBAKarl Anthony-Towns (nba.com)

Karl-Anthony Towns telah menunjukkan bakatnya sebagai seorang pemain basket hebat sejak muda. Tak heran jika pemain yang berposisi sebagai center ini telah debut bersama tim senior pada usia 16 tahun pada 2012. Namun, sejak itu, Towns sering absen membela negaranya.

Setelah sekian lama, ia pun kembali ke Republik Dominika untuk FIBA World Cup 2023. Kehadiran bintang Minnesota Timberwolves ini merupakan bantuan besar untuk negaranya. Towns merupakan seorang center hebat yang jago dalam mencetak poin dari berbagai situasi, termasuk tembakan tiga angka. Ia sendiri menjadi juara Three Point Contest pada 2022.

Republik Dominika sebetulnya memiliki dua pemain lain yang saat ini berlaga di NBA. Mereka adalah Al Horford yang kini berseragam Boston Celtics dan Chris Duarte yang baru bergabung dengan Sacramento Kings. Hanya saja, keduanya tak membela Republik Dominika di FIBA World Cup 2023.

Baca Juga: 5 Draft Pick Tertinggi Timnas AS di FIBA World Cup 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya