Ausar dan Amen Thompson, Rookie Kembar Terbaru di NBA

Lebih spesial dari para pendahulunya

NBA Draft 2023 telah dilaksanakan pada Juni lalu. Tiga puluh tim yang mengikuti NBA Draft memilih pemain yang mereka inginkan. Namun, ada hal unik yang terjadi pada tahun ini, yaitu adanya Amen dan Ausar Thompson yang merupakan saudara kembar.

Amen dan Ausar Thompson bukan saudara kembar pertama yang berhasil masuk NBA. Sudah ada beberapa saudara kembar yang berhasil bermain di sana. Setidaknya ada lebih dari lima saudara kembar yang sudah bermain di NBA sebelum mereka.

Nah, apa yang membuat Amen dan Ausar Thompson spesial? Apa saja yang membedakan keduanya dari pendahulu mereka?

1. Saudara kembar pertama yang berhasil masuk lima besar dalam sejarah NBA Draft

Ausar dan Amen Thompson, Rookie Kembar Terbaru di NBAAusar Thompson dan Amen Thompson (instagram.com/amen.thompson)

Amen dan Ausar Thompson berhasil mengukir sejarah dengan menjadi saudara kembar pertama yang berhasil masuk urutan lima besar NBA Draft. Keduanya berhasil menempati posisi 4 dan 5 dalam NBA Draft 2023. Amen Thompson yang menempati posisi ke-4 akan membela tim Houston Rockets. Ausar Thompson yang menempati posisi ke-5 akan memperkuat Detroit Pistons.

Saudara kembar pendahulu mereka, seperti Brook dan Robin Lopez, Marcus dan Markieff Morris, serta Caleb dan Cody Martin, tidak berhasil menempati posisi lima besar NBA Draft. Pada NBA Draft 2008, Robin Lopez menempati posisi 15, sementara Brook lopez berhasil menempati posisi 10. Marcus dan Markieff Moris menempati posisi draft yang berurutan, yaitu 14 dan 13, pada NBA Draft 2011. Cody Martin sendiri menempati posisi 36 pada NBA Draft 2019, sedangkan Caleb Martin berstatus undrafted.

2. Bermain bersama di liga bola basket Overtime Elite sebelum bergabung ke NBA

Ausar dan Amen Thompson, Rookie Kembar Terbaru di NBAAmen Thompson dan Ausar Thompson (instagram.com/cityreapers)

Sebelum mamasuki NBA, Amen dan Ausar Thompson sempat bermain selama 2 musim di liga bola basket Overtime Elite. Mereka bermain memperkuat City Reapers. Pada musim kedua, tepatnya pada 2022/2023, keduanya berhasil membawa City Reapers menjadi juara.

Kiprah mereka di Overtime Elite dapat dibilang sukses. Selain berhasil membawa City Reapers menjadi juara pada 2022/2023, Ausar Thompson juga terpilih sebagai MVP Final. Ausar berhasil mencatatkan rata-rata 21,0 poin, 5.2 rebound, dan 4,8 assist per pertandingan pada babak playoff. Pada 2021/2022, Ausar berhasil mendapatkan gelar MVP musim reguler. Dirinya juga berhasil menjadi MVP pada laga final pertamanya di Overtime Elite.

Sementara itu, Amen Thompson membantu City Reapers mendapatkan gelar juara dengan berhasil mencatatkan 17,2 poin, 9,2 assist, dan 7,2 rebound per pertandingan di playoff. Sementara, pada musim reguler 2022/2023, Amen berhasil mencatatkan 16,4 poin, 5,9 assist, dan 5,9 rebound dengan rata-rata waktu bermain selama 27,5 menit per pertandingan. Amen juga sempat dinobatkan sebagai OTE Player of the Week sebanyak satu kali pada musim reguler lalu.

3. Tidak pernah berpisah lebih dari 2 hari selama hidup mereka

Ausar dan Amen Thompson, Rookie Kembar Terbaru di NBAAmen Thompson dan Ausar Thompson berpose di depan kamera saat mereka masih anak-anak. (instagram.com/amen.thompson)

Amen dan Ausar Thompson hanya pernah berpisah paling lama 2 hari. Hal tersebut terjadi sekali dalam hidup mereka. Dilansir The New York Times pada Juni 2023, Amen sempat berpisah dengan Ausar saat pergi ke Florida. Dalam 2 hari tersebut, Ausar yang tinggal di Atalanta menelepon Amen sebanyak 30 kali.

Amen dan Ausar Thompson memang hanya pernah sekali berpisah dalam hidup mereka. Namun, dengan masuknya ke NBA, mereka akan jadi lebih sering berpisah. Dengan perbedaan tim yang mereka bela dan jadwal pertandingan yang berbeda, waktu yang Amen dan Ausar bisa habiskan bersama makin terbatas.

Menarik menantikan perjalanan karier Amen dan Ausar Thompson di NBA 2023/2024. Akankah mereka bisa menunjukkan potensi secara maksimal? Bisakah mereka melampaui pencapaian saudara kembar yang sudah berada di NBA sebelumnya? Layak untuk kita nantikan bersama!

Baca Juga: Thompson Belum Sepakat dengan Warriors soal Kontrak Baru

Novendi Pamungkas Photo Writer Novendi Pamungkas

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya