5 Big Man NBA yang Akan Jadi Tumpuan Tim pada 2023/2024

Bakal jadi kebangkitan big man

NBA merupakan panggung bagi para pemain bola basket dari seluruh dunia. Tiga puluh tim yang berkompetisi di liga ini memiliki pemain bintang masing-masing. Para superstar NBA juga berasal dari berbagai posisi yang berbeda-beda.

Salah satu posisi dalam permainan bola basket yang diisi pemain bintang adalah big man. Pemain yang berposisi big man ini sering kali menjadi pencetak poin utama. Dari 30 tim yang bertanding di NBA, ada beberapa dari mereka yang mengandalkan big man untuk menjadi tumpuan utama.

1. Nikola Jokic, MVP Final 2023

5 Big Man NBA yang Akan Jadi Tumpuan Tim pada 2023/2024Nikola Jokic (instagram.com/nuggets)

Pemain yang berhasil meraih MVP musim reguler 2 musim berturut-turut pada 2021 dan 2022 ini masih menjadi andalan utama Denver Nuggets. Dengan performanya yang sedang berada di puncak, Nikola Jokic juga berhasil membawa Nuggets meraih gelar juara pada 2023 lalu. Dirinya bahkan berhasil menjadi MVP Final pada penampilan pertamanya di sana.

Big man yang memiliki tinggi 211 sentimeter ini berhasil mencatatkan rata-rata 24,5 poin, 11,8 rebound, dan 9,8 assist dalam 69 laga musim reguler. Berposisi sebagai center seakan tidak menghalanginya untuk menjadi pengatur serangan Denver Nuggets. Dengan catatan rata-rata 9,5 assist pada playoff musim lalu, ia membuktikan keberhasilannya sebagai playmaker pada laga-laga penting.

2. Giannis Antetokounmpo siap membalas kegagalan musim lalu

5 Big Man NBA yang Akan Jadi Tumpuan Tim pada 2023/2024Giannis Antetokounmpo (instagram.com/bucks)

Giannis Antetokounmpo merupakan pemain andalan Milwaukee Bucks. Pemain berjuluk Greek Freak ini menjadi alasan konsistensi Bucks sebagai tim yang berpotensi menjadi juara pada tiap musim. Dengan kemampuannya, Antetokounmpo berhasil membawa Bucks menjadi tim langganan playoff dalam beberapa musim ke belakang.

Berhasil masuk jajaran lima pemain yang mencetak rata-rata poin tertinggi pada musim lalu memperjelas dirinya sebagai pencetak poin utama Milwaukee Bucks. Pada musim reguler 2022/2023 lalu, Antetokounmpo berhasil mencatatkan rata-rata 31,1 poin dalam 63 pertandingan. Sayangnya, penampilan apik yang dia catatkan pada musim reguler tidak berhasil membawa Milwaukee Bucks melangkah lebih jauh.

Baca Juga: 3 Alasan Kombo Giannis Antetokounmpo dan Damian Lillard Akan Sukses

3. Joel Embiid siap membuktikan diri sebagai MVP

5 Big Man NBA yang Akan Jadi Tumpuan Tim pada 2023/2024Joel Embiid (instagram.com/sixers)

Selanjutnya, ada Joel Embiid, big man andalan Philadelphia 76ers yang meraih gelar MVP musim reguler 2022/2023 lalu. Pemain asal Kamerun ini telah menjadi tumpuan utama Sixers sejak 2014. Selain berhasil menjadi MVP pada musim lalu, Embiid juga menjadi pemain dengan rata-rata poin tertinggi pada musim reguler.

Dengan rata-rata 33,1 poin per pertandingan, tidak ada satu pun pemain yang berhasil melebihi rata-rata poin Embiid. Pada 2023/2024, Embiid akan tetap menjadi ujung tombak Philadelphia 76ers dalam hal mencetak poin. Dirinya juga akan dimanjakan dengan keberadaan playmaker andal Sixers, yaitu James Harden. Keberadaan Harden akan memudahkan Embiid untuk mengulang kesuksesan musim lalu.

4. Anthony Davis akan membuktikan dirinya masih layak jadi andalan Los Angeles Lakers

5 Big Man NBA yang Akan Jadi Tumpuan Tim pada 2023/2024Anthony Davis (instagram.com/lakers)

Los Angeles Lakers masih akan mengandalkan big man yang mereka miliki, yaitu Anthony Davis. Musim ini akan menjadi musim keempat The Brow menjadi pengisi posisi center Los Angeles Lakers. Davis juga akan bermain bersama LeBron James yang memutuskan untuk melanjutkan baktinya kepada Lakers.

Selain menjadi andalan dalam mencetak poin, Anthony Davis menjadi pemain yang ditugaskan sebagai rebounder utama Los Angeles Lakers. Dirinya berhasil mencatatkan rata-rata 12,5 rebound  pada musim reguler 2022/2023 lalu. Davis berhasil menempati posisi pertama dengan rata-rata rebound tertinggi. Selain itu, Davis berhasil mencatatkan rata-rata poin yang cukup tinggi, yaitu 25,9 poin per pertandingan.

5. Victor Wembanyama siap memenuhi ekspektasi tinggi

5 Big Man NBA yang Akan Jadi Tumpuan Tim pada 2023/2024Victor Wembanyama (instagram.com/spurs)

Selanjutnya, big man muda yang akan memasuki musim NBA pertamanya bersama San Antonio Spurs, yaitu Victor Wembanyama. Rookie yang menempati posisi pertama pada NBA Draft 2023 ini dipercaya menjadi andalan baru San Antonio Spurs. Pemain yang memiliki postur sangat tinggi dan kemampuan individu di atas rata-rata ini digadang-gadang akan membawa San Antonio Spurs kembali ke masa kejayaannya.

Victor Wembanyama memiliki tinggi badan 224 sentimeter. Hal ini menjadikannya big man tertinggi jika dibandingkan dengan keempat pemain yang sudah dibahas sebelumnya. Wembanyama juga memiliki kemampuan dribel dan menembak di atas rata-rata pemain yang berposisi sebagai center. Dengan kelebihan yang dia miliki, bukan hal yang mengejutkan jika dirinya akan mampu mendominasi musim reguler 2023/2024.

Akan sangat menarik menyaksikan persaingan antar-big man andalan dari kelima tim ini. Mampukah mereka menjawab tanggung jawab yang sudah diberikan? Menurutmu, siapakah yang akan lebih bersinar dan berhasil membawa tim yang mereka bela mendapatkan kesuksesan?

Baca Juga: 6 Draft Pick Pertama pada NBA Draft 2023, Victor Wembanyama Teratas!

Novendi Pamungkas Photo Writer Novendi Pamungkas

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya