Repsol Honda Tertarik Gaet Fermin Aldeguer, Rookie Baru MotoGP 2024?

Manajer dan manajemen Honda sedang bernegosiasi

Kabar mengejutkan mencuat dari garasi Repsol Honda. Tim berlogo sayap emas asal Hamamatsu, Jepang, ini melakukan pendekatan kepada Fermin Aldeguer yang membalap di kelas intermediate. Performa dan konsistensi Aldeguer di kelas Moto2 berhasil memikat tim Repsol Honda.

Hingga saat ini, hanya tim Repsol Honda yang belum mengumumkan tandem Joan Mir untuk MotoGP 2024. Mereka menjadi satu-satunya tim yang masih mencari opsi pembalap setelah ditinggal penggawa mereka, Marc Marquez, ke tim Gresini Racing.

1. Opsi pengisi kursi Repsol Honda

Repsol Honda Tertarik Gaet Fermin Aldeguer, Rookie Baru MotoGP 2024?Fermin Aldeguer (instagram.com/ferminaldeguer_54)

Beberapa nama pembalap sempat meramaikan isu pengganti Marc Marquez di Repsol Honda, seperti Johann Zarco, Miguel Oliveira, Maverick Vinales, Luca Marini, dan Fabio Di Giannantonio. Namun, nama Fabio Di Giannantonio menguat setelah beberapa pembalap lain mengambil keputusan. Hal ini diperkuat performa ciamik yang ditunjukkan pembalap asal Italia itu beberapa seri terakhir, di mana ia berhasil naik ke atas podium untuk pertama kali di kelas utama MotoGP.

Meski begitu, Repsol Honda masih belum memberikan kepastian terkait siapa pembalap yang akan mengisi kekosongan. Berdasarkan kabar terbaru, nama Fermin Aldeguer jadi opsi tambahan selain Diggia. Mereka pun sudah mencoba melakukan negosiasi dengan pihak Aldeguer.

Baca Juga: Juara Dunia Formula 1 dan MotoGP dalam Diri John Surtees

2. Bintang muda Moto2

Repsol Honda Tertarik Gaet Fermin Aldeguer, Rookie Baru MotoGP 2024?Fermin Aldeguer (instagram.com/ferminaldeguer_54)

Fermin Aldeguer membalap di tim GT Trevisa SpeedUp Moto2. Ia bertandem dengan Alonso Lopez di atas motor Boscoscuro. Performanya tak bisa dianggap remeh. 

Dari 45 balapan, pembalap berkebangsaan Spanyol ini berhasil mengunci 2 kemenangan dan 4 podium. Tak hanya itu, ia pun tercatat empat kali menjadi polesitter. Konsistensi Aldeguer musim 2023 membuatnya bercokol di urutan keenam klasemen Moto2 2023 dengan total 137 poin. 

3. Negosiasi kontrak antara manajer dan manajemen Honda

Repsol Honda Tertarik Gaet Fermin Aldeguer, Rookie Baru MotoGP 2024?garasi Repsol Honda (instagram.com/hrc_motogp)

Beberapa hari terakhir, manajer Fermin Aldeguer, Hector Faubel, telah melakukan negosiasi tim Repsol Honda. Alberto Puig menjadi representatif Repsol Honda dalam menegosiasikan minat tim kepada Aldeguer. Dilansir Speedweek, Faubel menawarkan kontrak 3 tahun kerja sama.

Hal ini didorong oleh kondisi Repsol Honda saat ini yang masih mencari arah pengembangkan motor. Proposal itu pun ditolak Puig. Ia menginginkan pembalap baru dengan durasi kontrak 1 tahun. Diskusi berjalan alot, mereka tentu mencari opsi lain agar dapat saling mendapat keuntungan. 

4. Casey Stoner memberi masukan kepada Repsol Honda

Repsol Honda Tertarik Gaet Fermin Aldeguer, Rookie Baru MotoGP 2024?Casey Stoner (instagram.com/official_cs27)

Sebagai mantan pembalap Repsol Honda, Casey Stoner memberikan pandangannya kepada mantan tim yang berhasil membawanya memboyong gelar juara dunia MotoGP 2011. Menurut Stoner, pembalap yang dibutuhkan oleh Honda saat ini adalah talenta-talenta muda. Pembalap berpengalaman cenderung memiliki ideologi tersendiri terkait dengan apa yang ia mau. 

Stoner mengatakan jika di tengah kondisi saat ini, Honda memerlukan pembalap yang ambisius. Mereka akan melakukan berbagai hal untuk dapat mencapai hasil yang mereka inginkan agar dapat tampil lebih cepat. Pengalaman mumpuni tak cukup untuk mengembangkan motor.

“Mudah mengatakan kami butuh pembalap berpengalaman dan memimpin pengembangan. Namun, tak semua pembalap mau melakukan berbagai hal untuk membawa tim ke arah yang benar. Ada begitu banyak aspek yang harus dipelajari, mereka butuh seorang pembalap yang keluar dari zona nyaman,” pungkas Stoner dikutip Crash

Repsol Honda perlu bergerak cepat untuk memilih tandem Joan Mir untuk MotoGP 2024. Fermin Aldeguer dan Fabio Di Giannantonio sejauh ini menjadi nama-nama kuat pengganti Marc Marquez. Kepada siapa pilihan Repsol Honda bakal berlabuh?

Baca Juga: Alex Marquez Siap Berduel dengan sang Kakak di MotoGP 2024

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya