Daftar Tim Voli yang Berlaga di Nusantara Cup 2024

Diikuti sebanyak 16 tim

Masyarakat Indonesia akan dimanjakan dengan turnamen voli yang cukup bergengsi. Turnamen itu bernama Nusantara Cup 2024, yang dinaungi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Nusantara Cup ini diselenggarakan pada 22 Februari—24 Maret 2024.

Ini menjadi periode pertama Nusantara Cup. Pasalnya, turnamen tersebut baru digelar sebagai ajang menyambut kompetisi voli paling bergengsi, Proliga 2024. Proliga sendiri mengalami perubahan jadwal akibat Pemilihan Umum pada Februari tahun ini.

Nusantara Cup diikuti sebanyak 16 tim. Mereka terbagi dalam 8 tim untuk sektor voli putra dan 8 tim voli putri. Inilah daftar tim-tim yang akan berlaga di Nusantara Cup 2024 itu.

1. Delapan tim akan membuka seri pertama di GOR Gotong Royong Subang

Daftar Tim Voli yang Berlaga di Nusantara Cup 2024Tim voli putra Tectona Bandung (instagram.com/pbvbandungtectona)

Nusantara Cup 2024 membuka turnamen dengan mempertandingkan 4 tim voli putra dan 4 tim voli putri terlebih dahulu. Pertandingan seri pertama ini akan diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) Gotong Royong, Subang, Jawa Barat. Seluruh laga di sana hanya berlangsung 4 hari pada 22—25 Februari 2024. 

Selama itu, tiap tim akan memperebutkan posisi dua teratas di klasemen akhir penyisihan grup. Hanya juara dan runner-up grup yang berhak melaju ke babak final four. Ini membuka asa masing-masing tim untuk meraih pencapaian terbaik di Nusantara Cup 2024.

Untuk tim kontestan, Tectona (Bandung), Bintang Mahameru Sejahtera (Bekasi), Perkasa (Sumedang), dan Al the Black (Majalengka) akan meramaikan persaingan sektor voli putra. Sementara itu, empat tim lainnya akan menghiasi grup voli putri. Mereka adalah Kharisma Premium (Bandung), Silva's (Bandung), Elang Laut (Subang), dan Bharata Muda (Jakarta).

Baca Juga: Kejuaraan Bola Voli Nusantara Cup 2024 Siap Digelar

2. Delapan tim lainnya akan bertarung pada seri kedua di GOR Ki Mageti Magetan

Daftar Tim Voli yang Berlaga di Nusantara Cup 2024Tim voli putri Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia (instagram.com/petrovoli_)

Gor Ki Mageti, Magetan, Jawa Timur akan menggelar pertandingan seri kedua Nusantara Cup 2024. Pertandingan itu berlangsung pada 29 Februari—3 Maret 2024. Nantinya, ada 4 tim voli putra dan 4 tim voli putri berbeda yang mengikuti turnamen pada seri Magetan ini.

Sebanyak empat tim unggulan mengisi pertarungan sektor voli putra. Mereka adalah Synthesis Agro Volley Club (Yogyakarta), Samator Indo Gas Surabaya (Surabaya), Tebu Alam Magetan (Magetan), dan SKN BDK Volleyball Club (Kudus). Di sisi lain, tim-tim voli putri diisi Petrokimia Academy Volleyball (Gresik), Vita Solo (Solo), Synthesis Agro Volley Club (Yogyakarta), dan Ivontri Magetan (Magetan).

Untuk pertandingan seri kedua, Nusantara Cup 2024 menggunakan format serupa dengan seri pertama di Subang. Nantinya, hanya dua tim posisi teratas yang bisa menembus final four. Mereka akan dipertemukan dengan dua tim terbaik dari seri pertama untuk memperebutkan gelar juara.

3. Final four akan berlangsung di GOR UNY Yogyakarta

Daftar Tim Voli yang Berlaga di Nusantara Cup 2024Tim voli putri Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia (instagram.com/petrovoli_)

GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi tempat terakhir yang melangsungkan gelaran Nusantara Cup 2024. Ini menjadi tempat untuk perhelatan final four. Seluruh laga akan digelar pada 17—24 Maret 2024.

Final four sendiri merupakan tempat berkumpulnya empat tim terbaik di Nusantara Cup 2024. Mereka diambil dari dua tim yang keluar sebagai juara dan runner-up grup pada fase penyisihan di seri Subang maupun Magetan. Keempat tim itu nantinya dikumpulkan dalam satu grup lagi untuk memperebutkan tiket grand final. Puncaknya, tim yang menang dalam grand final akan keluar sebagai juara perdana untuk Nusantara Cup.

Seluruh pertandingan Nusantara Cup 2024 akan ditayangkan melalui saluran Moji TV. Selain itu, platform Vidio juga menyediakan layanan menonton secara langsung. Apakah kamu siap menyambut kompetisi terbaru yang diselenggarakan PBVSI ini?

Baca Juga: Profil Giovanna Milana Pemain Voli Terbaik dari Klub Korea Selatan 

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya