3 Medali Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior 2023, Termasuk Emas!

Tunggal putra cetak sejarah

Hasil baik diraih oleh pebulu tangkis muda Indonesia pada ajang Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2023. Skuad Garuda muda Indonesia berhasil meraih tiga medali pada turnamen yang berlangsung di Spokane, Amerika Serikat, tersebut.

Tak hanya itu, sejarah baru juga terukir dari sektor tunggal putra yang berhasil menjadi juara dunia untuk pertama kalinya pada Kejuaraan Dunia Junior. Dari medali emas hingga perunggu, berikut daftar lengkap hasil Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2023.

1. Alwi Farhan cetak sejarah di sektor tunggal putra dengan meraih medali emas

3 Medali Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior 2023, Termasuk Emas!Alwi Farhan (pbsi.id)

Satu medali emas berhasil dibawa pulang oleh tunggal putra Indonesia. Alwi Farhan yang merupakan tunggal putra andalan Indonesia pada Kejuaraan Dunia Junior 2023 ini sukses meraih medali emas. Dengan hasil ini, Alwi juga menjadi tunggal putra Indonesia pertama yang berhasil menjadi juara dunia junior.

Pada laga final yang berlangsung hari ini, Senin (10/9/2023), Alwi yang diunggulkan di posisi keempat mampu menaklukkan tunggal putra China, Hu Zhe An, yang merupakan unggulan ketiga melalui pertarungan ketat tiga set. Alwi menang dengan skor tipis 21-19 di set pertama, tetapi sang wakil China juga berhasil memaksakan terjadinya rubber set setelah menang di set kedua dengan skor sama, 19-21. Pada set penentuan, Alwi kembali bermain fokus dan mengunci kemenangan dengan skor 21-14.

Baca Juga: Perjalanan Alwi Farhan Menuju Final Kejuaraan Dunia Junior 2023

2. Chiara Marvella Handoyo harus puas dengan medali perak di sektor tunggal putri

3 Medali Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior 2023, Termasuk Emas!Chiara Marvella Handoyo (pbsi.id)

Indonesia juga meloloskan satu wakilnya di babak final Kejuaraan Dunia Junior 2023 dari sektor tunggal putri. Meski begitu, Chiara Marvella Handoyo gagal mempersembahkan medali emas bagi Indonesia. Tunggal putri Indonesia ini harus mengakui keunggulan wakil Thailand, Pitchamon Opatniputh, yang merupakan unggulan kedua di babak final WJC 2023.

Chiara takluk dua set langsung dengan skor 11-21 dan 9-21. Pertarungan tunggal putri ini juga berlangsung cukup singkat dengan durasi 34 menit. Hasil ini membuat Chiara harus puas dengan medali perak pada ajang Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2023.

3. Ganda campuran persembahkan medali perunggu

3 Medali Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior 2023, Termasuk Emas!Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai (pbsi.id)

Indonesia juga meraih satu medali perunggu dari sektor ganda campuran pada Kejuaraan Dunia Junior 2023. Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai gagal melaju ke babak final. Ganda campuran andalan Indonesia ini harus terhenti di semifinal usai takluk atas pasangan China, Liao Pin Yi/Zhang Jia Han, yang diunggulkan di posisi ketiga.

Jonathan/Priskila kalah dua set langsung dengan skor 16-21 dan 16-21. Duel ganda campuran di babak semifinal ini berlangsung selama 29 menit. Dengan kekalahan pasangan Indonesia ini, China berhasil menciptakan all China final di sektor ganda campuran, di mana Liao/Zhang keluar sebagai juara dunia setelah mengalahkan Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin yang merupakan unggulan pertama di turnamen Kejuaraan Dunia Junior 2023 ini.

Kejuaraan Dunia Junior 2023 resmi berakhir hari ini, Senin (9/10/2023). China keluar sebagai juara umum setelah wakil di sektor ganda putra dan ganda campuran berhasil meraih medali emas. Mereka juga membawa pulang 2 medali perak dari sektor ganda campuran dan tunggal putra.

Sementara itu, Indonesia, Thailand, dan Jepang masing-masing meraih satu medali emas. Tuan rumah, Amerika Serikat, meraih satu medali perak dari sektor ganda putri. Satu medali perak lainnya diraih oleh Taiwan dari sektor ganda putra.

Baca Juga: 7 Pebulu Tangkis Indonesia Terakhir yang Jadi Juara Dunia Junior

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya