9 Perubahan Peringkat BWF Pemain Indonesia Usai Kejuaraan Dunia 2023

Banyak yang turun peringkat

Badminton World Federation (BWF) sudah merilis peringkat terbaru para pemain bulu tangkis dunia pada Selasa (29/8/2023). Pulang tanpa medali emas di Kejuaraan Dunia 2023 mempengaruhi peringkat dunia para pemain bulu tangkis Indonesia.

Meski beberapa mengalami peningkatan, nyatanya banyak juga harus turun karena gagal mempertahankan poinnya. Berikut sembilan perubahan peringkat BWF pemain Indonesia usai gelaran Kejuaraan Dunia 2023.

1. Jonatan Christie turun empat tingkat di peringkat BWF

9 Perubahan Peringkat BWF Pemain Indonesia Usai Kejuaraan Dunia 2023Jonatan Christie (pbsi.id)

Salah satu tunggal putra andalan Indonesia harus mengalami penurunan peringkat setelah Kejuaraan Dunia 2023. Jonatan Christie yang langsung angkat koper pada babak pertama dipastikan turun empat peringkat dari peringkat BWF minggu lalu. Jonatan kini menempati peringkat sembilan dunia BWF.

2. Ahsan/Hendra dan Leo/Daniel juga mengalami penurunan peringkat BWF

9 Perubahan Peringkat BWF Pemain Indonesia Usai Kejuaraan Dunia 2023Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (pbsi.id)

Dua ganda putra andalan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2023 juga merasakan turun peringkat. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sama-sama mengalami penurunan peringkat BWF. Masing-masing menduduki posisi 10 dan 11 dunia.

Ahsan/Hendra yang tahun lalu meraih medali perak sebagai runner-up di Kejuaraan Dunia 2022 harus kalah pada babak delapan besar pada Kejuaraan Dunia tahun ini. Hal inilah yang menyebabkan Ahsan/Hendra banyak kehilangan poin. Sementara ittu, meski tahun lalu tidak mengikuti Kejuaraan Dunia, Leo/Daniel harus turun peringkat karena hasil yang kurang baik dari ganda putra dunia lainnya.

Baca Juga: 5 Tunggal Putri Dunia Naik Peringkat usai Kejuaraan Dunia 2023

3. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana naik dua peringkat di peringkat dunia

9 Perubahan Peringkat BWF Pemain Indonesia Usai Kejuaraan Dunia 2023Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (pbsi.id)

Berbeda dari dua ganda putra Indonesia lainnya, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana sukses naik dua peringkat usai Kejuaraan Dunia 2023. Fikri/Bagas kini menempati posisi ke-13 dunia. Hal tersebut terjadi karena Fikri/Bagas mampu melampaui hasil Kejuaraan Dunia tahun lalu yang hanya mencapai babak kedua. Di Kejuaraan Dunia 2023, Fikri/Bagas baru terhenti pada babak delapan besar.

4. Tiga ganda putri Indonesia mengalami peningkatan peringkat di peringkat BWF

9 Perubahan Peringkat BWF Pemain Indonesia Usai Kejuaraan Dunia 2023Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (pbsi.id)

Tiga ganda putri Indonesia mengalami peningkatan peringkat setelah Kejuaraan Dunia 2023. Menjadi debutan, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang berhasil meraih medali perak Kejuaaran Dunia 2023 ini naik empat peringkat. Kini, ganda putri terbaik Indonesia tersebut kembali memasuki sepuluh besar dunia dengan menempati peringkat kedelapan BWF.

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi ikut naik peringkat. Ganda putri Indonesia ini naik tiga peringkat dari posisinya minggu lalu. Ana/Tiwi yang terhenti pada babak ketiga Kejuaraan Dunia 2023 ini kini berada di peringkat ke-15.

Satu lagi ganda putri Indonesia yang naik peringkat usai Kejuaraan Dunia 2023. Mereka adalah Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto yang merupakan debutan di Kejuaraan Dunia tahun ini. Meski terhenti pada babak kedua, Lanny/Ribka naik satu peringkat dengan memasuki 30 besar dunia.

5. Perbedaan peringkat Rehan/Lisa dan Dejan/Gloria di peringkat dunia

9 Perubahan Peringkat BWF Pemain Indonesia Usai Kejuaraan Dunia 2023Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (instagram.com/badminton.ina)

Dari sektor ganda campuran, dua pasangan Indonesia mengalami peningkatan dan penurunan peringkat usai Kejuaraan Dunia 2023. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang kalah pada babak ketiga harus turun satu peringkat ke posisi-14. Meski hasil ini sama seperti tahun lalu, Rehan/Lisa belum bisa lebih baik dari ganda campuran dunia lainnya.

Sementara itu, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, yang merupakan debutan di Kejuaraan Dunia 2023 ini, mengalami peningkatan peringkat BWF. Sebelumnya, Dejan/Gloria berada di posisi ke-19. Saat ini, ganda campuran besutan PB Djarum tersebut berada di peringkat 17 dunia BWF.

Pil pahit kembali dirasakan skuad Garuda yang harus pulang tanpa medali emas pada Kejuaraan Dunia 2023. Prestasi terbaik diberikan oleh Apriyani/Fadia yang sukses meraih medali perak dan mengalami peningkatan peringkat yang cukup signifikan minggu ini.

Baca Juga: 7 Ganda Putri Dunia Naik Peringkat BWF usai Kejuaraan Dunia 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya