Skuad Indonesia di Australia Open 2023, Utama hingga Pelapis!

Beberapa nama ditarik mundur setelah Japan Open 2023

Turnamen BWF kembali bergulir. Australia Open 2023 menjadi turnamen pembuka pada Agustus tahun ini. Salah satu rangkaian BWF super 500 tersebut digelar di State Sports Centre, Sydney, Australia pada 1--6 Agustus 2023.

Beberapa wakil badminton Indonesia yang sudah mengikuti Japan Open 2023 minggu lalu juga berlaga di Australia Open 2023. Indonesia bahkan mengirimkan beberapa pemain pelapis pada turnamen super 500 tersebut. Berikut skuad Indonesia di Australia Open 2023

1. Tunggal putra mengirim tiga wakil

Skuad Indonesia di Australia Open 2023, Utama hingga Pelapis!Anthony Sinisuka Ginting (pbsi.id)

Indonesia mengirimkan tiga wakilnya ke sektor tunggal putra Australia Open 2023. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito. Tidak ada nama Chico Aura Dwi Wardoyo yang pekan lalu tampil di Japan Open 2023.

Vito akan memulai laga di Australia Open 2023 setelah sekian lama absen dari beberapa turnamen karena cedera. Ginting dan Jonatan juga kembali berjuang untuk bisa meraih gelar di BWF super 500 ini. Semua tunggal putra Indonesia baru akan melakoni laga perdana pada hari kedua Australia Open 2023.

2. Tanpa Gregoria Mariska Tunjung, tunggal putri mengirim tiga wakil

Skuad Indonesia di Australia Open 2023, Utama hingga Pelapis!Putri Kusuma Wardani (pbsi.id)

Dari skuad yang sudah dirilis PBSI, tidak ada nama Gregoria Mariska Tunjung dari sektor tunggal putri. Namun, Indonesia mengirimkan tiga wakil tunggal putri pelapis terbaiknya. Mereka adalah Putri Kusuma Wardani, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Ketiga tunggal putri Indonesia tersebut langsung bertanding pada babak utama. Ester akan memulai laga berat dengan menantang salah satu pemain unggulan Thailand, Supanida Katethong. Sementara itu, Putri akan menghadapi wakil Korea, Sim Yu Jin, dan Komang harus melawan tunggal putri India, Tasnim Mir.

Baca Juga: 6 Lawan Wakil Indonesia pada Hari Pertama Australia Open 2023

3. Sebanyak lima ganda putra siap berjuang

Skuad Indonesia di Australia Open 2023, Utama hingga Pelapis!Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (pbsi.id)

Badminton Indonesia cukup banyak mengirimkan wakil ke sektor ganda putra. Sebanyak lima pasang ganda putra siap berjuang di turnamen Australia Open 2023. Berikut daftar lengkap dan lawan yang akan dihadapi pada babak pertama:

  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ryan Tong/Jack Wang (Australia).
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Kevin Lee/Ty Alexander Lindeman (Kanada).
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Rizky Hidayat/Frengki Wijaya Putra (Australia),
  • Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs bye.
  • Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani vs Akira Koga/Taichi Saito (Jepang).

Dua pasang ganda putra Indonesia akan berhadapan dengan pasangan tuan rumah. Pram/Yere tinggal menunggu lawan pada babak kedua Australia Open 2023. Mereka bisa saja berhadapan dengan Leo/Daniel andai kompatriotnya menang pada hari pertama. Kecuali Pram/Yere, semua wakil ganda putra Indonesia memang bertanding pada hari pertama Australia Open 2023 yang digelar hari ini, Selasa (1/8/2023).

4. Ada dua pasang ganda putri

Skuad Indonesia di Australia Open 2023, Utama hingga Pelapis!Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (pbsi.id)

Dari kelima sektor, Indonesia paling sedikit mengirimkan wakilnya di sektor ganda putri. Hanya ada dua pasang ganda putri Indonesia yang akan berlaga di Australia Open 2023. Mereka adalah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramdhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Apriyani/Fadia akan melawan ganda putri Korea, Lee Yu Lim/Shin Seung Chan, pada laga perdana Australia Open 2023. Sedangkan, Ana/Tiwi harus melawan pasangan India, Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa. Kedua ganda putri Indonesia ini juga langsung bertanding pada hari pertama hari ini, Selasa (1/8/2023).

5. Ganda campuran mengirimkan lima pasangan

Skuad Indonesia di Australia Open 2023, Utama hingga Pelapis!Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Selain dari sektor ganda putra, badminton Indonesia juga mengirimkan lima pasangan ke sektor ganda campuran. Sayangnya, dari draw ganda campuran pada babak pertama, sudah terjadi derbi. Berikut daftar lengkap skuad Indonesia dari sektor ganda campuran serta lawan yang dihadapi pada babak 32 besar Australia Open 2023:

  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.
  • Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong).
  • Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Chang Ko-Chi/Lee Chih Chen (Taiwan).
  • Adnan Maulana/Nita Violina Marwah vs Chan Peng Soon/Cheah Yee See (Malaysia).

Dari daftar di atas, Indonesia dipastikan meloloskan satu wakilnya ke babak kedua Australia Open 2023 dari sektor ganda campuran. Sementara itu, jika sama-sama lolos ke babak kedua, Praveen/Melati dan Rehan/Lisa akan bertemu. Semua ganda campuran Indonesia ini baru akan bertanding pada hari kedua Australia Open 2023.

Turnamen Australia Open 2023 dimulai dengan babak kualifikasi pada hari pertama serta babak 32 besar untuk sektor ganda putra dan putri. Semua wakil Indonesia langsung bertanding pada babak utama yang dimulai pada pukul 13.00 WIB hari ini, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: Road to Final Jonatan Christie di Japan Open 2023, Jadi Runner-up!

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya