Jadi Juara Lari Dunia, Muhammad Zohri Dapat 2 Hadiah Kejutan

Bupati Lombok Utara akan membangun pusat latihan

Jakarta, IDN Times - Bupati Lombok Utara Najmul Ahyar akan membantu memperbaiki rumah Lalu Muhammad Zohri, karena telah berprestasi mengharumkan nama Indonesia melalui olahraga atletik tingkat dunia di Finlandia.

"Sebagai bentuk apresiasi, Insya Allah akan kami wujudkan dalam bentuk kebijakan. Saya akan bicara dengan TAPD, mungkin kaitan dengan rumahnya," kata dia di Tanjung, NTB, seperti dilansir kantor berita Antara, Kamis (13/7).

1. Zohri akan diangkat jadi CPNS

Jadi Juara Lari Dunia, Muhammad Zohri Dapat 2 Hadiah KejutanTwitter.com/@iaaforg

Najmul juga berkeinginan merekrut Lalu Muhammad Zohri sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS), karena telah berprestasi dalam dunia olah raga tingkat internasional.

Namun, keinginan tersebut terkendala pada aturan yang belum memberikan ruang sebagai bentuk kompensasi bagi atlet yang telah berlatih keras, sehingga meraih prestasi tingkat dunia.

Oleh sebab itu, ia mendorong pemerintah pusat untuk memikirkan masa depan atlet-atlet berprestasi. Sebab, masalah kejelasan masa depan menjadi keluhan para atlet yang fokus berlatih, sehingga sekolahnya kurang terurus.

"Seandainya pemerintah daerah berhak mengangkat menjadi CPNS, saya bisa pastikan merekrut Lalu Muhammad Zohri. Tetapi bukan daerah yang punya wewenang," ujar dia.

2. Membangun pusat latihan cabang olahraga lari

Jadi Juara Lari Dunia, Muhammad Zohri Dapat 2 Hadiah KejutanIDN Times/Dok. PB PASI

Najmul juga mempertimbangkan untuk membangun lintasan atletik di lapangan Gondang, sebagai pusat latihan cabang olahraga lari yang diharapkan bisa memunculkan Lalu Muhammad Zohri lainnya.

"Kami sudah merencanakan program pembangunan lintasan atletik tersebut. Mudah-mudahan pada tahun anggaran berikutnya bisa diwujudkan," kata dia.

3. Gelar juara dunia lari 100 meter

Jadi Juara Lari Dunia, Muhammad Zohri Dapat 2 Hadiah KejutanIDN Times/Dok. PB PASI

Zohri meraih gelar juara dunia lari 100 meter putra U-20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7). Tak hanya di Finlandia, Zohri juga pernah juara di beberapa negara seperti Jepang.

Namun, miris kondisi rumah atlet asal Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang, Kabupaten Lombok Utara itu, sangat menyedihkan. Seluruh bangunan rumahnya gubuk bambu yang dilapisi koran bekas.

Baca Juga: Asian Games 2018: Lindswell Kwok, Si Ratu Wushu Asia Tenggara

Topik:

  • Rochmanudin
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya