Ingat Aksinya? 6 Legenda Sepak Bola Ini Sudah Menginjak Usia 40 Tahun

Prestasi gemilang tetap dikenang #IDNTimesSport

Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Banyak sekali pesepak bola yang menjadi idola bagi para penggemar. Aksi-aksi yang mereka tunjukkan merupakan sebuah kebahagian bagi kita sebagai penikmat sepak bola. Namun, kita tidak selamanya bisa menyaksikan idola kita bermain di lapangan. Mereka harus pensiun karena faktor usia.

Meskipun begitu, banyak pesepak bola yang tetap dikenang meskipun sudah pensiun. Itu semua karena pencapaian mereka yang sangat luar biasa ketika masih aktif sebagai pesepak bola. Mereka adalah orang-orang yang pantas disebut sebagai legenda sepak bola.

Tahun 2021 ini menjadi tahun yang spesial bagi sejumlah legenda sepak bola dunia. Ternyata, banyak legenda sepak bola yang menginjak usia 40 pada tahun ini. Lantas siapa saja mereka? Check this out!

1. Iker Casillas

Ingat Aksinya? 6 Legenda Sepak Bola Ini Sudah Menginjak Usia 40 TahunIker Casillas saat masih aktif membela Real Madrid (managingmadrid.com)

Iker Casillas merupakan salah satu kiper terbaik pada masanya. Sebagai kiper, Casillas sering membuat penyelamatan gemilang. Aksi-aksi berkelas dari Iker Casillas saat membela Real Madrid dan timnas Spanyol benar-benar membuat decak kagum para pecinta sepak bola.

Ketika masih membela Real Madrid, Casillas mampu meraih 5 gelar Liga Spanyol, 2 Copa Del Rey, 3 Liga Champions Eropa dan beberapa gelar bergengsi lainnya. Bersama timnas Spanyol, Casillas mampu meraih 1 gelar Piala Dunia dan 2 gelar Piala Eropa. Ia pantas disebut sebagai legenda Real Madrid dan timnas Spanyol.

Tak terasa, ternyata usia Iker Casillas sudah genap 40 tahun pada tanggal 20 Mei 2021 kemarin. Jasa-jasa Iker Casillas di persepak bolaan dunia benar-benar tak bisa dilupakan. Iker Casillas pun mendapat banyak penghargaan atas performanya yang luar biasa.

2. Samuel Eto'o

Ingat Aksinya? 6 Legenda Sepak Bola Ini Sudah Menginjak Usia 40 TahunSamuel Eto'o saat masih aktif membela Barcelona (afroballers.com)

Samuel Etoo merupakan striker legendaris asal Kamerun yang sangat terkenal ketika masih membela Barcelona. Kala itu, Eto’o disandingkan dengan Ronaldinho dan Lionel Messi. Mereka menjadi menjadi trio paling ganas di dunia. Keberadaan mereka bertiga benar-benar menakutkan bagi pertahanan lawan.

Saat ini, usia Samuel Eto’o sudah menginjak 40 tahun, tepatnya pada tanggal 10 Maret 2021 kemarin. Selama bergabung dengan Barcelona, Eto’o tampil sebanyak 199 kali dengan kontribusi 130 gol dan 40 assist di semua kompetisi.

Bersama klub asal Catalan tersebut, Eto’o juga telah menyumbangkan 3 gelar La Liga, 1 gelar Copa Del Rey, 2 gelar Liga Champions Eropa dan beberapa gelar bergengsi lainnya. Eto’o sudah memutuskan untuk pensiun sebagai pesepak bola profesional. Ia menjadikan Qatar SC sebagai klub terakhirnya.

Baca Juga: 5 Transfer Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Sepak Bola, Messi Terbaru!

3. Dimitar Berbatov

Ingat Aksinya? 6 Legenda Sepak Bola Ini Sudah Menginjak Usia 40 TahunDimitar Berbatov saat masih aktif membela Manchester United (goal.com)

Dimitar Berbatov semakin terkenal ketika direkrut Manchester United dari Tottenham Hotspur pada bulan September 2008 dengan nominal transfer senilai 38 juta euro atau sekitar Rp642 miliar. Legenda sepak bola asal Bulgaria ini pernah mencetak 5 gol saat Manchester United mengalahkan Blackburn Rovers dengan skor 7-1 pada bulan November 2010.

Berbatov juga pernah menjadi top skor Liga Inggris pada musim 2010/2011 dengan torehan 20 gol. Kala itu, Berbatov harus berbagi gelar sepatu emas dengan striker Manchester City, Carlos Tevez, yang juga mencetak 20 gol. Bersama Manchester United, Berbatov telah tampil sebanyak 149 kali dengan torehan 56 gol dan 27 assist di semua kompetisi.

Striker yang genap berusia 40 tahun pada tanggal 30 Januari 2021 ini mampu mengantarkan Manchester United meraih 3 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala Liga, dan beberapa gelar bergengsi lainnya. Saat ini, Berbatov sudah pensiun sebagai pesepak bola profesional. Ia terakhir bermain bersama klub Liga India, Kerala Blasters.

4. Kolo Toure

Ingat Aksinya? 6 Legenda Sepak Bola Ini Sudah Menginjak Usia 40 TahunKolo Toure saat masih aktif membela Arsenal (goal.com)

Kolo Toure merupakan legenda sepak bola asal Pantai Gading yang berposisi sebagai bek tengah. Kakak kandung dari Yaya Toure ini pernah bermain bersama tiga klub besar Liga Inggris, yakni Arsenal, Manchester City, dan Liverpool.

Bersama Arsenal, Kolo Toure mampu mempersembahkan 1 gelar Liga Inggris, 2 gelar Piala FA, dan 2 gelar Piala Super Inggris. Selama bergabung dengan Manchester City, Kolo Toure berhasil meraih 1 gelar Liga Inggris dan 1 gelar Piala FA. Sedangkan bersama Liverpool, Kolo Toure tidak mendapatkan gelar satu pun.

Kolo Toure ternyata juga sudah menginjak 40 tahun, tepatnya pada tanggal 19 Maret 2021 kemarin. Ketika masih aktif sebagai pemain sepak bola, Kolo Toure sangat berjaya ketika masih membela Arsenal. Bersama klub berjuluk The Gunners tersebut, Kolo Toure mampu tampil sebanyak 327 kali dengan torehan 14 gol dan 10 assist  di semua kompetisi. Kolo Toure sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Ia menjadikan Celtic sebagai klub terakhirnya. Saat ini, Kolo Toure bekerja sebagai asisten manajer di Leicester City.

5. Tiago Mendes

Ingat Aksinya? 6 Legenda Sepak Bola Ini Sudah Menginjak Usia 40 TahunTiago Mendes saat masih aktif membela Atletico Madrid (sportsnet.ca)

Kiprah Tiago Mendes di dunia sepak bola tidak bisa dianggap remeh. Pemain asal Portugal ini sudah malang melintang di berbagai klub besar Eropa. Mendes pernah bermain untuk Braga, Benfica, Chelsea, Olympique Lyon, Juventus, hingga Atletico Madrid. Koleksi trofi yang diraih Mendes juga sangat banyak. Mendes sangat layak disebut sebagai salah satu legenda sepak bola dunia.

Bersama Benfica, Tiago Mendes mampu meraih 1 gelar Piala Portugal. Selama bergabung Chelsea, Mendes memenangkan 1 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 1 gelar Piala Liga, dan 1 gelar Piala Super Inggris. Sedangkan untuk Olympique Lyon, Mendes berhasil meraih 2 gelar Liga Prancis. Beralih ke Atletico Madrid, Mendes sukses meraih 1 gelar Liga Spanyol, 1 gelar Copa Del Rey, 1 gelar Piala Super Spanyol, serta 1 gelar Liga Eropa.

Atletico Madrid menjadi klub yang paling sering dibela oleh Tiago Mendes. Bersama rival sekota Real Madrid tersebut, Mendes tampil sebanyak 228 kali dengan raihan 19 gol dan 14 assist. Atletico Madrid juga menjadi klub terakhir bagi pria yang baru saja berusia 40 tahun pada tanggal 2 Mei 2021 kemarin. Tiago Mendes diketahui sudah pensiun sebagai pemain sepak bola pada bulan Juli 2017.

6. Park Ji-Sung

Ingat Aksinya? 6 Legenda Sepak Bola Ini Sudah Menginjak Usia 40 TahunPark Ji-Sung saat masih aktif membela Manchester United (goalfootballnews.com)

Meskipun gagal meloloskan PSV Eindhoven ke final Liga Champions Eropa musim 2004/2005, penampilan Park Ji-Sung sangat luar biasa. Pemain asal Korea Selatan itu membuat pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson terpesona. Manchester United akhirnya memboyongnya ke Old Trafford.

Bersama Manchester United, Park Ji-Sung tampil dengan stamina yang sangat luar biasa, bahkan ia sempat dijuluki sebagai gelandang dengan tiga paru-paru. Selama membela Setan Merah, Park Ji-Sung tampil sebanyak 204 kali dengan torehan 28 gol dan 29 assist di semua kompetisi.

Selain itu, Park Ji-Sung berhasil memenangkan 4 gelar Liga Inggris, 3 gelar Piala Liga, 1 gelar Liga Champions Eropa dan beberapa gelar bergengsi lainnya. Pria yang sudah menginjak 40 tahun pada tanggal 25 Februari 2021 ini layak disebut legenda sepak bola. Park Jisung sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak bulan Juli 2014. Queens Park Rangers menjadi klub terakhir dalam kariernya sebagai pemain sepak bola profesional.

Ketika masih aktif sebagai pemain sepak bola, mereka semua merupakan pahlawan bagi klubnya masing-masing. Mereka berkontribusi besar dalam setiap raihan gelar. Kini, usia mereka sudah menginjak 40 tahun. Meskipun usia mereka bertambah setiap hari, nama mereka akan selalu dikenang karena mereka adalah sang legenda.

Baca Juga: 7 Fakta Tom Grennan, Solois Inggris Tinggalkan Sepak Bola Demi Musik

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya