Pol Espargaro Masih Punya Determinasi untuk Beraksi di MotoGP

Berhasil finis balapan usai cedera parah

Pol Espargaro kembali beraksi di atas RC16. Pembalap tim GASGAS Factory Racing Tech3 ini sudah bisa mengaspal saat gelaran MotoGP Inggris pada, Minggu (6/8/2023). Sebuah balapan yang menjadi ujian determinasi baginya.

Akhir pekan di Sirkuit Silverstone jadi balapan pertama Pol Espargaro sejak terakhir kali ia mengaspal di ajang Grand Prix Valencia pada November 2022. Sejak cedera parah di seri perdana Portugal, ia hanya bisa beristirahat untuk memulihkan kondisinya. Pol Espargaro pun terpaksa absen sepanjang paruh pertama MotoGP 2023.

1. Pulih dari cedera parah

Pol Espargaro Masih Punya Determinasi untuk Beraksi di MotoGPpotret Pol Espargaro (motogp.com)

Kecelakaan yang dialami Pol Espargaro pada sesi latihan kedua (FP2) di Sirkuit Algarve, Portugal, memang mengerikan. Bayangkan saja, beberapa bagian tubuhnya mengalami patah tulang. Sebanyak 3 tulang belakangnya patah, 2 tulang dada patah, rahangnya patah, paru-parunya memar, dan tangan kanannya patah.

Pol butuh waktu empat setengah bulan untuk pulih. Itu pun belum sepenuhnya normal seperti sediakala. Tak heran, saat mengaspal di Sirkuit Silverstone ia harus berjuang keras.

Baca Juga: Ada 9 Kampiun Berbeda pada 9 Musim MotoGP Inggris, Espargaro Teranyar

2. Pol menderita kelelahan sepanjang akhir pekan di Sirkuit Silverstone

Pol Espargaro Masih Punya Determinasi untuk Beraksi di MotoGPpotret Pol Espargaro (motogp.com)

Sejak menjalani sesi latihan hari Jumat di Silverstone, Pol sudah merasa kelelahan. Ia juga menderita ketika mengikuti balapan sprint hari berikutnya. Untuk menyiasati kelelahan tersebut, ia sampai harus tidur siang selama hampir 1 jam pada setiap jeda sesi.

Saat balapan hari Minggu pun ia merasa tak prima. Ia hanya merasa fit pada awal putaran. Sisanya, Pol memaksakan diri untuk bertahan hingga garis finis.

“Setelah sepuluh lap aku benar-benar kelelahan. Itu benar-benar sulit. Pada sepuluh lap pertama aku berada di belakang Augusto Fernandez. Aku bisa mengikutinya selama beberapa putaran. Itulah masalahnya, aku terlalu membebani tubuhku. Itu sebabnya tubuhku menghukumku, ototku seperti tersumbat. Terutama leherku benar-benar kaku,” ungkap Spaniard dikutip Speedweek.

3. Punya determinasi tinggi, Pol Espargaro bisa finis dan mendulang poin

Pol Espargaro Masih Punya Determinasi untuk Beraksi di MotoGPpotret Pol Espargaro (motogp.com)

Pol Espargaro sempat ingin menyerah. Namun, determinasinya yang tinggi membuatnya bertahan. Pilihannya tepat dan nasib baik ternyata berpihak kepadanya.

“(Meski kelelahan) aku benar-benar ingin menyelesaikan balapan. Aku sempat mempertimbangkan apakah harus masuk pit dan berhenti. Namun, kemudian mulai muncul gerimis di sektor empat. Beberapa pembalap masuk pit, beberapa terjatuh, dan (hujan) itu adalah hadiah yang diberikan untukku. Jadi, aku terus maju dan mencetak beberapa poin,” kata Pol dilansir Speedweek.

Pembalap berusia 32 tahun tersebut mampu menuntaskan balapan pertamanya musim ini. Ia finis P12 dan berhak mengemas 4 poin. Kini, targetnya adalah tampil lebih baik di seri MotoGP berikutnya.

Bagaimanapun, ia harus tampil apik pada sisa musim agar kursinya tetap aman. Untuk musim 2024, KTM punya 5 kandidat pembalap untuk ditempatkan di 4 kursi tersedia. Di tim GASGAS Tech3, Pol akan bersaing dengan Augusto Fernandez dan Pedro Acosta.

“Aku tahu bahwa kembali ke balapan Grand Prix akan sangat sulit, tetapi aku harus mengatasi rintangan itu. Sekarang kami bisa mencentang Silverstone. Dalam dua minggu kami akan beraksi di Austria. Di sana akan lebih baik, aku bisa pulih dalam dua hari. Lalu, setelah GP Austria, secara fisik aku pasti fit lagi,” ujarnya optimis.

Kegigihan Pol Espargaro patut mendapat pujian. Ia mengalami cedera yang mengerikan dan berhasil menanganinya dengan baik. Masih ada 11 seri Grand Prix yang harus dijalani, sanggupkah ia tampil maksimal?

Baca Juga: Magis Aleix Espargaro di MotoGP Inggris, Jadi Juara!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya