Comscore Tracker

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Dunia

Balap motor bukan cuma MotoGP dan Superbike.

Tahun 2021 adalah tahun terakhir Valentino Rossi balapan di MotoGP. Rider berusia 42 tahun ini mengumumkan pensiun beberapa hari sebelum sesi balap di Styria, Austria, pada 5 Agustus lalu.

Bagi penggemar balap motor, Valentino Rossi adalah salah satu the Greatest of All Time. Total ia meraih gelar 8 kali juara dunia. Tak heran juga, karena MotoGP adalah ajang balap tertinggi bagi balapan roda dua.

Tahukah kamu, selain MotoGP, ada banyak jenis balapan motor yang dipertandingkan di dunia? Tidak hanya balapan yang dihelat di sirkuit, ada juga balapan yang digelar di jalanan umum hingga di lintasan tanah. Berikut ini 13 jenis balap motor yang dipertandingkan di dunia.

1. Motorcycle Grand Prix (MotoGP)

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniailustrasi balap motogp (motogp.com)

MotoGP adalah ajang tertinggi dan paling prestisius untuk balap motor. Motor yang digunakan adalah motor prototype, yaitu motor yang memang dibangun khusus untuk mengikuti balapan ini.

Setiap tahun, MotoGP menggelar sekitar 18 sesi balap di sirkuit-sirkuit berkelas internasional di seluruh dunia. Ada beberapa kelas balap pada MotoGP.

  • MotoGP: Para rider MotoGP membalap dengan motor berkapasitas 1000cc. Maksimal kecepatannya mencapai 340 km/jam. Saat ini, pabrikan yang berpartisipasi yaitu Yamaha, Suzuki, Honda, Ducati, KTM, dan Aprilia.
  • Moto2: Jika MotoGP menggunakan mesin dari masing-masing pabrikan, tidak demikian dengan Moto2. Sejak musim 2019, semua pembalap Moto2 menggunakan mesin tiga-silender 765cc buatan Triumph. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 295 km/jam.
  • Moto3: Kelas paling junior di ajang balap MotoGP. Motor yang digunakan berkapasitas mesin 250cc. Kecepatan maksimalnya sampai dengan 260 km/jam.
  • MotoE: MotoE baru digelar sejak 2019. Bisa disebut sebagai ajang balap internasional motor listrik pertama. Setiap motor menggunakan mesin yang sama, yaitu mesin dari Energica, pabrikan asal Italia. 

Baca Juga: Yuk Rasakan Langsung Sensasi Balap Aprilia dan Moto Guzzi

2. Superbike

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniailustrasi balap motor superbike (worldsbk.com)

Jika MotoGP menggunakan mesin khusus balap, Superbike menggunakan mesin motor versi produksi massal. Jadi, pada dasarnya motor yang digunakan di Superbike adalah motor yang bisa kamu beli di pasaran.

Setiap tahunnya, Superbike menggelar sekitar 12 seri balap. Ada beberapa kelas dalam kejuaraan balap Superbike.

  • World Superbike (WorldSBK): Mesin yang digunakan adalah mesin tiga atau empat silinder dengan kapasitas 1000cc. Meski berbasis pada motor produksi massal, mesin yang digunakan telah dimodifikasi agar lebih kencang.
  • World Supersport (WorldSSP): Motor yang digunakan pada kelas Supersport adalah motor dengan kapasitas mesin 600cc.
  • World Supersport 300 (World SSP300): Baru ditambahkan sejak tahun 2017, kelas Supersport 300 menjadi kelas yang paling junior di ajang balap Superbike. Sesuai namanya, motor yang digunakan berkapasitas mesin 300cc.

3. Road Race

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniailustrasi road race isle of man (iomtt.com)

Road race adalah kejuaraan balap motor di jalan aspal. Biasanya, jalanan umumlah yang digunakan sebagai lintasannya.  Road race yang paling terkenal di dunia adalah The Isle of Man Tourist Trophy atau lebih dikenal dengan Isle of Man TT.

Isle of Man TT adalah sebuah pulau yang berlokasi di antara Irlandia dan Kepulauan Inggris. Motor yang digunakan yaitu motor dengan kapasitas maksimal 750cc.

Selain paling terkenal, mungkin Isle of Man TT lah balap motor paling berbahaya di dunia. Sejak pertama kali digelar pada 1907, hingga 2016, sudah ada 255 pembalap yang tewas saat mengikuti balapan ini.

Baca Juga: Inilah 6 Pemenang Berbeda dalam 6 Race Terakhir MotoGP Inggris

4. Drag Racing

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniailustrasi drag racing (popularmechanics.com)

Jenis balap motor ini sangat mengandalkan kecepatan sprint. Dua pembalap akan berbaris kemudian melaju kencang secara garis lurus sepanjang hampir setengah kilometer. Siapa yang paling cepat menyentuh garis finis, dialah pemenangnya.

5. Motocross (MX)

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniailustrasi balap motor motocross (pexels.com/Michal Hudcovič)

Motocross adalah kejuaraan balap di lintasan tanah. Balapan ini berlangsung di arena “outdoor” atau alam. Dalam lintasannya terdapat beberapa rintangan yang harus dilibas pembalap.

Lintasan motocross biasanya lumayan menantang, dengan jarak sekitar 2 km dan jumlah rintangan sebanyak 16-20 rintangan. Rintangan ini bisa berupa tikungan, gundukan tanah, atau pun bukit-bukit buatan. Motor yang digunakan adalah motor trail berkapasitas 450 cc dan 250 cc.

6. Supercross (SX)

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniadirtrider.com

Supercross bisa dibilang kembaran dari motorcross. Keduanya sama-sama balapan di lintasan tanah. Lintasan dalam supercross pun penuh dengan rintangan: banyak tikungan dan gundukan. Bedanya, arena supercross adalah “indoor”. Sehingga lintasannya lebih sempit dibandingkan motocross.

Baca Juga: 5 Game Balap Motor Ini Lintasannya Ekstrem, Bikin Gamer Tertantang

7. Supermoto

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniailustrasi balap supermoto (cyclenews.com)

Supermoto adalah jenis balap motor yang berkembang dari motocross. Supermoto menggunakan jenis motor yang sama dengan motocross, tapi ban yang digunakan berbeda. Jika motocross menggunakan jenis ban untuk lintasan tanah (dirt tyre), sedangkan Supermoto menggunakan ban untuk lintasan jalan (road tyre).

8. Freestyle Motocross

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniapexels.com

Freestyle Motocross atau dikenal juga dengan FMX adalah jenis balap motor yang bukan adu cepat, tapi adu ketangkasan berakrobat. Menggunakan motor trail, setiap partisipan harus menampilkan akrobatik yang ekstrem dan unik agar dinilai tinggi oleh para juri. Akrobat ekstrem ini termasuk melompat dengan motor kemudian beratraksi di udara.

9. Trials Racing

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniamotorcyclesports.net

Jenis balap motor ini dikenal juga dengan sebutan motorcycle trials atau observed trials. Sama dengan Freestyle motocross, trials racing bukan balapan yang beradu kecepatan. Alih-alih, pembalap ditantang untuk mengatasi rintangan tanpa menapakkan kakinya ke tanah.

Motor yang digunakan berbeda dari motor trail kebanyakan. Motornya lebih ringan dan tidak ada tempat duduk.

Baca Juga: Ini Perbedaan Cara Merawat Motor Balap dan Harian

10. Hill Climb Racing

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniailustrasi hill climb racing (laconiadailysun.com)

Ini juga jenis balap motor yang diadaptasi dari motorcross. Bedanya, balapan mendaki bukit ini mengharuskan pembalap berkompetisi melawan waktu untuk dapat melintasi jalur yang menanjak. Ya, namanya juga balapan mendaki bukit.

Motor yang digunakan biasanya motor trail yang dimodifikasi dengan swing arms yang diperpanjang. Untuk menambah kecepatan, beberapa balapan bahkan membolehkan penggunaan bahan bakar nitrometana.

11. Speedway Racing

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniailustrasi speedway racing (speedwaygb.co.uk)

Speedway racing adalah balapan motor yang unik. Lintasan balapnya berbentuk oval, dan motornya tidak memiliki rem. Iya, benar, motornya tanpa rem.

Selain itu, motornya pun hanya punya satu gigi. Meski begitu, motor ini memiliki kapasitas mesin yang lumayan besar, yaitu 500 cc. Untuk berbelok, pembalap harus menikung dengan teknik power slide.

12. Cross Country Rally Racing

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniailustrasi cross country rally racing (motorcyclesports.net)

Ini balap motor yang memerlukan daya tahan yang tinggi. Pembalap harus balapan dengan jarak yang sangat jauh, bisa jadi melintasi beberapa negara. Dipandu dengan GPS, pembalap harus melalui jarak A ke jarak B dengan waktu tertentu. Siapa yang paling cepat sampai, dia lah pemenangnya.

Saking panjangnya jarak tempuh, balapan jenis ini bisa berlangsung hingga beberapa hari. Cross country rally racing yang paling terkenal adalah Dakar Rally, yang dulu dikenal sebagai Paris-Dakar Rally.

Baca Juga: Ternyata Ini Beda Ban Motor Harian dan Balap, Sudah Tahu? 

13. Endurance Racing

Paling Lengkap! Ini 13 Jenis Balap Motor yang Ada di Duniailustrasi endurance racing (redbull.com)

Endurance racing adalah balapan motor yang menguji daya tahan pembalap dan motornya. Meski kecepatan juga penting, namun ketahanan menyelesaikan balapanlah yang akan mengantarkan pembalap menuju kemenangan.

Aturan balapan yaitu bisa untuk menempuh jarak putaran tertentu, atau menempuh jarak tertentu dalam interval waktu tertentu. Jenis balapan ini bisa di lintasan aspal atau tanah.

Itulah 13 jenis balap motor yang sering dikompetisikan di dunia. Jenis balap motor mana yang sering kamu tonton?

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya