7 Negara asal Pembalap MotoGP 2023, Spanyol Masih Dominan

Hampir separuhnya adalah Spaniard

MotoGP 2023 bakal melombakan 21 seri Grand Prix dengan total 42 balapan. Selain balapan utama pada hari Minggu, akan ada sprint race pada setiap hari Sabtu.

Untuk jumlah balapan tersebut, ada 22 pembalap yang akan berlomba menjadi yang tercepat. Jumlah pembalap tersebut berasal dari 7 negara. Negara mana saja dan siapa saja yang mewakilinya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Spanyol (10 pembalap)

7 Negara asal Pembalap MotoGP 2023, Spanyol Masih DominanMaverick Vinales dan Aleix Espargaro (motogp.com)

Secara jumlah, pembalap asal Spanyol masih mendominasi grid balap di kelas MotoGP. Dari 22 pembalap yang berkompetisi musim 2023, 10 orang di antaranya adalah Spaniard.

Marc Marquez dan Joan Mir memperkuat Repsol Honda. Di Aprilia Racing, ada duet Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Alex Marquez akan berseragam Gresini Racing, sedangkan Alex Rins berseragam LCR Honda Castrol.

Jorge Martin masih memperkuat tim Prima Pramac Racing, sementara Raul Fernandez bersama tim CryptoData Aprilia RNF. Untuk tim GASGAS Factory Racing Tech3, ada duet Pol Espargaro dan Augusto Fernandez.

2. Italia (6 pembalap)

7 Negara asal Pembalap MotoGP 2023, Spanyol Masih DominanFrancesco Bagnaia (motogp.com)

Negara kedua dengan jumlah pembalap terbanyak di kelas premier adalah Italia. Setidaknya ada 6 rider yang berjuang untuk mengibarkan Il Tricolore.

Francesco Bagnaia berpasangan dengan Enea Bastianini di tim Ducati Lenovo. Kemudian ada Luca Marini yang masih berduet dengan Marco Bezzecchi di tim Mooney VR46 Racing Team. Fabio Di Giannantonio masih berseragam tim Gresini Racing, dan Franco Morbidelli tetap menjadi pembalap pabrikan Monster Energy Yamaha.

3. Prancis (2 pembalap)

7 Negara asal Pembalap MotoGP 2023, Spanyol Masih DominanQuartararo dan Zarco (motogp.com)

Prancis masih memiliki dua perwakilan di kelas MotoGP. Pertama adalah Fabio Quartararo, pembalap tim Monster Energy Yamaha yang baru saja kehilangan gelar juara dunia.

Berikutnya adalah Johann Zarco. Pembalap tim Prima Pramac Racing ini masih memburu kemenangan pertama di kelas para raja.

Baca Juga: Aleix Espargaro Beberkan Apa yang Dibutuhkan Aprilia pada MotoGP 2023

4. Portugal (1 pembalap)

7 Negara asal Pembalap MotoGP 2023, Spanyol Masih DominanMiguel Oliveira (motogp.com)

Sama seperti musim lalu, hanya ada satu pembalap asal Portugal di lintasan balap MotoGP. Ia adalah Miguel Oliveira.

Namun, ada sedikit perubahan status pada pembalap bernomor 88 ini. Jika musim lalu ia menggeber KTM, mulai 2023 ia akan memacu Aprilia RS-GP sebagai pembalap tim CryptoData Aprilia RNF.

5. Australia (1 pembalap)

7 Negara asal Pembalap MotoGP 2023, Spanyol Masih DominanJack Miller (motogp.com)

Berbeda dengan musim 2022, kini hanya ada satu pembalap asal Australia. Jack Miller masih di MotoGP, sedangkan Remy Gardner berpindah ke ajang World Superbike.

Jack Miller tak lagi berseragam merah di tim pabrikan Ducati. Di MotoGP 2023, Miller berseragam tim Red Bull KTM Factory Racing.

6. Jepang (1 pembalap)

7 Negara asal Pembalap MotoGP 2023, Spanyol Masih DominanTakaaki Nakagami (motogp.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, hanya ada satu perwakilan pembalap dari Asia. Ada Takaaki Nakagami yang merupakan pembalap asal Jepang yang masih mengaspal di MotoGP.

Takaaki Nakagami memperkuat tim satelit LCR Honda Idemitsu. Meski sempat diterpa isu bakal diganti oleh kompatriotnya, Ai Ogura, setidaknya untuk setahun kedepan Nakagami masih akan berada di paddock Grand Prix.

7. Afrika Selatan (1 pembalap)

7 Negara asal Pembalap MotoGP 2023, Spanyol Masih DominanBrad Binder (motogp.com)

Jika sebelumnya Brad Binder ditemani oleh sang adik, Darryn Binder, kini Brad kembali menjadi satu-satunya pembalap asal Afrika Selatan. Darryn sendiri turun kelas ke Moto2.

Brad Binder tetap menjadi andalan tim Red Bull KTM Factory Racing. Ia sudah membela tim asal Mattighofen itu sejak musim 2020.

 

Sebanyak 22 pembalap akan berlomba pada 21 seri Grand Prix. Pembalap dari negara mana yang bakal merebut gelar juara pada MotoGP 2023, ya?

Baca Juga: Vinales dan Miller Bisa Cetak Rekor Langka di MotoGP 2023

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya