4 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang dengan 2 Merek Jepang

Samurainya MotoGP!

Sejak era MotoGP lahir pada 2002, tak banyak pembalap yang menang dengan dua merek motor Jepang. Tercatat, hanya empat pembalap saja yang bisa melakukannya. Bak seorang samurai, mereka adalah pembalap andal yang menjadi jagoan di pabrikannya masing-masing.

Kemenangan yang mereka torehkan pun termasuk unik. Beberapa pembalap menjadi kampiun pada balapan pertamanya dengan satu merek baru. Bahkan, ada yang bisa menang back-to-back dengan merek yang berbeda.

Siapa saja 4 pembalap MotoGP yang pernah jadi kampiun dengan 2 merek motor Jepang? Simak ulasannya berikut ini!

1. Alex Rins (Suzuki dan Honda)

4 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang dengan 2 Merek JepangAlex Rins meraih kemenangan pertamanya di MotoGP bersama GSX-RR 2019. (motogp.com)

Alex Rins jadi pembalap teranyar yang menorehkan prestasi menang dengan dua merek Jepang. Pembalap yang kini berseragam tim LCR Honda itu pernah 6 kali menang. Rinciannya, Rins menang 5 kali bersama Suzuki dan 1 kali bersama Honda.

Menariknya, Rins merebut kemenangan pertamanya bersama Suzuki dan Honda di sirkuit yang sama. Pada 2019, Rins menjadi kampiun saat menggeber Suzuki GSX-RR di Sirkuit COTA. Pada 2023, Rins kembali menunjukkan kehebatannya di lintasan sepanjang 5,5 km tersebut. Mengendarai Honda RC213V yang relatif baru baginya, Rins sukses mendominasi balapan.

Baca Juga: Valentino Rossi Ingin Franco Morbidelli Bergabung ke Pramac Ducati

2. Maverick Vinales (Suzuki dan Yamaha)

4 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang dengan 2 Merek JepangMaverick Vinales saat menggeber GSX-RR 2016. (motogp.com)

Maverick Vinales juga masuk dalam jajaran pembalap elite yang menang dengan dua merek motor asal Negeri Sakura. Sama seperti Alex Rins, Vinales merebut kemenangan pertamanya bersama Suzuki. Bedanya, Vinales meraih kemenangan berikutnya bersama Yamaha.

Pembalap berjuluk Top Gun ini menang dengan Suzuki di GP Inggris pada 2016. Setahun berikutnya, ia menjadi kampiun bersama Yamaha saat berlaga di GP Qatar, seri perdana musim itu sekaligus pertama kalinya Vinales membalap dengan motor pabrikan Iwata.

Saat ini, Vinales tengah berusaha untuk mencetak kemenangan bersama Aprilia. Jika berhasil, ia bakal menjadi pembalap yang bisa menang dengan tiga pabrikan berbeda. Prestasi itu termasuk langka di MotoGP.

3. Valentino Rossi (Honda dan Yamaha)

4 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang dengan 2 Merek JepangValentino Rossi dan Honda RC211V (motogp.com)

Pada awal karier balapnya di kelas premier, Valentino Rossi adalah pembalap andalan Honda. Menggunakan motor racikan pabrikan bersayap emas, The Doctor mencetak hattrick juara dunia pada 2001 hingga 2003. Hingga balapan terakhirnya bersama Honda, Rossi masih mempersembahkan kemenangan.

Pada musim 2004, Rossi berpindah pabrikan. Saat seri perdana musim tersebut di Sirkuit Phakisa Freeway, Afrika Selatan, ia sudah berseragam biru untuk membela Yamaha. Hebatnya, Rossi langsung membuat kejutan dengan sukses merebut kemenangan pertamanya bersama pabrikan Iwata tersebut.

Hasil ini unik. Saat seri terakhir musim 2003, Rossi menang dengan Honda. Pada balapan seri perdana musim 2004, Rossi langsung menang dengan Yamaha. Sampai sekarang, rekor kemenangan tersebut belum terpecahkan. Rossi menjadi satu-satunya pembalap yang menang back-to-back dengan dua motor pabrikan berbeda.

4. Max Biaggi (Yamaha dan Honda)

4 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang dengan 2 Merek JepangMax Biaggi (motogp.com)

Pembalap pertama yang menang dengan dua merek Jepang berbeda adalah Massimiliano Biaggi. Lebih dikenal dengan Max Biaggi, rider Italia ini pernah membela Honda dan Yamaha. Di kedua pabrikan tersebut, Biaggi membuktikan diri sebagai pembalap andal.

Pada 2002, tahun pertama era MotoGP, Biaggi pertama kali menang bersama Yamaha di seri Republik Ceko. Setahun berikutnya, Biaggi pindah ke Honda dan menang di seri Inggris. Pembalap berjuluk The Roman Emperor ini juga sering terlibat duel seru dengan Valentino Rossi.

Alex Rins, Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Max Biaggi masuk dalam kategori pembalap elite di MotoGP. Menang dengan dua motor pabrikan Jepang bukan perkara mudah. Siapa yang bakal menyusul mereka?

Baca Juga: Terungkap! Luka Wajah Max Biaggi pada GP Spanyol 2001 Bukan Ulah Rossi

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya