Performa Rookie Moto3 2023 Menuai Decak Kagum, Mampu Menang!

Bahkan, ada yang bersaing dalam perebutan gelar juara dunia

Moto3 2023 menampilkan banyak keseruan. Salah satunya datang dari para pembalap debutan di kelas ringan. Para pembalap junior tidak hanya berjuang untuk mencari pengalaman. Terbukti, mereka juga memburu kemenangan.

Dari jumlah 6 rookie, 3 di antaranya bisa merebut podium. Hebatnya lagi, dua di antaranya bahkan tampil sangat mengesankan. Mereka bisa merebut pole position dan berhasil menjadi kampiun. Bahkan, ada yang sempat menjadi pesaing dalam perebutan gelar juara dunia.

Bagaimana performa rookie Moto3 sepanjang musim? Simak ulasannya berikut ini!

1. David Alonso, pembalap debutan terkuat

Performa Rookie Moto3 2023 Menuai Decak Kagum, Mampu Menang!potret David Alonso (motogp.com)

David Alonso (GASGAS Aspar Team) jadi rookie Moto3 paling digdaya. Tengok saja hasil balap dari pembalap Kolombia kelahiran Madrid, Spanyol, tahun 2006 ini. Alonso merebut empat kemenangan di Inggris, Catalunya, San Marino, dan Thailand. Ia juga meraih empat posisi runner-up di Spanyol, Indonesia, Qatar, dan Valencia.

Tak heran, Alonso menjadi peraih titel Rookie of The Year 2023. Hebatnya lagi, ia sempat menantang Jaume Masia dan Ayumu Sasaki dalam perebutan gelar juara dunia. Meski pada akhirnya ia menempati peringkat ke-3 pada klasemen akhir, pencapaian tersebut sangat luar biasa bagi seorang rookie.

Baca Juga: Tuai Pro-Kontra, Sprint Race MotoGP Tetap Digelar di 2024

2. Collin Veijer tak kalah hebat

Performa Rookie Moto3 2023 Menuai Decak Kagum, Mampu Menang!potret Collin Veijer (instagram.com/collinveijerofficial)

Collin Veijer (Liqui Moly Husqvarna Intact GP) jadi pembalap yang juga tampil mumpuni pada musim pertamanya di ajang Grand Prix. Ketika merebut pole position di Sirkuit Red Bull Ring, pembalap Belanda kelahiran 2005 ini mencetak sejarah. Ini adalah pole position pertamanya.

Selain itu, pole position yang direbut di Austria itu juga bersifat unik. Pasalnya, ini adalah pole position pertama yang direbut pembalap Belanda di kelas ringan sejak 1990. Jika dihitung dari semua kelas, maka itu menjadi pole position pertama pembalap Belanda sejak musim 1999. Selain di Austria, Veijer juga meraih pole position di Valencia.

Pencapaiannya tak sampai di situ. Saat balapan, ia sukses merebut 2 podium, termasuk 1 kemenangan. Ia finis P3 di seri Thailand, lalu merebut kemenangan di seri Malaysia.

3. Jose Antonio Rueda bisa merebut podium

Performa Rookie Moto3 2023 Menuai Decak Kagum, Mampu Menang!potret Jose Antonio Rueda (motogp.com)

Pembalap debutan lain yang mampu merengkuh podium adalah Jose Antonio Rueda. Rookie di tim Red Bull KTM Ajo ini finis P3 di Catalunya. Sepanjang musim, ia memang tampil kompetitif. Rueda tercatat finis di posisi sepuluh besar sebanyak 12 kali.

4. David Salvador bersaing untuk posisi sepuluh besar

Performa Rookie Moto3 2023 Menuai Decak Kagum, Mampu Menang!potret David Salvador (instagram.com/davidsalvador38)

David Salvador punya tekad kuat untuk merebut hasil terbaik di Moto3 2023. Pembalap debutan di tim CIP Green Power ini beberapa kali merangsek ke barisan depan. Namun, hasil terbaik yang bisa ia capai adalah tiga kali finis sepuluh besar. Pembalap kelahiran Madrid ini finis P10 di Argentina, P7 di Amerika Serikat, dan P6 di Inggris.

5. Filippo Farioli tampil cukup kompetitif

Performa Rookie Moto3 2023 Menuai Decak Kagum, Mampu Menang!potret Filippo Farioli bersama tim Tech3 (instagram.com/filippofarioli7)

Rookie lain yang tampil cukup kompetitif adalah Filippo Farioli. Rider muda di tim Red Bull KTM Tech3 ini beberapa kali bersaing di posisi lima belas besar. Farioli finis di zona poin pada empat seri Moto3, termasuk finis P9 di Malaysia yang merupakan hasil terbaiknya.

6. Syarifuddin Azman pernah dapat poin

Performa Rookie Moto3 2023 Menuai Decak Kagum, Mampu Menang!potret Syarifuddin Azman (instagram.com/syarifuddinazman)

Syarifuddin Azman alias Damok tak mau kalah. Sebagai pembalap debutan di tim MT Helmets-MSI, pemuda asal Malaysia ini bisa mendulang poin saat finis P11 di Argentina. Sayangnya, ia sempat didera cedera panjang. Damok absen pada tiga seri balap di Italia, Jerman, dan Belanda.

7. Klasemen pembalap debutan Moto3 2023

Performa Rookie Moto3 2023 Menuai Decak Kagum, Mampu Menang!ilustrasi balap Moto3 (motogp.com)

Dengan koleksi empat kemenangan, tentu saja David Alonso mendulang paling banyak poin. Ia mengantongi 245 poin sehingga menjadikannya rookie terbaik. Ia berjarak 96 poin dari Collin Veijer yang menjadi pembalap debutan terbaik di posisi berikutnya.

Berikut ini raihan poin dan klasemen akhir Rookie of The Year Moto3 2023:

  1. David Alonso - 245 poin;
  2. Collin Veijer - 149 poin;
  3. Jose Antonio Rueda - 121 poin;
  4. David Salvador - 31 poin;
  5. Filippo Farioli - 19 poin; dan
  6. Syarifuddin Azman - 5 poin.

Untuk musim depan, Moto3 punya sederet pembalap tangguh. Jika melihat hasil musim ini, David Alonso, Collin Veijer, dan Jose Antonio Rueda punya kesempatan besar bersaing merebut podium, bahkan kemenangan. Bakal seseru apa, ya, balapan Moto3 2024 musim depan?

Baca Juga: Klasemen Akhir Moto3 2023, Pembalap Debutan Tampil Kompetitif

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya