Sirkuit MotoGP 2023 Paling Sering Makan Korban, Banyak yang Jatuh

Jumlah jatuh di trek lama dan baru sama banyak

MotoGP 2023 melombakan 20 seri Grand Prix yang dihelat di 20 sirkuit. Khusus di kelas premier, ada 39 balapan yang digelar, yaitu 19 sprint race dan 20 main race. Ditambah dengan sesi latihan dan kualifikasi pada hari sebelumnya, setiap pembalap melakoni banyak putaran di atas lintasan.

Risiko mengalami kecelakaan pun selalu ada. Sepanjang musim, jumlah kecelakaan di semua kelas di tiap sirkuit mencapai 1012 kecelakaan. Rinciannya, terjadi kecelakaan sebanyak 358 kali di kelas MotoGP, 344 kali di Moto2, dan 310 kali di Moto3.

Dari semua sirkuit yang menjadi tuan rumah Grand Prix, ada dua trek yang memakan banyak korban. Trek mana saja yang paling sering mencatatkan kecelakaan pada MotoGP 2023? Simak ulasannya berikut ini!

1. Sirkuit Le Mans mencatatkan 79 kecelakaan

Sirkuit MotoGP 2023 Paling Sering Makan Korban, Banyak yang JatuhSirkuit Le Mans (motogp.com)

Sirkuit Le Mans di Prancis menjadi saksi bisu banyaknya kecelakaan yang terjadi. Lintasan sepanjang 4,2 km yang memiliki 14 tikungan ini mencatatkan 79 kecelakaan di semua kelas, baik itu MotoGP, Moto2, maupun Moto3. Kelas MotoGP sendiri menyumbang 28 kecelakaan sepanjang akhir pekan.

Beberapa kecelakaan dramatis memang terjadi di seri ini. Misalnya saja kecelakaan yang melibatkan Francesco Bagnaia dan Maverick Vinales, atau insiden antara Luca Marini dan Alex Marquez. Selain itu, 3 dari 4 pembalap Honda terjatuh, yaitu Joan Mir, Alex Rins, dan Marc Marquez. Pada sesi main race, hanya 13 pembalap yang mampu melewati garis finis.

Di Moto2 tak kalah semrawut. Sesi balapan sempat diwarnai berkibarnya red flag lantaran terjadi kecelakaan parah yang melibatkan Albert Arenas, Manuel Gonzalez, dan Aron Canet. Beruntungnya, saat itu tak ada pembalap yang sampai mengalami cedera parah.

Baca Juga: Tak Ada Seri MotoGP 2023 yang Diikuti Semua Pembalap, Banyak Cedera!

2. Kecelakaan di Sirkuit Buddh sama banyaknya

Sirkuit MotoGP 2023 Paling Sering Makan Korban, Banyak yang Jatuhilustrasi balap MotoGP (motogp.com)

MotoGP 2023 menyambangi sirkuit anyar. Terletak di India, Sirkuit Buddh menggelar ajang Grand Prix untuk pertama kalinya. Baru debut jadi tuan rumah, sirkuit sepanjang 5,01 km dengan 13 tikungan ini langsung tercatat sebagai lintasan yang banyak memakan korban terjatuh.

Jumlah kecelakan di Sirkuit Buddh sama dengan di Sirkuit Le Mans, yaitu 79 kali. Itu pun setelah jumlah putaran direvisi. Ada kemungkinan terjadi lebih banyak kecelakaan jika durasi balapan tak berubah.

Kondisi sirkuit memang panas. Wajar saja jika durasi balapan dipangkas satu putaran untuk sesi sprint race MotoGP, balapan Moto2, dan Moto3. Sedangkan balapan utama MotoGP diperpendek tiga putaran.

Kelas MotoGP sendiri menyumbang 21 kecelakaan. Beberapa pembalap yang terjatuh saat main race antara lain Francesco Bagnaia dan Marc Marquez. Sehari sebelumnya, Luca Marini dan Alex Marquez kecelakaan masing-masing di sesi sprint dan kualifikasi.

3. Daftar jumlah kecelakaan di setiap sirkuit MotoGP 2023

Sirkuit MotoGP 2023 Paling Sering Makan Korban, Banyak yang JatuhMarc Marquez, Jorge Martin, dan Miguel Oliveira terlibat kecelakaan di Sirkuit Portimao. (motogp.com)

Kecelakaan di Sirkuit Le Mans dan Sirkuit Buddh paling banyak. Berikutnya adalah Circuit of The America yang mencatatkan 69 kecelakaan. Sementara itu, Sirkuit Termas de Rio Hondo menjadi lintasan yang paling sedikit mencatatkan kecelakaan, yakni hanya 23 kali.

Berikut ini jumlah kecelakaan di setiap sirkuit yang menghelat MotoGP 2023:

  • Sirkuit Le Mans (Prancis) - 79 kecelakaan;
  • Sirkuit Buddh (India) - 79 kecelakaan;
  • Circuit Of The Americas (Amerika Serikat) - 69 kecelakaan;
  • Sirkuit Sepang (Malaysia) - 65 kecelakaan;
  • Sirkuit Mandalika (Indonesia) - 60 kecelakaan;
  • Sirkuit Silverstone (Inggris) - 58 kecelakaan;
  • Sirkuit Algarve (Portugal) - 57 kecelakaan;
  • Sirkuit Ricardo Tormo (Valencia) - 57 kecelakaan;
  • Sirkuit Misano (San Marino) - 54 kecelakaan;
  • Sirkuit Phillip Island (Australia) - 51 kecelakaan;
  • Sirkuit Assen (Belanda) - 51 kecelakaan;
  • Sirkuit Jerez (Spanyol) - 50 kecelakaan;
  • Sirkuit Sachsenring (Jerman) - 45 kecelakaan;
  • Sirkuit Motegi (Jepang) - 43 kecelakaan;
  • Sirkuit Mugello (Italia) - 42 kecelakaan;
  • Sirkuit Red Bull Ring (Austria) - 41 kecelakaan;
  • Sirkuit Lusail (Qatar) - 30 kecelakaan;
  • Sirkuit Chang (Thailand) - 29 kecelakaan;
  • Sirkuit Catalunya (Spanyol) - 29 kecelakaan; dan
  • Sirkuit Termas de Rio Hondo (Argentina) - 23 kecelakaan.

Kecelakaan di setiap kelas MotoGP bukan hal yang tabu. Namanya juga adu cepat. Persaingan ketat di atas lintasan dan ambisi pembalap untuk selalu jadi nomor satu selalu membuka peluang terjadinya kecelakaan. Hal terpenting tentunya adanya skenario keselamatan yang perlu ditingkatkan dari musim ke musim agar risiko cedera yang dialami pembalap MotoGP bisa terus diminalisir.

Baca Juga: Marquez Paling Banyak Jatuh di MotoGP 2023, Bagaimana Pembalap Lain?

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya