Alexandra Asmasoebrata, Antara Jaga Stamina dan Pembalap Perempuan

Alexandra Asmasoebrata masih aktif di dunia balap

Jakarta, IDN Times - Alexandra Asmasoebrata, harus diakui, adalah salah satu pembalap perempuan yang mampu membawa nama Indonesia di kancah dunia. Berbagai gelar balap internasional pernah dia rengkuh.

Tercatat, Alexandra pernah menjadi juara National Kart Championship pada 2002 serta China Formula Campus Asian Division. Dia juga dikenal sebagai putri dari mendiang pembalap kenamaan asal Indonesia, Alex Asmasoebrata.

Alexandra memang sekarang sudah pensiun dari dunia balap. Dia sudah menikah dan dikaruniai dua anak. Tapi, kecintaannya pada dunia balap belum pudar. Sembari aktif menjaga kesehatan, dia masih memberikan edukasi terkait dunia balap kepada perempuan Indonesia.

1. Alexandra gencar edukasi dunia balap kepada perempuan

Alexandra Asmasoebrata, Antara Jaga Stamina dan Pembalap PerempuanInstagram :@alexandra.asma

Alexandra mengaku, saat ini rutin mengedukasikan perihal motorsport kepada seluruh perempuan muda Indonesia. Salah satu wujud dari edukasi itu adalah acara IMI Women In Motorsport.

"Selama ini, yang kita tahu dunia balap itu didominasi oleh kaum laki-laki. Jadi, kami mau mengajak lebih dalam lagi para perempuan untuk terjun di dunia balap," ujar Alexandra dalam keterangan resminya.

"Tidak hanya menjadi pembalap, tapi mereka tahu bagaimana di balik kemudi ataupun sebuah tim balap itu ternyata banyak sekali profesi lain yang memiliki peran penting, tidak melulu harus laki-laki di dalam industri balap," lanjutnya.

Dalam acara IMI Women In Motorsport Festival Vol 1, Alexandra dan beberapa pembalap lainnya mendampingi 45 peserta perempuan. Dia salut dengan antusiasme yang ditunjukkan oleh para peserta.

Baca Juga: Max Verstappen Soroti Kekurangan RB19 saat Balapan di Sirkuit Jalanan

2. Alexandra juga aktif menjaga kesehatan

Alexandra Asmasoebrata, Antara Jaga Stamina dan Pembalap Perempuaninstagram.com/alexandra.asma

Sebagai seorang pembalap sekaligus ibu dari dua anak, Alexandra harus selalu menjaga stamina dan kesehatan. Salah satunya, dia kerap mengonsumsi air putih setiap harinya.

"Mengonsumsi air putih setiap hari adalah kunci kesehatan tubuhku. Selain itu, aku rutin minum vitamin D, magnesium, probiotik, dan kalsium," kata Alexandra.

Tak hanya itu, Alexandra kini menghindari makanan yang mengandung gula dan minyak berlebih. Meski masih belum bisa penuh, hal itu masih dia lakukan secara konsisten.

"Aku sudah satu tahun belakangan ini gluten free. Aku juga sudah mengurangi makanan yang digoreng. Hal tersebut aku lakukan agar tubuhku menjadi lebih sehat," ujar Alexandra.

3. Harapan agar penerus di dunia balap

Alexandra Asmasoebrata, Antara Jaga Stamina dan Pembalap PerempuanMantan pembalap perempuan Indonesia, Alexandra Asmasoebrata. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sebagai sosok senior di industri balap, Alexandra memiliki harapan untuk adanya penerus di dunia balap perempuan di Indonesia. Alhasil, lewat acara ini, dia ingin memperkenalkan situasi balapan pada perempuan di Indonesia.

"Kalau dari saya sebagai seorang pembalap, ingin sekali banyak pembalap lainnya bermunculan. Jujur, saat ini pembalap perempuan itu ada, tapi tidak menjamur, tak cepat pertumbuhannya," ujar Alexandra.

Baca Juga: Indonesia Dinobatkan Jadi Tuan Rumah Terbaik Balap Air Dunia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya