Pertamina Lubricants Jadi Sponsor VR46, Bayar Berapa?

Pertamina Lubricants diperkirakan habis uang banyak

Jakarta, IDN Times - Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak jalan juga untuk bisa merasakan atmosfer MotoGP. Tidak melulu jadi pembalap, masuk ke ajang tersebut bisa juga dengan menjadi sponsor dan itulah yang dilakukan Pertamina Lubricants.

Pertamina Lubricants resmi jadi sponsor utama salah satu tim MotoGP musim depan, yakni VR46 Racing Team. Mereka menggantikan Mooney yang jadi sponsor tim tahun lalu.

Nama resmi tim pun sudah diluncurkan, yakni Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Dengan menjadi sponsor salah satu tim MotoGP, kira-kira berapa duit yang dihabiskan Pertamina Lubricants untuk jadi sponsor?

1. Bisa habis sampai Rp77,4 triliun

Pertamina Lubricants Jadi Sponsor VR46, Bayar Berapa?Pembalap VR46, Fabio Di Giannantonio. (Dok. Pertamina Lubricants).

Dilansir Drive Sports Marketing, ada variasi biaya yang dikeluarkan sebuah brand untuk menjadi sponsor utama tim di MotoGP. Jika menyebut jumlah, berada di kisaran 150 ribu hingga 5 miliar dolar AS (Rp2,3 miliar sampai Rp77,4 triliun).

"Biaya yang dikeluarkan sebuah brand untuk jadi sponsor utama tim MotoGP bervariasi, namun diperkirakan jumlahnya berada di kisaran 150 ribu hingga lima miliar dolar AS per tahun," begitu hasil studi Drive Sports Marketing.

Baca Juga: Logo Baru Pertamina Enduro VR46: Nuansa Merah-Putih dan Rossi

2. Brand akan dapat banyak keuntungan

Pertamina Lubricants Jadi Sponsor VR46, Bayar Berapa?Tim VR46 saat melakoni tes pasca musim MotoGP 2023 (dok. VR46)

Terlepas dari biaya besar yang dikeluarkan sebuah brand untuk jadi sponsor utama tim MotoGP, ada banyak keuntungan menanti. Menjadi sponsor utama tim MotoGP jadi cara efektif bagi mereka untuk mempromosikan brand.

"Tipe sponsorship seperti ini termasuk branding di motor, wearpack, dan material-material lain yang berkaitan dengan tim. Belum lagi pelayanan premium dan hak untuk membuat konten di media sosial," tulis keterangan resmi mereka.

3. Pertamina Lubricants menyadari potensi ini

Pertamina Lubricants Jadi Sponsor VR46, Bayar Berapa?Tim VR46 saat melakoni tes pasca musim MotoGP 2023 (dok. VR46)

Direktur Utama Pertamina Lubricants, Werry Prayogi, menyadari bagaimana dampak dari brand VR46. Werry merasa kerja sama dengan VR46 merupakan langkah strategis dalam memperluas pasarnya.

"Kerja sama antara Pertamina Lubricants dan VR46 Racing Team adalah langkah strategis untuk memperluas visi kami menjadi juara di industri pelumas. Ini merupakan bukti bahwa VR46 Racing Team dan Valentino Rossi menaruh kepercayaan yang tinggi pada kualitas internasional Pertamina Enduro," ujar Werry.

Werry tak menjelaskan berapa investasi yang digelontorkan Pertamina Lubricants ke VR46. Namun, dia menyatakan dari hasil analisis konsultan, kerja sama dengan VR46 bisa meningkatkan nilai pasar dari Pertamina Lubricants dua hingga tiga kali lipat.

"Secara marketing value, bisa lebih dari dua sampai tiga kali lipat dari nilainya (dengan menjadi bagian dari Pertamina Enduro VR46 Racing Team di MotoGP). Itu menurut konsultan kami," kata Werry.

Baca Juga: Tim MotoGP Rossi Resmi Ganti Nama: Pertamina Enduro VR46 Racing Team

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya