Serbia Hadapi Jerman di Final Piala Dunia Basket 2023

Serbia dan Jerman menang di semifinal

Jakarta, IDN Times - Kejutan terjadi di Piala Dunia Basket 2023. Alih-alih Amerika Serikat dan Kanada yang bertemu di final, justru Jerman dan Serbia yang menapaki partai puncak kompetisi basket paling bergengsi dunia itu.

Di semifinal, Jerman dan Serbia menunjukkan keperkasaannya. Serbia sukses menumpaskan perlawanan Kanada, sedangkan Jerman kembali mengejutkan banyak pihak dengan menundukkan Amerika Serikat.

1. Jerman menangi laga ketat

Serbia Hadapi Jerman di Final Piala Dunia Basket 2023Amerika Serikat lawan Jerman di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Jerman dan Amerika Serikat sudah bertarung ketat sejak kuarter pertama. Kendati Jerman unggul dengan skor 33-31, AS memberikan perlawanan yang kuat. Begitu juga di kuarter kedua. Sayang, kuarter ketiga menjadi momok bagi AS.

Performa apik Andreas Obst, Franz Wagner, dan Daniel Theis, yang mampu menorehkan 24 poin, 22, dan 21, menenggelamkan AS. Kendati Austin Reaves dan Anthony Edwards ciamik, AS akhirnya kalah dengan skor 111-113.

Baca Juga: Seram, Pemain Serbia Kehilangan Ginjal di Piala Dunia Basket

2. Kanada tertelan kolektivitas Serbia

Serbia Hadapi Jerman di Final Piala Dunia Basket 2023Kanada lawan Serbia di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Sementara itu, di laga lain Serbia menunjukkan kolektivitas luar biasa saat bersua Kanada. Bogdan Bogdanovic masih jadi motor permainan lewat 23 poinnya, tetapi ada empat pemain lain yang mampu mencetak di atas 10 angka.

Di sisi lain, Kanada yang bertumpu pada RJ Barrett yang mencetak 23 poin gagal menahan kolektivitas ini. Ditambah, Shai Gilgeous-Alexander juga kurang prima di laga ini. Alhasil, Kanada tumbang 86-95.

3. Piala Dunia Basket 2023 mendekati puncak

Serbia Hadapi Jerman di Final Piala Dunia Basket 2023Kanada lawan Serbia di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Seiring dengan masuknya Jerman dan Serbia ke final, Piala Dunia Basket 2023 pun mendekati puncak. Akan hadir juara baru di tahun ini, setelah dalam empat gelaran sebelumnya, dominasi jadi milik Spanyol dan Amerika Serikat.

Namun, Amerika Serikat dan Kanada masih akan bertempur di Piala Dunia Basket 2023, kendati kalah di semifinal lawan Jerman dan Serbia. Mereka akan bertarung di laga perebutan tempat ketiga.

Baca Juga: Spanyol dan Prancis Terkubur di Piala Dunia Basket 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya