Timnas Basket Indonesia Harus Gaspol Lawan Arab Saudi

Indonesia punya sisa tiga laga lagi

Jakarta, IDN Times - Asisten pelatih Timnas Basket Indonesia, Yohannis Winar, meminta anak-anak asuhnya untuk langsung tancap gas dalam laga lawan Arab Saudi, Senin (14/8/2023) malam. Potensi kemenangan harus diciptakan demi membuka peluang lolos kualifikasi Olimpiade 2024, Paris.

"Harusnya sih anak-anak bisa ya. Jika mereka mau gaspol sejak awal (lawan Arab Saudi), dan jangan kasih kendur ke lawan. Ya, saya yakin bisa," ujar pria yang karib disapa coach Ahang itu, dalam keterangan resminya.

1. Indonesia punya potensi mengimbangi Arab Saudi

Timnas Basket Indonesia Harus Gaspol Lawan Arab SaudiMarques Bolden di FIBA Asia Cup 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Ahang menyatakan Indonesia punya potensi besar untuk mengimbangi Arab Saudi. Terlepas dari perbedaan postur, dia optimistis Indonesia mampu memberikan perlawanan, laiknya saat melawan India, Minggu (13/8/2023) malam.

"Arab Saudi turun dengan materi pemain yang sama seperti FIBA Asia Cup lalu. Secara materi dan postur lebih bagus. Ini akan jadi laga sulit. Harapan saya, para pemain bisa menyesuaikan diri," kata Ahang.

Baca Juga: Usai Kazakhstan, Timnas Basket Indonesia Bersiap Lawan India

2. Indonesia siap evaluasi usai kalah dari India

Timnas Basket Indonesia Harus Gaspol Lawan Arab SaudiYudha Saputera tampil di Tim Putih All-Star 2022. (Foto: Instagram/yudhasaputera).

Lebih lanjut, coach Ahang juga menuturkan Timnas Basket akan melakukan evaluasi usai kalah dari India di laga kedua prakualifikasi Olimpiade 2024. Dia menyebut, kesalahan di laga lawan India akan dibenahi.

"Memang, saat dua kuarter awal para pemain secara pertahanan mempermudah lawan dalam membangun serangan. Para pemain juga kurang berani menyerang ke dalam. Itu akan kami benahi," ujar Ahang.

3. Indonesia sisakan tiga laga di prakualifikasi

Timnas Basket Indonesia Harus Gaspol Lawan Arab SaudiTimnas Basket Indonesia di tes event Piala Dunia Basket 2023. (Dok. IIBI)

Sejauh ini, Indonesia sudah melakoni dua laga di prakualifikasi Olimpiade 2024. Setelah menang lawan Kazakhstan di laga perdana dengan skor 91-82, Indonesia tumbang di laga kedua lawan India dengan skor 74-90.

Ada sisa tiga laga lagi yang bakal dilakoni Timnas Basket di prakualifikasi Olimpiade 2024. Sudah ada Arab Saudi (14 Agustus), Bahrain (16 Agustus), dan Suriah (17 Agustus).

Baca Juga: Ini Pemain Juara IBL 2023 di Timnas Basket Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya