Usai Kazakhstan, Timnas Basket Indonesia Bersiap Lawan India

India adalah lawan sulit bagi Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Indonesia membuka perjalanan di prakualifikasi Olimpiade 2024 dengan apik. Mereka sukses menumbangkan Kazakhstan pada Sabtu (12/8/2023) malam. Kini, ada India yang sudah menunggu.

Asisten pelatih Timnas Basket Indonesia, mengaku tim pelatih bakal mempersiapkan strategi yang pas jelang lawan India, Minggu (13/8/2023). Namun, mereka bakal memantau kekuatan India lebih dulu.

"Lawan India? Kami belum tahu bagaimana kekuatan lawan. Kami harus scouting dulu. Kami akan lihat pertandingan mereka seperti apa, baru nanti akan menyiapkan strategi yang pas," ujar Winar dalam keterangan resmi Perbasi.

1. Situasi kondusif tercipta di Timnas Basket Indonesia

Usai Kazakhstan, Timnas Basket Indonesia Bersiap Lawan IndiaPemain Indonesia di Pertandingan Basket FIBA Asia Cup 2022 (IDN Times / Tata Firza)

Coach Ahang, sapaan akrab Johannis Winar, berkata bahwa situasi tim jelang lawan India ini kondusif. Bagusnya aura di tim sudah tampak sejak lawan Kazakhstan. Kolektivitas dan energi tim begitu terasa.

"Saya bisa melihat energi pemain bagus. Mereka juga punya motivasi bagus, serta chemistry yang juga bagus. Walau persiapan tim ini singkat, anak-anak mampu menciptakan lingkungan yang bagus," kata Ahang.

Baca Juga: Ini Pemain Juara IBL 2023 di Timnas Basket Indonesia

2. Menanti lagi performa apik Bolden dan Yudha

Usai Kazakhstan, Timnas Basket Indonesia Bersiap Lawan IndiaTimnas Basket Indonesia di tes event Piala Dunia Basket 2023. (Dok. IIBI)

Di laga lawan Kazakhstan, ada dua nama yang mencuri perhatian. Mereka adalah Marques Bolden dan Yudha Saputera. Bolden begitu menonjol di laga tersebut lewat catatan double-double, yakni 40 poin dan 10 rebound.

Sedangkan Yudha, dia melanjutkan performa apiknya di final IBL 2023 dan tes event Piala Dunia Basket 2023. Yudha mencetak 17 poin, dan sembilan di antaranya didapat dari tembakan tiga angka. Dia juga sukses mencetak delapan asis.

Di laga lawan India nanti, keduanya diharapkan dapat tampil apik. Apalagi, India adalah lawan yang cukup merepotkan bagi Indonesia.

3. India berpotensi merepotkan Indonesia

Usai Kazakhstan, Timnas Basket Indonesia Bersiap Lawan IndiaMarques Bolden di FIBA Asia Cup 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Dilansir AI Score, Indonesia dan India sudah bertemu empat kali dalam laga basket internasional. Dari empat laga itu, Indonesia hanya menang sekali. India juga tampil brilian saat bersua Suriah di laga perdana prakualifikasi Olimpiade 2024.

Alhasil, kewaspadaan kudu diterapkan oleh Bolden dan kawan-kawan. Timnas Basket Indonesia akan bersua India dalam laga prakualifikasi Olimpiade 2024 pada Minggu (13/8/2023) di Damaskus, Suriah.

Baca Juga: 11 Pemain Timnas Basket Indonesia di Pra-Kualifikasi Olimpiade 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya