Wakil Indonesia Naik Podium di UCI MTB World Championship 2023

Wakil Indonesia sukses finis di posisi kedua

Jakarta, IDN Times - UCI MTB World Championship 2023 sukses digelar di Sirkuit SG 1973, Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu (12/11/2023). Hasilnya pebalap sepeda wakil Indonesia, Dara Latifah, naik podium kedua.

UCI MTB World Championship 2023 berjalan mulai pukul 13.00 WIB. Para pebalap melakukan kualifikasi untuk menentukan posisi start. Persaingan ketat pun terjadi di kategori women's elite dan men's elite.

1. Dara Latifah apik di kategori women's elite

Wakil Indonesia Naik Podium di UCI MTB World Championship 2023Dara Latifah di UCI MTB World Championship 2023. (Dok. Istimewa)

Pada kategori women's elite, persaingan ketat terjadi antara pembalap Italia, Gaia Tormena dengan Dara Latifah, yang merupakan wakil Indonesia. Kejar-kejaran terjadi di antara keduanya sepanjang balapan.

Dara sempat memimpin, namun dirinya harus mengakui keunggulan Tormena. Pembalap Italia itu mencatatkan waktu 1 menit 42,91 detik, unggul 0,058 detik dari Dara Latifah. Sedangkan posisi ketiga diraih pembalap asal Belanda, Annemoon Van Dienst dengan waktu selisih 0,078 detik dari Tormena.

Baca Juga: Atlet Panjat Tebing Asia Berebut Tiket Olimpiade di Jakarta

2. Pembalap asal Prancis dominan di men's elite

Wakil Indonesia Naik Podium di UCI MTB World Championship 2023Para juara UCI MTB World Championship 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sedangkan pada kategori men's elite, pembalap Prancis begitu dominan. Ada Titouan Perrin Ganier yang sukses menjadi juara dunia dengan catatan 1 menit 34,19 detik. Posisi kedua jadi milik ada rekan senegaranya, Lorenzo Serres, dengan selisih waktu 0,042 detik.

Adapun posisi ketiga adalah wakil Norwegia, Sondre Rokke yang 0;30,97 detik lebih lambat. Pembalap Prancis ciamik dengan merebut posisi pertama dan kedua di UCI MTB World Championship 2023 ini.

3. Wakil Indonesia melebihi target

Wakil Indonesia Naik Podium di UCI MTB World Championship 2023Dara Latifah di UCI MTB World Championship 2023. (Dok. Istimewa)

Dara Latifah sangat bersyukur bisa naik podium kedua di UCI MTB World Championship 2023. Menurutnya, capaian ini melebihi target dia yang hanya lolos ke final.

"Taktiknya saya cuma ambil kesempatan. Saya berusaha semaksimal untuk menyalip dia (Tormena). Saya punya target ke depannya bisa susul dia. Jujur saya mendapatkan juara tidak pernah puas. Saya masih banyak PR dan harus belajar," ujar Dara saat ditemui selepas balapan.

Sedangkan, Gaia Tormena sangat puas bisa mendapatkan gelar juara dunia di Palangka Raya ini. Dia menikmati kemenangan ini, apalagi ini jadi kali pertama dia ke Palangka Raya.

"Orang-orang di sini sangat luar biasa, sejak saya mendarat di sini, orang-orang sudah menyambut saya dengan cinta, dan setelah UCI MTB World Championship 2023 ini, saya tidak sabar untuk kembali ke sini tahun depan," ujar Tormena.

Baca Juga: Pemkot Surabaya akan Gelar Lomba Balap untuk Antisipasi Balap Liar

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya