2 Olahraga Paling Populer di Kalangan Milenial Indonesia, Apa Saja?

Masih banyak juga yang tahu Bambang Pamungkas

Jakarta, IDN Times - Indonesia Millennials and Gen-Z Report 2024 akhirnya dirilis. Kali ini, kita akan membahas olahraga apa saja yang paling digemari kalangan milenial di Indonesia berdasarkan IMGR 2024 yang disusun oleh IDN Research Institute bersama Advisia.

Metode riset yang digunakan dalam IMGR kali ini adalah kuantitatif rentang waktu 29 Mei hingga 9 Juli 2023.

Seluruh responden berasal dari 10 aglomerasi seperti Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, dan Makassar.

Selain menggunakan metode kuantitatif, riset juga dipadukan dengan kualitatif melalui teknik wawancara terhadap sejumlah narasumbernya.

Nah, hasil yang didapat seperti apa nih?

1. Sedikit milenial yang jarang olahraga

2 Olahraga Paling Populer di Kalangan Milenial Indonesia, Apa Saja?Deretan olahraga yang paling populer di Indonesian Millennial Report 2024 (IMGR 2024)

Dalam survei yang dilakukan, ternyata bulu tangkis dan sepak bola masih menjadi olahraga paling digemari di Indonesia. Hanya saja, karakteristik penggemarnya terkesan sangat tersegmen.

Sebanyak 35 persen responden perempuan suka dengan bulu tangkis. Jumlahnya unggul atas penggemar laki-laki yakni 21 persen.

Bergeser ke sepak bola, penggemarnya didominasi laki-laki dengan persentase 35 berbanding dua persen.

Menariknya, olahraga lari semakin populer di kalangan milenial. Lari menjadi olahraga terpopuler ketiga dan persentase penggemarnya begitu berimbang antara laki-laki dan perempuan, delapan berbanding 11 persen

Lalu, dua olahraga lain yang masuk lima besar paling populer adalah renang dan strength training. Uniknya, basket malah masuk posisi enam dalam olahraga terpopuler milenial di Indonesia.

Baca Juga: Ini Sosok Capres 2024 Pilihan Generasi Milenial Menurut Survei IMGR

2. Kebiasaan milenial berolahraga mengkhawatirkan

2 Olahraga Paling Populer di Kalangan Milenial Indonesia, Apa Saja?Kebiasaan milenial saat berolahraga berdasarkan Indonesian Millennials Report 2024 (Indonesian Millennials and Gen-Z Report 2024)

Yang cukup mengkhawatirkan adalah kebiasaan dari milenial dalam berolahraga. Sebanyak 18 persen responden mengaku jarang melakoni latihan fisik.

Sementara, mereka yang berlatih fisik secara rutin hanya enam persen. Tentunya, perbandingan ini begitu jauh.

Apalagi ketika melihat kebiasaan bagaimana milenial berolahraga. Hanya 28 persen milenial yang berolahraga beberapa kali selama sepekan. Lalu, 21 persen berolahraga sekali dalam sepekan, dan ada 27 persen yang melakukannya beberapa kali dalam sebulan.

Pun, dari segi gender, laki-laki lebih sering berolahraga ketimbang perempuan. Ada alasan khusus mengapa fenomena ini terjadi, yakni keamanan.

Ada kecenderungan perempuan kurang nyaman saat beraktivitas di luar ruangan. Sementara, laki-laki dianggap lebih dianggap aman ketika berlatih di ruang terbuka.

Tak cuma itu, adanya tanggung jawab ganda yang diemban perempuan, antara pekerjaan dan rumahnya, berpotensi membuat waktu luang mereka semakin sedikit.

Rasio laki-laki yang tak pernah berolahraga atau jarang, terbilang kecil. Hanya 14 persen responden laki-laki yang tak pernah atau jarang berolahraga. Sementara, ada delapan persen responden laki-laki yang berolahraga setiap hari.

Sisanya, berolahraga dengan frekuensi sekali sepekan, beberapa kali sepekan, hingga beberapa kali sebulan.

Pada dasarnya, milenial sepakat tentang pentingnya berolahraga. Mereka sadar olahraga bisa meningkatkan kualitas fisik, mengobati stres, dan menaikkan kualitas hidupnya.

Demi mendapatkan pandangan luas terkait olahraga, milenial begitu terbuka dengan individu yang gemar berolahraga.

3. Bepe masih populer di kalangan milenial

2 Olahraga Paling Populer di Kalangan Milenial Indonesia, Apa Saja?Legenda Persija, Bambang Pamungkas. (ANTARA/M Risyal Hidayat/pras).

Bergeser ke atlet nasional yang paling terkenal di kalangan milenial, ternyata beberapa masih lekat dengan sejumlah nama lawas. Salah satu figur olahraga paling dikenal kalangan milenial adalah Bambang Pamungkas.

Padahal, legenda Timnas Indonesia dan Persija Jakarta itu sudah pensiun sejak November 2019 silam.

Kemudian, sejumlah pebulu tangkis nasional menjadi atlet terpopuler di kalangan milenial. Ada Greysia Polii, Anthony Sinisuka Ginting, dan Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon.

Itu juga terjadi untuk atlet internasional. Kento Momota serta Viktor Axelsen begitu populer, bersamaan dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Menariknya, Serena Williams juga menjadi atlet paling dikenal di kalangan milenial.

Baca Juga: 6 Hasil Survei IMGR 2024 soal Pandangan Milenial pada Demokrasi

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Millennial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara. IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta.

Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2023. Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner.

Melalui survei yang melibatkan 2000-an responden ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA millennial dan gen Z Indonesia. Survei ini sendiri dilakukan pada periode 29 Mei-9 Juli 2023.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya