Balap Perahu Naga Ramaikan Aquabike Jetski World Championship 2023

Selebritis juga digandeng di event ini

Jakarta, IDN Times - Aquabike Jetski World Championship segera digelar di Danau Toba, Sumatra Utara, 22 hingga 26 November 2023. Event kelas dunia ini diprediksi akan ditonton secara langsung oleh 100 ribu orang dari seluruh belahan Indonesia.

Nantinya, Aquabike Jetski World Championship akan diselenggarakan di empat kabupaten, Samosir, Karo, Dairi, hingga Toba. Pun, panitia telah menyiapkan sederet acara yang menarik untuk ditonton.

1. Ada lomba perahu naga

Balap Perahu Naga Ramaikan Aquabike Jetski World Championship 2023Tim perahu naga Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou (dok. HAGOC)

Ada lomba perahu naga antar kabupaten yang akan diselenggarakan. Selain itu, rencananya sederet selebritis Indonesia akan meramaikan perlombaan serupa.

"Pesta Rakyat jadi daya tarik. Selain lomba yang menghadirkan atlet-atlet dunia dan local heroes Indonesia," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, dalam keterangannya.

Baca Juga: Menpora Jadi Ketua Panitia Balap Air Aquabike dan Formula 1 Powerboat

2. Berharap ada dampak ke masyarakat

Balap Perahu Naga Ramaikan Aquabike Jetski World Championship 2023Serangkaian atraksi, pertunjukan budaya, festival kuliner akan dihadirkan bersamaan dengan perlombaan Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba. Aquabike World Championship 2023 akan diselenggarakan di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba. (Dok. InJourney)

Aquabike Jetski World Championship 2023 merupakan event olahraga air kelas dunia kedua yang digelar di Sumatra Utara. Sebelumnya, pada 2022 lalu, Danau Toba sudah menjadi tuan rumah balap air kelas dunia, Formula 1 Powerboat alias F1H2O.

Tentunya, dengan penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship, diharapkan ada dampak berkelanjutan yang dirasakan masyarakat di sekitar arena.

"Kami berharap event ini bisa terlaksana dengan lancar, sehingga Aquabike Jetski World Championship bisa memberikan multiplier effect yang besar pada perekonomian Sumatra Utara," ujar Pj Gubernur Sumatra Utara, Hassanudin.

3. Incar Rp1,7 triliun dari event ini

Balap Perahu Naga Ramaikan Aquabike Jetski World Championship 2023Konferensi pers Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023. (dok. Injourney)

Dampak yang dimaksud adalah mempromosikan produk lokal alias UMKM dari masyarakat sekitar venue. Target awal, pemerintah Indonesia ingin mendapatkan perputaran uang hingga Rp1,7 triliun dari berbagai sektor di Aquabike Jetski World Championshop 2023.

"Pemkab berharap dukungan segenap masyarakat Toba bisa menyukseskan Aquabike Jetski World Championship 2023. Kesuksesan acara tersebut diharapkan bisa membawa dampak positif termasuk kepada perekonomian masyarakat Toba," kata Bupati Toba, Poltak Sitorus.

Baca Juga: Aquabike Jetski Digelar di Indonesia, Bidik Rp1,7 Triliun

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya