Ukuran Bola Softball, Disesuaikan dengan Kebutuhan Permainan

Ukurannya cukup bervariasi

Softball atau kerap kali disebut sebagai permainan memukul bola merupakan permainan bola kecil yang dilakukan secara berkelompok. Permainan ini terdiri dari dua tim atau dua regu dimana masing-masing terdiri dari 9 pemain. 

Setiap tim memiliki tugasnya, yaitu memukul bola dan berlari menuju base dengan tujuan untuk memperoleh poin. Aturannya yang simpel membuat permainan ini banyak disukai. Namun, kamu juga perlu mengetahui elemen yang cukup penting dalam permainan ini, yaitu bola softball.

Lalu, sebetulnya berapa ukuran bola softball? Berapa berat serta tekanan dan bahan apa yang digunakan pada bola softball? Berikut ini akan dibahas keseluruhan mengenai bola softball.

1. Ukuran bola softball

Ukuran Bola Softball, Disesuaikan dengan Kebutuhan Permainanilustrasi bola softball (pixabay.com/pictureback)

Bola softball memiliki ukuran yang bervariasi dan biasanya disesuaikan dengan tipe permainan yang akan dimainkan. Secara umum, terdapat tiga jenis bola softball jika dilihat dari kelilingnya, yaitu fast-pitch, slow-pitch, dan slow-pitch play yang populer disebut dengan bola Chicago. 

Sedangkan untuk ukuran bola softball yang umum digunakan pada permainan softball terdiri atas ukuran 11 inchi, 12 inchi, dan 16 inchi. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • 11 inchi

Bola softball dengan ukuran 11 inchi biasanya digunakan pada permainan softball yang melibatkan lemparan dengan cepat. Ukuran 11 inchi lebih besar dibandingkan dengan bola bisbol dengan tekstur cukup keras, tapi pitcher mempunyai peran penting dalam kekuatan serta kecepatan pukulan bola.

  • 12 inchi

Tidak terlalu jauh berbeda dengan yang sebelumnya, bola softball dengan ukuran 12 inchi ini adalah bola dengan ukuran standar untuk permainan softball slow-pitch. Karakteristik bola ini jauh lebih lembut dibandingkan dari tipe 11 inchi. Tekstur serta ukuran bola tersebut juga yang membuatnya sedikit sulit untuk dilempar, khususnya jika dibandingkan dengan bola yang berukuran lebih kecil.

  • 16 inchi

Bola softball dengan ukuran 16 inchi ini digunakan dalam permainan tanpa sarung tangan. Bola ini kerap kali dimainkan di daerah Chicago. Tekstur bola ini jauh lebih lembut, sehingga pemain perlu memukul dengan kecepatan yang tinggi. 

Baca Juga: 11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Sini

2. Berat dan tekanan bola softball

Ukuran Bola Softball, Disesuaikan dengan Kebutuhan Permainanilustrasi bola softball (Pexels.com/Pixabay)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa terdapat beberapa ukuran bola softball. Kini, akan dibahas mengenai berat dan tekanan dari bola softball tersebut. Bola softball dengan ukuran 12 inchi yang kerap kali digunakan dalam pertandingan resmi memiliki berat sekitar 6,25-7 ons atau 177-198 gram. 

Sedangkan untuk bola dengan ukuran 16 inchi yang banyak dimainkan di Chicago serta kawasan Midwest lainnya mempunyai berat 9-10 ons atau setara dengan 225-283 gram.  

Perlu dicatat bahwa selain menguasai lapangan, perlu juga kemampuan untuk mengawasi bola yang ada di genggaman agar bisa meraih kemenangan. Karena hal tersebut, diperlukan pengetahuan terkait berat serta tekanan bola yang hendak digunakan sebelum mengikuti pertandingan.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Softball dan Penjelasan Gambarnya, Lengkap!

3. Bahan bola softball

Ukuran Bola Softball, Disesuaikan dengan Kebutuhan Permainanilustrasi bola softball (Pexels.com/Pixabay)

Bola softball memiliki dua bagian, yaitu bagian inti yang sering disebut dengan core serta bagian penutup yang kerap kali disebut sebagai covering. Pada bagian covering, biasanya digunakan material kulit sintetis dan komposit atau alami. 

Biasanya digunakan juga warna kuning untuk membantu visibilitas. Sedangkan kulit sekitar bola dijahit dari benang katun atau linen berwarna merah.

Pada bagian core atau inti digunakan material yang bervariasi, tergantung pada bola yang diproduksi. Biasanya, bola softball dengan kualitas tinggi akan menggunakan bahan serat kapuk panjang sebagai core atau intinya. Bahan yang digunakan tersebut mempunyai peranan yang penting terhadap daya tahan serta ketahanan bola. 

Sedangkan untuk bola softball yang biasa digunakan hanya sekedar untuk permainan dengan tujuan kesenangan menggunakan material karet atau gabus. Bahan-bahan tersebut lebih lembut sehingga cukup efektif untuk meminimalisir risiko cedera, khususnya untuk para pemain pemula yang belum terlalu jago bermain softball.

Berikut tadi merupakan ukuran, berat dan tekanan, serta bahan yang digunakan pada bola softball. Perlu diingat bahwa ukuran, berat dan tekanan, serta bahan yang digunakan cukup bervariasi. Kamu bisa menggunakan bola softball dengan menyesuaikan permainan seperti apa yang akan kamu mainkan nantinya.

Baca Juga: 11 Perlengkapan Permainan Softball dan Kegunaannya, Cek di Sini

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya