8 Manfaat Lari di Tempat Beserta Teknik Dasar dan Tipsnya, Yuk Cobain!

Gunakan treadmill agar lebih efektif

Salah satu latihan kardio yang tetap eksis sejak pandemi melanda adalah lari di tempat atau jogging di tempat. Meski gerakannya sederhana, ada segudang manfaat lari di tempat yang bisa kamu dapatkan, misalnya melatih otot dan memacu denyut jantung.

Menariknya lagi, latihan ini bisa kamu variasikan dengan bentuk latihan kardio lainnya, contohnya lompat tali hingga senam aerobik. Sebelum mencari tahu manfaat lari di tempat, yuk simak teknik dasarnya terlebih dulu.

Baca Juga: 4 Teknik Lari Estafet yang Perlu Dikuasai Pelari, Gak Sulit Kok!

1. Teknik dasar lari di tempat

8 Manfaat Lari di Tempat Beserta Teknik Dasar dan Tipsnya, Yuk Cobain!ilustrasi perempuan melakukan lari di tempat (freepik.com)

Untuk pemula, lari di tempat dianjurkan untuk dilakukan selama 5-10 menit dengan istirahat selama satu menit. Bila telah terbiasa, intensitas dan durasi latihan kardio ini dapat ditingkatkan hingga 20 menit.

Metode melakukan lari di tempat terbagi menjadi dua, yaitu butt kick dan high knee. Untuk lebih rincinya, simak penjelasan di bawah ini:

  • Butt kick

Lari di tempat dengan cara butt kick diawali dengan posisi tubuh berdiri tegak dengan kedua tangan menggenggam. Selanjutnya, angkat kaki kanan ke belakang hingga tumit hampir menyentuh pantat.

  • High knee

Metode lari di tempat ini diawali dengan posisi tubuh dalam keadaan berdiri dengan punggung lurus dan rileks. Kemudian, lakukan gerakan lari di tempat dengan mengangkat lutut setinggi perut.

2. Manfaat lari di tempat

8 Manfaat Lari di Tempat Beserta Teknik Dasar dan Tipsnya, Yuk Cobain!ilustrasi laki-laki melakukan lari di tempat (freepik.com)

Usai mempelajari teknik dasar lari di tempat, kini saatnya mengetahui manfaat lari di tempat agar semakin bersemangat mencoba latihan kardio ini. Adapun manfaat lari di tempat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh, di antaranya di bawah ini:

  • Meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan stabilitas otot karena mengharuskan tubuh untuk terus bergerak dan mengencangkan otot
  • Mengembangkan keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi tubuh sehingga meminimalisir risiko cedera
  • Meningkatkan kekuatan inti tubuh, tubuh bagian atas, dan tubuh bagian bawah
  • Mengurangi rasa sakit di lutut sekaligus membuatnya lebih kuat dan sehat
  • Membantu memperbaiki postur tubuh apabila dilakukan sambil menggerakan otot perut
  • Meningkatkan detak jantung, memperbaiki kadar gula darah, serta membakar kalori dan lemak yang berguna untuk menurunkan berat badan
  • Mengurangi dampak dan efek stres pada tubuh
  • Meningkatkan fungsi kardiovaskular, kapasitas paru-paru, dan sirkulasi.

Baca Juga: 5 Perbedaan Jalan dan Lari yang Perlu Diketahui, Intensitasnya Berbeda

3. Tips lari di tempat

8 Manfaat Lari di Tempat Beserta Teknik Dasar dan Tipsnya, Yuk Cobain!ilustrasi laki-laki melakukan pemanasan (freepik.com)

Lari di tempat bisa kamu jadikan pilihan untuk berolahraga dalam ruang yang terbatas. Meski begitu, teknik dasar, durasi, dan intensitasnya tetap perlu diperhatikan.

Selain itu, tantangan lain dari latihan kardio ini adalah mempertahankan gerakan yang tepat untuk waktu yang lama. Pasalnya, tubuh dapat mengalami kelelahan otot, pegal, atau merasa tidak nyaman. Karenanya, penting untuk mengetahui beberapa tips lari di tempat di bawah ini:

  • Sebelum memulai latihan, awali dengan pemanasan guna mempersiapkan tubuh dan meminimalisir risiko cedera
  • Saat lari di tempat, angkat lengan kanan dan kaki kiri secara bersamaan. Gunakan kekuatan tubuh bagian atas untuk menggerakkan lengan maju dan mundur
  • Tingkatkan intensitas lari dengan menggerakkan kaki lebih cepat. Biarkan pergerakan lutut dan kaki terangkat setinggi pinggul
  • Melakukan lari di tempat dengan menggunakan treadmill lebih banyak disarankan sebab lebih menguras lebih banyak energi. Hal ini lebih efektif dalam meningkatkan detak jantung dan pembakaran kalori
  • Lakukan istirahat selama 1-2 menit di sela-sela latihan. Agar tubuh tetap terhidrasi, minum air putih dengan cukup sehingga cairan tubuh yang hilang cepat tergantikan
  • Akhiri sesi latihan lari di tempat dengan pendinginan yang melibatkan beberapa peregangan. Hal ini membuat otot tubuh perlahan rileks.

Itulah delapan manfaat lari di tempat lengkap dengan teknik dasar dan tips lari agar lebih bermanfaat. Selain meningkatkan kekuatan otot, manfaat latihan olahraga ini juga mencakup mengurangi stres, mengembangkan keseimbangan, dan meningkatkan fungsi kardiovaskular.

Baca Juga: 6 Perbedaan Jalan Cepat dan Lari, Bukan Cuma Teknik Dasar!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya