8 Minuman Sebelum Olahraga untuk Tambah Stamina, Cobain!

Bukan cuma jus buah

Asupan nutrisi yang baik menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam program kebugaran. Selain makanan, asupan ini dapat diperoleh melalui berbagai jenis minuman sebelum berolahraga yang mampu membuat tubuh bertenaga.

Tak hanya itu, studi pada Clinical Journal of Sports Medicine menyatakan bahwa tubuh yang terhidrasi membawa perubahan besar saat olahraga. Dianjurkan pula untuk minum 400-600 mL cairan dua jam sebelum memulai olahraga. Minum cukup cairan selama berolahraga juga direkomendasikan guna mencegah dehidrasi melebihi dua persen berat badan.

Hanya saja, pemilihan minuman yang tepat terbilang gampang-gampang susah sebab tidak semua minuman ideal untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Lantas, apa saja minuman sebelum olahraga yang efektif meningkatkan energi? Yuk, cek delapan daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: 7 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Jangan Sampai Terlewat!

1. Air kelapa

8 Minuman Sebelum Olahraga untuk Tambah Stamina, Cobain!Air kelapa sebagai minuman sebelum olahraga (freepik.com)

Air kelapa merupakan minuman sebelum olahraga yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. menariknya, secangkir air kelapa mengandung 600 mg kalium yang dibutuhkan tubuh.

Meski menjalani latihan intens, mengonsumsi air kelapa mampu mempertahankan keseimbangan elektrolit sehingga tubuh tetap terhidrasi. Berkat kandungan potasium dan magnesium di dalamnya, air kelapa juga manjur untuk menjaga kontraksi otot, hubungan sistem saraf, dan fungsi jantung agar tetap normal.

2. Air maple

8 Minuman Sebelum Olahraga untuk Tambah Stamina, Cobain!Air maple sebagai minuman sebelum olahraga (freepik.com)

Berasal dari campuran air tanah dan gula alami dari pohon maple, air maple merupakan getah maple yang disadap di awal musim semi. Cairan ini menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan minuman sebelum olahraga.

Berkat kandungan gula alaminya, air maple mampu menghidrasi tubuh. Tak cuma itu, cairan ini juga kaya akan elektrolit yang memberi muatan yang diperlukan untuk bertenaga sepanjang hari.

Baca Juga: 4 Teknik Lari Estafet yang Perlu Dikuasai Pelari, Gak Sulit Kok!

3. Jus anggur

8 Minuman Sebelum Olahraga untuk Tambah Stamina, Cobain!ilustrasi jus anggur (pexels.com/myselfmaria)

Jus anggur termasuk jus buah yang ideal dijadikan minuman sebelum olahraga, terutama bila anggur yang dipilih adalah anggur Concord. Pasalnya, tak sedikit nutrisi yang terkandung dalam anggur, misalnya antioksidan polifenol dan gula alami yang berguna untuk memberi energi selama latihan.

Selain itu, jus anggur juga membantu kinerja olahraga, khususnya lari. Dengan mengonsumsi minuman sebelum olahraga ini, pelari cenderung tidak mudah lelah serta mengalami peningkatan aktivitas antioksidan dan pengurangan penanda inflamasi.

4. Jus bit

8 Minuman Sebelum Olahraga untuk Tambah Stamina, Cobain!Jus bit sebagai minuman sebelum olahraga (unsplash.com/paradigmvisuals)

Selain jus anggur, jus bit juga mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan saat berolahraga. Jus bit menambah pasokan energi sehingga memungkinkan untuk meningkatkan durasi dan intensitas latihan olahraga. Tak hanya itu, minuman sebelum olahraga ini dikenal mampu meningkatkan kinerja kardiorespirasi pada ambang anaerobik.

Berdasarkan penelitian di international Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism, buah bit tergolong tinggi nitrat yang akan diubah menjadi oksida nitrat saat dikonsumsi. Selain mampu menurunkan tekanan darah, jus bit juga efektif meningkatkan aliran darah ke otak.

Baca Juga: 6 Gerakan Workout tanpa Alat Bantu, Cocok untuk Pemula!

5. Jus sayur

8 Minuman Sebelum Olahraga untuk Tambah Stamina, Cobain!Jus sayur sebagai minuman sebelum olahraga (unsplash.com/alexlvrs)

Selain jus buah-buahan, jus sayur alias jus hijau ternyata menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk berolahraga. Sebagai minuman sebelum olahraga, jus sayur sarat akan antioksidan, vitamin C, dan serat tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang dalam waktu lama.

Selain itu, mengonsumsi jus hijau mampu memperlancar diet sehingga aman dikonsumsi secara rutin. Agar manfaatnya maksimal, hindari menambahkan gula pada jus ini.

6. Kopi

8 Minuman Sebelum Olahraga untuk Tambah Stamina, Cobain!Kopi sebagai minuman sebelum olahraga (unsplash.com/nate_dumlao)

Percaya atau tidak, kopi juga termasuk cairan penambah energi yang cocok dikonsumsi sebelum olahraga. Hal ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi mampu meningkatkan kinerja atletik.

Klaim ini didukung dengan hasil penelitian dalam Journal of Sports Medicine, yang mengemukakan bahwa meski kafein tidak meningkatkan kapasitas oksigen maksimal secara langsung, senyawa stimulan ini menawarkan output daya yang lebih besar untuk berolahraga lebih lama.

Baca Juga: 7 Manfaat Treadmill bagi Tubuh, Tingkatkan Kualitas Tidur!

7. Madu

8 Minuman Sebelum Olahraga untuk Tambah Stamina, Cobain!Madu sebagai minuman sebelum olahraga (freepik.com)

Pernahkah kamu mengonsumsi air hangat yang dicampur madu? Minuman jenis ini ternyata ideal sebagai penambah stamina untuk berolahraga. Pasalnya, madu mengandung karbohidrat (glukosa dan fruktosa), vitamin, serta antioksidan.  

Cara membuatnya cukup mudah. Tinggal tuangkan 1-2 sendok makan madu murni dan larutkan dalam air hangat. Minuman  sebelum olahraga ini dapat berperan sebagai cadangan energi sehingga tidak mudah lelah ketika latihan olahraga.

8. Protein whey

8 Minuman Sebelum Olahraga untuk Tambah Stamina, Cobain!Protein whey sebagai minuman sebelum olahraga (unsplash.com/lyfefuel)

Salah satu minuman sebelum olahraga yang cukup populer adalah protein whey. Protein yang ditemukan dalam susu ini berguna untuk memasok asam amino yang dibutuhkan guna perbaikan dan perkembangan otot dan meningkatkan sintesis otot. Karenanya, cairan ini ideal dikonsumsi baik sebelum maupun sesudah sesi latihan.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sports Medicine, protein whey yang dikombinasikan dengan latihan resistensi berpengaruh pada keuntungan ekstra dalam massa bebas lemak atau massa tubuh tanpa lemak. Untuk hasil maksimal, minuman sebelum berolahraga ini dianjurkan dikonsumsi sebanyak 20-25 gr satu jam sebelum berolahraga.

Nah, mengonsumsi delapan minuman sebelum olahraga ini dipercaya mampu menambah stamina. Dengan begitu, performa latihan menjadi semakin maksimal. Yuk, cobain.

Baca Juga: 7 Gerakan Pendinginan yang Bantu Tubuh Kembali Rileks, Cobain!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya