Comscore Tracker

7 Manfaat Treadmill bagi Tubuh, Tingkatkan Kualitas Tidur!

Cocok untuk penggemar olahraga di dalam ruangan

Menjaga pola makan saja tak cukup untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh. Kamu tetap perlu bergerak aktif dengan rutin berolahraga, misalnya lari, jogging, atau bahkan berjalan.

Sebagai latihan aerobik, olahraga ini dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar ruangan. Bila tertarik melakukannya di dalam ruangan, kamu bisa menggunakan treadmill sebagai alat bantu.

Dengan menggunakan treadmill, kamu bisa berolahraga di dalam ruangan tanpa khawatir terkena macet, polusi, dan paparan sinar matahari secara langsung. Lantas, apa saja 7 manfaat treadmill untuk kesehatan jasmani dan rohani? Simak informasinya di bawah ini.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

7 Manfaat Treadmill bagi Tubuh, Tingkatkan Kualitas Tidur!Meningkatkan kesehatan jantung sebagai manfaat treadmill (canva.com)

Sebagai latihan kardiovaskular, berolahraga menggunakan treadmill bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Dengan jantung yang kuat, tekanan darah menjadi turun. Alhasil, serangan jantung dapat dicegah.

Manfaat treadmill juga termasuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Dengan begitu, arteri pembuluh darah tetap terjaga serta resiko serangan jantung dan penyumbatan lemak dapat diminimalisir. Terlebih, treadmill kini dilengkapi dengan fitur monitor jantung yang memudahkanmu mengawasi tingkat detak jantung selama sesi olahraga.

2. Menurunkan berat badan

7 Manfaat Treadmill bagi Tubuh, Tingkatkan Kualitas Tidur!Menurunkan berat badan sebagai manfaat treadmill (canva.com)

Seperti halnya olahraga pada umumnya, berolahraga di atas treadmill efektif membakar lemak berlebih sehingga mampu menurunkan berat badan.

Dengan manfaat treadmill ini, kamu bisa membakar 100 kalori per mil. Alhasil, bila kamu meningkatkan intensitas latihan, akan ada lebih banyak kalori yang bisa kamu bakar dengan kecepatan penuh. 

Baca Juga: Lari Jarak Menengah: Pengertian, Teknik Dasar dan Jenis Start

3. Membantu pembentukan otot

7 Manfaat Treadmill bagi Tubuh, Tingkatkan Kualitas Tidur!Membantu pembentukan otot sebagai manfaat treadmill (canva.com)

Selain mengurangi lemak berlebih dan meningkatkan stamina, manfaat treadmill yang bisa kamu dapatkan adalah membantu pembentukan otot, terutama otot kaki.

Bergantung pada cara berlari, manfaat treadmill juga mencakup latihan otot perut dan otot inti. Ketika mengayunkan tangan saat berlari, secara tidak langsung kamu juga memperkuat otot lengan.

4. Memperkuat kepadatan tulang

7 Manfaat Treadmill bagi Tubuh, Tingkatkan Kualitas Tidur!Memperkuat kepadatan tulang sebagai manfaat treadmill (canva.com)

Selain membentuk otot, manfaat treadmill juga termasuk meningkatkan kepadatan tulang. Adapun kepadatan tulang merupakan jumlah mineral dalam tulang yang berperan dalam menjaga kekuatan dan daya tahan tulang.

Kepadatan dan kekuatan tulang menjadi semakin baik bila kamu berlari secara teratur. Alhasil, kamu bisa mengurangi risiko terkena penyakit osteoporosis.

Baca Juga: 10 Peraturan Lari Jarak Menengah agar Terhindar dari Diskualifikasi

5. Menambah fleksibilitas sendi

7 Manfaat Treadmill bagi Tubuh, Tingkatkan Kualitas Tidur!Menambah fleksibilitas sendi sebagai manfaat treadmill (canva.com)

Fleksibilitas sendi merupakan bagian penting dalam pergerakan tubuh. Terlebih untuk lansia. Melatih fleksibilitas sendi dapat kamu jalani dengan berolahraga menggunakan treadmill.

Manfaat treadmill ini membantu mengurangi risiko terkena kondisi yang membatasi fleksibilitas dan mobilitas. Tak hanya itu, berolahraga di treadmill baik untuk memerangi penyakit tulang degeneratif dan artritis.

6. Mengurangi dampak buruk olahraga luar ruangan

7 Manfaat Treadmill bagi Tubuh, Tingkatkan Kualitas Tidur!Mengurangi dampak buruk olahraga luar ruangan sebagai manfaat treadmill (canva.com)

Berolahraga di treadmill dapat mengurangi risiko berolahraga di luar ruangan. Hal ini dikarenakan treadmill dibekali dengan permukaan rata dan lembut serta peredam kejut. Dengan begitu, kamu bisa berolahraga dalam waktu yang lama tanpa khawatir mencederai area sendi.

Sebaliknya, ketika berolahraga di luar ruangan, ada permukaan yang keras dan berkerikil. Imbasnya, kaki mudah terbentur saat melaju kencang. Tak menutup kemungkinan kamu jatuh dan melukai tubuh akibat permukaan yang tidak rata.

Baca Juga: 7 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Jangan Sampai Terlewat!

7. Memperbaiki kualitas tidur

7 Manfaat Treadmill bagi Tubuh, Tingkatkan Kualitas Tidur!Memperbaiki kualitas tidur sebagai manfaat treadmill (canva.com)

Manfaat treadmill bagi tubuh juga mencakup memperbaiki kualitas tidur. Terlebih bila kamu melakukannya saat malam hari.

Hal ini terjadi karena olahraga kardiovaskular meningkatkan pelepasan melatonin dalam tubuh. Adapun hormon melatonin adalah hormon yang membuatmu tidur dengan nyenyak di malam hari. Untuk itu, untuk memperbaiki kualitas tidur, kamu bisa mencoba latihan treadmill secara konsisten.

7 manfaat treadmill bagi tubuh ini mencakup meningkatkan kesehatan jantung hingga meningkatkan kualitas tidur. Untuk mendapatkan manfaat ini, lakukan latihan treadmill secara rutin.

Baca Juga: 7 Gerakan Pendinginan yang Bantu Tubuh Kembali Rileks, Cobain!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya